Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tepat Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi - Media penyimpanan pada smartphone sekarang semakin besar. Bahkan ada yang sampai 512GB, yang mungkin ukuran penyimpanannya sama dengan harddisk eksternal PC.

Hal tersebut memang diiringi dengan file media yang sekarang juga semakin besar. Kualitas gambar maupun video yang sekarang semakin detail dan bagus, ukurannya semakin besar pula. Aplikasi dan game di HP smartphone juga sekarang ukurannya sudah ada yang ber"giga-giga", jadi media penyimpanan yang besar memang sangat dibutuhkan.

Tapi meskipun sudah didukung dengan media penyimpanan yang sudah besar, tetap saja banyak pengguna yang merasa kurang. Banyak keluhan pengguna HP smartphone yang memorinya penuh saat ingin menyimpan file atau menginstal aplikasi, karena memori sudah terisi banyak file.

Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Solusi untuk memori penuh pada HP ya dengan menghapus file lainnya. Biasanya ada beberapa file yang memang tidak terlalu penting, misal cache aplikasi. Sebenarnya cache aplikasi ini ada fungsinya, yakni untuk menyimpan data-data agar saat membuka aplikasi tidak perlu mengunduh data yang tersimpan. Namun, kalau memang memori sudah penuh akan lebih baik jika dihapus saja.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan file yang tidak penting di HP secara otomatis. Bahkan beberapa smartphone, memiliki fitur yang sudah terintegrasi. Seperti Xiaomi yang memiliki fitur "Pembersih", bisa menghapus file tidak penting dalam 1 ketuk.

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Apa itu File Lainnya di Xiaomi?

Kalau kamu pengguna HP Xiaomi, tentu sudah tidak asing dengan fitur pembersih ini. Pada fitur ini, kita bisa menghapus beberapa file yang dianggap tidak penting seperti cache aplikasi, file sampah, ataupun folder kosong. Pada pilihan penghapusan juga ada file lainnya, yang juga bisa dihapus secara otomatis.

File Lainnya di Xiaomi merupakan file yang dianggap sebagai berkas tidak penting oleh sistem dan disarankan untuk dihapus. Bisa seperti file .apk, yang kamu dapat saat mengunduh aplikasi diluar Playstore. Bisa juga file gambar, video, atau dokumen yang dianggap duplika. Misal foto yang didapat dari group WA, terkadang dikirim 2 kali sehingga tersimpan semua di penyimpanan.

Tapi ada beberapa file lainnya di Xiaomi yang dianggap tidak penting, namun sebenarnya file tersebut masih perlu dan sering digunakan. Misal seperti file OBB pada game, termasuk file tambahan untuk bisa menjalankan game dengan sempurna. Kalau dihapus, ya kamu harus unduh ulang saat ingin memainkan game.

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Agar tidak salah hapus, kamu harus berhati-hati untuk menghapus file lainnya yang ada pada fitur pembersih HP Xiaomi. Berikut langkah cara menghapus file lainnya di Xiaomi yang tepat dan benar.

  • Jalankan fitur "Pembersih", atau bisa kamu buka di fitur keamanan
  • Pilih "Deep Clean"
  • Tunggu sistem memindai file yang bisa dihapus
  • Setelah tampil, pilih file yang dirasa tidak penting
  • Ketuk "Delete selected file" untuk memulai proses penghapusan
  • Tunggu prosesnya
  • Selesai

Tips Memilih File Lainnya di Xiaomi untuk Dihapus

Seperti yang kita bahas, ada beberapa file yang sebenarnya penting namun dianggap sampah dan disarankan dihapus oleh sistem. Maka dari itu, disarankan untuk meninjau dan memeriksa file yang ditawarkan oleh sistem.

Cara paling mudah adalah dengan melihat lokasi dari file tersebut. Kalau file tersebut dalam folder aplikasi atau game yang masih kamu gunakan, sebaiknya jangan dicentang dan dihapus.

Akhir Kata

Kamu bisa memanfaatkan fitur bawaah di HP Xiaomi yang sudah ada untuk menghapus file yang tidak penting. Dengan sekali ketuk, kita bisa membersihkan memori HP dari file yang tidak penting.

Tapi perlu diingat, beberapa file yang akan disarankan adalah file yang mungkin masih penting. Jadi kamu perlu memilih dan memilah mana saja file yang memang bisa dihapus. Jangan sampai memori jadi lega, tapi file yang penting malah terhapus.

Menghapus file lainnya di Xiaomi juga bisa mengatasi HP yang lemot. Kalau kendala kamu bukan hanya memori penuh tapi HP juga lemot, bisa cek selengkapnya di Cara Mengatasi HP Android yang Lemot.

Posting Komentar untuk "Cara Tepat Menghapus File Lainnya di Xiaomi"