Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jamet Artinya Apa sih? Ini Penjelasannya

JagoanGadget.com - Banyak kata atau istilah baru yang sering kita temui di media online, terutama SosMed. Istilah online semacam ini memang dibuat untuk meringkas sebuah penyampaian tanpa harus mengutarakannya secara lengkap.

Seperti "Gabut" misalnya yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Istilah ini digunakan untuk menyebut orang yang sedang tidak ngapa-ngapain alias nganggur.

Apa itu Jamet?

Salah satu istilah yang sedang viral belakangan ini adalah "Jamet". Pernah dengar kan? Sudah tahu artinya belum? Jangan-jangan kamu hanya ikut-ikutan tanpa tahu artinya.

Jamet sering digunakan untuk menyebut orang yang memiliki style atau gaya dengan ciri-ciri:

  • Pakai baju kebesaran
  • Kebanyakan postur kurus alias cungkring
  • Pakai celana pensil dengan motif robek (motif apa emang beneran robek sih?)
  • Rambut panjang lurus, mungkin direbonding
  • Bagian atas rambut jabrik lancip segitiga

Kaum Jamet ini pertama kali mulai dikenal dengan seseorang yang mengunggah video di sebuah Sosial Media. Dengan berjoget khas style Jamet, yang susah menjelaskannya dengan kata-kata (mungkin kamu sering lihat video Jamet lagi joget).

Bukan bermaksud rasis, tapi memang kebanyakan orang yang menggunakan style Jamet ini adalah orang Jawa Timur, Madura. Sekali lagi, mimin tidak bermaksud rasis ya. Kaum unik ini memang hanya sekelompok kecil dari suku Jawa.

Apa Arti Jamet Maksudnya Adalah

Beberapa Arti Jamet

Mungkin kalian semua sudah pada tahu bagaimana dan ciri-ciri orang yang disebut dengan istilah Jamet. Tapi banyak juga loh yang tidak tahu apa sih arti dari Jamet.

Sebenarnya istilah "Jamet" ini sudah ada dan sering digunakan sebelum Sosial Media dikenal seperti sekarang.

Seiring berjalannya waktu, kata Jamet ini juga mengalami pergeseran makna sehingga memiliki beberapa arti. Mungkin kalau kamu tanya ke beberapa orang yang berbeda, jawabannya akan berbeda pula.

Berikut adalah beberapa yang bisa menjadi arti dari istilah Jamet:

• Jawa Medok

Banyak sekali orang jawa yang pergi merantau ke Ibu Kota. Meskipun menggunakan bahasa Indonesia, banyak di antara mereka (orang Jawa di Jakarta) yang tetap tidak bisa menghilangkan logat khas Jawanya saat berbicara.

Memang, kebanyakan suku di Indonesia memang memiliki bahasa dan logatnya sendiri. Dari logat tersebut bisa menunjukkan darimana orang tersebut berasal meskipun bicara dengan bahasa Indonesia.

Nah, orang-orang yang berlogat Jawa ini sering disebut atau dipanggil Jamet. Bukan untuk menghina, tapi istilah Jamet ini sering digunakan oleh rekan atau teman dekatnya dengan maksud bergurau.

Jadi, Jamet (Jamed) juga bisa diartikan kepanjangan dari Jawa Medok.

• Jawa Metal

Orang Jawa juga dikenal memiliki sikap yang santun dan sifat yang sabar, orang-orang Jawa relatif lebih sabar dibanding suku di Indonesia lainnya. Bahkan, orang Jawa kalau lewat didepan orang yang lebih tua diharuskan untuk sedikit membungkut untuk menunjukkan rasa hormatnya dan mengucapkan permisi.

Karena orang Jawa dikenal dengan sikap dan sifat yang tadi, kalau ada orang Jawa yang memiliki sifat sebaliknya akan dipanggil dengan sebutan Jamet alias Jawa Metal. Misal ada orang jawa yang sikapnya urakan, sering marah-marah, dan tidak punya sopan santun akan disebut Jamet.

• Jajal Metal

Istilah Jamet juga sering digunakan pada orang yang sebelumnya kalem kemudian mencoba berdandan ala-ala aliran Metal.

Tapi mungkin istilah Jamet yang ini jarang ditemui. Karena dipakai oleh orang atau kalangan tertentu saja. Mungkin di kumpulan musik atau anak band.

• Jamet Kuproy

Nah, istilah Jamet inilah yang sering dimaksud pada komentar atau postingan di Sosial Media seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan lainnya.

Jamet disini untuk menunjukan orang tersebut adalah orang Jawa (berdasarkan istilah-istilah sebelumnya) dan Kuproy adalah kepanjangan dari Kuli Proyek.

Netizen yang menyangka bahwa sekumpulan anak muda yang memiliki style alias gaya yang sudah kita sebutkan di atas tadi adalah kuli proyek yang berasal dari jawa. Sehingga mereka menyebutnya dengan Jamet Kuproy.

Banyak orang mengakui bahwa banyak pekerja bangunan yang handal berasal dari Jawa. Dan kebetulan, segelintir anak muda yang berprofesi sebagai kuli proyek ini ingin mengekspresikan dirinya dan menjadi viral di Sosial Media dengan style yang kita sebut dengan "Jamet Kuproy".

Tapi tentu tidak semua kuli proyek asal Jawa memiliki gaya yang berbeda ini, yang menurut beberapa orang mungkin norak.

Akhir Kata

Sudah tahu kan arti Jamet yang banyak beredar dan viral di Sosial Media? Memang, istilah Jamet ini merujuk kepada suku Jawa. Tapi istilah ini kebanyakan tidak bermaksud rasis atau menghina suatu suku, bisanya digunakan untuk bergurau antar teman.

Jadi kalau punya teman atau kenalan orang Jawa, jangan asal pake istilah Jamet ya. Siapa tau dia beranggapan negatif tentang istilah ini dan akhirnya tersinggung.

Posting Komentar untuk "Jamet Artinya Apa sih? Ini Penjelasannya"