Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Nama Plastik Pelindung Layar HP, Pilih sesuai Kebutuhan Kamu

JagoanGadget.com - Di era HP Nokia mungkin kita tidak takut layar HP akan pecah karena jatuh. Beda seperti smartphone sekarang yang memiliki layar besar dan terbuat dari material kaca, jatuh sedikit saja layar bisa pecah apalagi tanpa Pelindung Layar HP.

Apa Nama Pelindung Layar HP

Meskipun sekarang banyak layar HP yang menggunakan teknologi Gorilla Glass dan sejenisnya, yang mana dengan material khusus layar HP tahan dari goresan, tapi Pelindung Layar HP sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan terutama pecah.

Apa Nama Plastik Pelindung Layar HP?

Banyak sekali jenis Pelindung Layar HP yang bisa kita pilih, setiap bahan material yang digunakan juga mempengaruhi kualitasnya. Mungkin kalian sudah mengenal beberapa jenis Pelindung Layar HP berikut: 

  • Anti Gores
  • Tempered Glass
  • Hydrogel

Pada dasarnya, kualitas dari Plastik Pelindung Layar HP ini meliputi 2 aspek.

Yang pertama sensifitas, yakni bagaimana respon layar HP terhadap sentuhan jari meskipun dilapisi Plastik Pelindung Layar HP. Semakin sensitif layar, maka semakin bagus kualitasnya. Sebaliknya, pelindung layar yang berkualitas rendah justru membuat sensitifitas layar HP berkurang.

Dan yang kedua adalah ketahanan, bagaimana Plastik Pelindung Layar HP bisa melindungi layar HP baik dari goresan maupun benturan.

Jenis Plastik Pelindung Layar HP

Ada beberapa jenis Plastik Pelindung Layar HP yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, antara lain: 

1. Anti Gores TPU (Thermoplastic Polyreuthane)

Anti gores umum yang sering kita temui adalah jenis yang terbuat dari material TPU. Plastik Pelindung layar HP ini fungsi utamanya adalah untuk melindungi layar HP dari goresan dan debu, tidak untuk benturan atau perlindungan saat HP jatuh.

Anti gores ini sudah mulai jarang kita temui, karena memang pengguna lebih memilih jenis lain yang kualitasnya bagus seperti Tempered Glass yang bisa melindungi dari benturan misalnya. Selain itu harganya pun juga tidak jauh berbeda dari yang memiliki kualitas lebih baik.

2. Anti Gores PET (Polyethylene Terephthalate)

Sama seperti Plastik Pelindung Layar HP TPU, Anti Gores PET juga proteksi layar yang mulai ditinggalkan. Karena memang kualitasnya yang kalah dan harganya sama. Bedanya dengan material TPU adalah Anti Gores HP yang menggunakan material PET lebih jernih, sehingga terlihat tidak ada lapisan yang melindungi layar.

3. Tempered Glass

Kalau kamu butuh ketahanan untuk pelindung layar HP, mungkin sering cerobah dan menjatuhkan HP, Tempered Glass bisa menjadi yang direkomendasikan.

Sebenarnya Tempered Glass ini terbuat dari bahan kaca, bukan plastik. Namun karena sangat tipis, terasa seperti plastik yang solid/keras. Karena itulah Pelindung Layar HP ini sangat disarankan untuk melindungi layar HP dari goresan dan kerusakan pecah.

Tempered Glass bisa mengurangi resiko layar HP pecah. Saat jatuh, kemungkinan yang pecah adalah Tempered Glass itu sendiri. Memang Pelindung layar HP jenis ini didesain untuk mengutamakan ketahanan.

Kekurangan dari Pelindung Layar HP jenis ini adalah pada sensifitas layar, sentuhan jari pada layar HP jadi kurang responsif saat menggunakan Tempered Glass dengan kualitas rendah.

Untuk harganya bervariasi, tergantung ukuran dan tipe HP. Paling murah bisa Sobat temukan di harga kisaran 20 ribu bahkan ada yang dibawah 10 ribu Rupiah loh (harga grosir).

Disarankan untuk beli yang kualitas menengah atau atas, dikisaran harga 50 ribu hingga 100 ribu. Selain bisa melindungi layar, layar HP akan tetap responsif meskipun dilapisi Tempered Glass ini.

4. Anti Spy

Plastik Pelindung Layar HP berikutnya adalah Anti Spy. Selain berfungsi untuk melindungi layar dari goresan dan debu, dengan menggunakan Anti Spy layar HP hanya akan bisa dilihat dari sisi depan (lurus dengan posisi layar). Pada sisi lainnya layar akan terlihat gelap.

Dengan kata lain, Pelindung Layar HP ini membuat layar tidak bisa diintip sesuai namanya. Meskipun tidak tahan terhadap benturan, Anti Spy banyak peminatnya karena memiliki kelebihan yang cukup unik yakni membuat HP tidak bisa diintip.

3. PET Film

Pernah lihat bagian bawah botol air minum kemasan yang kamu minum? Ada tanda PET disana, yang menyatakan sebagai bahan pembuat kemasan. Nah, pelindung layar PET film ini dibuat dengan bahan yang sama serta polyester film dan coating.

PET, atau polyethylene terephthalate adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat pelindung layar jenis ini, lalu ditambah polyester film untuk proteksi cahaya ke smartphone kamu, dan lapisan paling atas adalah coating yang menjaga layar kamu dari lecet sekaligus bikin layar tetap kinclong. Keunggulan jenis ini adalah harganya yang murah, sekitar Rp 15 ribu.

5. Anti Glare

Sama seperti Anti Spy, Plastik Pelindung Layar HP satu ini memiliki kelebihan yang unik dan sangat membantu. Anti Glare bisa membuat layar HP akan tetap terlihat di bawah terik sinar matahari. Jenis pelindung layar HP ini tidak memantulkan sinar sehingga layar HP tetap jelas terlihat.

Tentu kelebihan ini sangat membantu, kita tidak perlu meningkatkan Brightness HP yang bisa membuat HP cepat panas dan boros baterai.

Selain itu, saat posisi layar HP mati kita bisa menggunakannya untuk berkaca loh.

6. Hydrogel HP

Berikutnya ada Hydrogel atau sering juga disebut liquid glass. Salah satu inovasi terbaru dari teknologi pelindung layar HP. Terbuat dari material yang sangat tipis hingga 100 nanometer, jenis ini sangat nyaman digunakan. Sama sekali tidak mengurangi sensifitas layar HP.

Sayangnya Hydrogel tidak seperti Tempered Glass yang mampu melindungi layar dari benturan dan mengurangi resiko layar pecah saat HP jatuh.

Akhir Kata

Jadi pertanyaan "Apa Nama Plasti Pelindung Layar HP" sudah terjawab ya Sobat, dari pembahasan jenis-jenis pelindung layar HP di atas. Pilih pelindung layar HP sesuai dengan kebutuhan.

Misal butuh pelindung layar HP dari benturan karena sering ceroboh menjatuhkan HP, bisa pilih Tempered Glass untuk mengurangi resiko HP pecah saat jatuh.

Atau mungkin mau pakai pelindung layar HP tanpa mengurangi responsifitas layar dari sentuhan jari, pakai Hydrogel aja.

Kalau butuh pelindung layar HP yang punya kelebihan tersendiri mungkin Anti Spy atau Anti Glare bisa jadi pilihan.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Nama Plastik Pelindung Layar HP, Pilih sesuai Kebutuhan Kamu"