Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Meningkatkan Penjualan di Shopee, 100% WORKS!!!

JagoanGadget.com - Menggunakan Shopee untuk berjualan tentu bertujuan untuk meningkatkan penjualan, terutama secara online. Tapi, banyaknya seller atau penjual yang juga berjualan di Shopee membuat kompetisi alias persaingan semakin tinggi.

Lalu bagaimana cara meningkatkan penjualan di Shopee? Apa tips atau cara agar jualan di Shopee untuk Pemula lewat HP saja bisa mendapat banyak order dari Shopee?

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Tenang, meskipun pemula dan hanya lewat HP saja, ada kok cara agar bisa meningkatkan penjualan dan dapat banyak pesanan dari Shopee. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

Cara Meningkatkan Penjual di Shopee

1. Harga Bersaing

Harga merupakan salah satu hal paling diperhatikan pembeli ketika memilih barang. Apalagi ada fitur "Urutkan dari Harga yang Terendah", ketika pembeli mengaktifkan fitur pencarian ini maka yang akan tampil adalah produk dengan harga yang paling murah.

Jadi sangat disarankan untuk menjual produk di Shopee dengan harga yang bersaing alias murah meriah. Kemungkinan besar produk kamu akan lebih mudah ditemukan oleh pembeli.

Kamu bisa riset atau cek terlebih dahulu berapa harga yang dipasang oleh penjual lainnya. Usahakan harga sama atau akan lebih bagus kalau kamu bisa memasang harga yang lebih murah.

Tapi ingat, bandingkan harga dengan produk yang kualitasnya sama ya. Bisa dilihat dari rating tokonya. Karena banyak juga penjual yang asal menjual barang saja, tidak mengedepankan kualitas produk dan pelayanan. Penjual seperti ini tidak pantas dijadikan pesaing, karena pembeli pasti akan berpikir 2x untuk membeli produknya meskipun harga lebih murah.

2. Jaga Kualitas Produk dan Pelayanan

Selain harga yang bersaing, menjaga kualitas produk dan pelayanan juga sangat penting loh untuk meningkatkan penjualan di Shopee. Karena dengan kualitas produk dan pelayanan yang terjaga, usaha atau toko kamu di Shopee bakal:

  • Memiliki reputasi yang baik
  • Pelanggan kembali
  • Pelanggan merasa puas dan merekomendasikan toko kamu

Usahakan untuk melakukan Quality Control pada produk yang dipesan pelanggan. Meskipun bisa diretur atau dikembalikan jika terjadi kendala pada barang, tapi kesan baik rasa puas akan didapat ketika pembeli langsung menerima barang yang sesuai tanpa kendala.

Jangan lupa beri pelayanan kepada calon pembeli ataupun pelayanan after-sales pada pembeli yang sudah membeli produk kamu.

Dengan begitu, kemungkinan besar pelanggan akan memberikan rating yang baik ke toko Shopee kamu. Bahkan mungkin mereka juga akan merekomendasikan toko kamu ke rekan atau kerabar mereka, atau mungkin mereka akan jadi pelanggan tetap.

3. Gambar dan Foto Produk yang Menarik

Gunakan gambar produk yang jelas dan menarik, lebih disarankan untuk menggunakan gambar atau foto yang kamu ambil sendiri dengan kamera digital ataupun HP. Karena foto produk real akan membuat produk jualan kamu berbeda dari yang lain.

Agar menarik, kamu bisa memberikan sedikit informasi mengenai produk pada gambar. Bisa diedit pakai aplikasi edit foto.

Kalau kamu pakai gambar real alias foto yang kamu ambil sendiri, jangan lupa beri watermark ya guys. Biar gambar tidak comot dan digunakan sembarangan oleh orang lain. Kalaupun dicomot, bisa jadi promosi juga kalau ada watermarknya.

Agar tidak terlalu berat dan memakan banyak kuota saat diunggah, edit dulu ukuran menjadi lebih kecil.

4. Deskripsi yang Lengkap dan Menarik

Deskripsi juga bisa membuat pembeli tertarik dan meningkatkan penjualan produk kamu di Shopee loh. Deskripsi harus dibuat dengan selengkap dan semenarik mungkin loh. 

Dengan deskripsi yang menginformasikan detail produk secara lengkap, bisa membuat pembeli lebih memahami tentang barang dan mengurangi pertanyaan dari calon pembeli. Jadi kamu tidak perlu menjawab pertanyaan yang sudah ada di deskripsi produk.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan beberapa informasi tambahan seperti kelebihan produk, alasan kenapa pembeli harus beli di kamu, dan hal lainnya yang bisa menarik minat pembeli.

Tapi jangan terlalu panjang ya, bisa jadi calon pembeli malah jadi tidak membaca informasi yang penting. Ya, mengingat minat baca bangsa kita juga kurang bagus. Jadi intinya harus lengkap dan menarik tapi juga harus singkat, padat, dan jelas.

5. Tambah Nilai Jual Produk

Berikan nilai jual lebih pada produk yang tidak diberikan penjual lain. Hal ini bisa meningkatkan minat pembeli sehingga penjualan juga bisa meningkat.

Contoh simpelnya mungkin kamu bisa memberikan bonus-bonus menarik yang berhubungan dengan produk. Misal kamu jual remote TV, bisa ditambahkan baterai sebagai bonus.

Kalau tidak bisa kasih bonus (mungkin kendala harga), kamu bisa juga dengan melengkapi produk berhubungan yang kamu jual. Misal kamu jual burung, kamu juga bisa sekalian jual pakan atau mungkin kandangnya. Tapi ini hanya contoh ya, karena di Shopee dilarang untuk berjualan hewan.

6. Bagikan ke Sosial Media

Saat menambahkan produk di toko Shopee, kamu juga bisa memanfaatkan fitur bagikan produk ke Sosial Media Facebook dan Twitter. Ini bisa menjadi cara promosi gratis dan meningkatkan penjualan di Shopee.

Produk bisa dilihat oleh teman-teman Sosial Media kamu, yang mungkin membuat mereka tertarik dan membeli.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman-teman kamu untuk membagikan produk kamu di Sosial Media mereka. Sehingga produk kamu bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

7. Manfaatkan Fitur Shopee

Shopee juga menyediakan beberapa fitur yang bisa meningkatkan penjualan di Shopee. Ada yang gratis alias tanpa biaya, ada juga fitur berbayar seperti promosi saat event-event tertentu.

• Naikkan Produk

Kalau produk sudah lama diupload, mungkin akan tenggelam karena produk serupa lainnya yang diunggah penjual lain. Solusinya bagaiman? Apa harus upload ulang? Tidak perlu, kamu bisa pakai fitur naikkan produk agar bisa kembali ke pencarian teratas, seperti baru di upload.

Ya meskipun produk juga bisa tenggelam lagi karena banyaknya penjual lain yang mengunggah produknya. Tapi ini salah satu fitur gratis yang dapat meningkatkan penjualan di Shopee.

Caranya gampang kok. Kalau di HP caranya: Buka aplikasi Shopee > ketuk "Saya > "Toko Saya" > scroll ke bawah > pilih produk > ketuk "Naikkan Produk".

Kalau di situs Shopee alias pake komputer atau laptop, caranya: Buka situs Shopee.co.id > klik "Produk Saya" > pilih produk > klik ikon dengan 3 titik di sebelah pojok kanan bawah produk > klik "Naikkan Produk".

• Daftar Gratis Ongkir

"Gratis Ongkir" memang sangat identik dengan Shopee. Siapa sih yang nggak mau belanja online tanpa harus bayar biaya pengiriman? Dengan daftar fitur gratis ongkir bisa meningkatkan minat pembeli dan penjualan produk kamu di Shopee.

Untuk bisa memberikan gratis ongkir pada produk yang dijual, kamu harus daftar atau mengajukannya terlebih dahulu.

Caranya gampang kok masuk ke aplikasi Shopee > pilih menu Gratis Ongkir Xtra di Halaman Utama > Pilih menu "Semua Gratis Ongkir" > scroll sampai ke bawah dan klik "Daftar Sekarang" > Isi data yang diminta. Tinggal tunggu proses pendaftarannya dan pengajuan Gratis Ongkir hingga disetujui.

• Buat Voucher Toko

Selain gratis ongkir, kamu juga bisa memberikan promo potongan harga alias diskon pada produk yang dijual dengan Voucher Toko. Udah ongkirnya gratis, ada potongan harga lagi.

Kamu bisa membuat voucher sendiri sesuai dengan potongan yang bisa kamu berikan kepada pembeli. Caranya: 

Pada HP buka aplikasi Shopee > Ketuk "Saya" > "Toko Saya" > "Promosi Saya" > "Voucher".

Kalau di Komputer atau Laptop buka situs Shopee > Klik "Promosi Saya" > "Voucher Toko Saya" > "Buat Voucher Baru".

Tinggal buat vouchernya deh.

Akhir Kata

Meskipun terlihat sederhana, tapi banyak yang tidak menyadari bahwa cara meningkatkan penjualan di Shopee ini benar-benar efektif, apalagi kamu tidak harus keluar modal untuk promosi.

Tapi kalau ada modal akan lebih baik kalau kamu melakukan promosi berbayar, bisa di aplikasi Shopee sendiri atau di media lainnya. Misal endorse di selebgram atau artis SosMed yang banyak pengikutnya. Pasti bisa lebih meningkatkan penjualan kamu.

Kalau ditanya apakah cara ini efektif? Works? Dijamin bisa meningkatkan penjualan? Jawabannya tergantung usaha dari kamu sendiri. Secara teori, cara ini sangat bisa meningkatkan penjualan di Shopee. Tapi dengan catatan didukung usaha kamu sendiri, dengan usaha yang tekun pasti akan membuahkan hasil yang manis. Tetap semangat ya, Sobat... 

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Meningkatkan Penjualan di Shopee, 100% WORKS!!!"