Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi HP Gacha? Apa Maksudnya?

 Selain dari segi spesifikasi dan harga yang diperhatikan, saat membeli HP tentu kita juga ingin HP yang kualitasnya bagus dong. Agar bisa bertahan lama dan awet dipakai.

Sobat mungkin sudah tahu bahkan menyepakati, bahwa Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang menawarkan spesifikasi HP yang cukup dengan harga yang relatif lebih murah.

Untuk kualitasnya juga tidak perlu diragukan, ada garansi yang akan meng"cover" semua kerusakan yang diakibatkan cacat pabrik (bukan human error).

Xiaomi HP Gacha?

Namun, banyak beredar isu kalau Xiaomi itu HP "Gacha". Apa sih maksudnya? Apa beneran Xiaomi HP Gacha? Atau hanya isu saja?

Nah, buat Sobat yang berencana membeli HP Xiaomi, apalagi belum pernah memakai HP dari brand ini, simak pembahasan berikut sampai habis ya.

Xiaomi HP Gacha

Apa itu Gacha?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai isu Xiaomi HP Gacha, kita akan membahas maksud atau pengertian dari kata "Gacha" ini.

Gacha adalah kata lain dari Gotcha (dibaca gatca) dalam bahasa Inggri. Gotcha ini merupakan singkatan dari "I've Got You" yang artinya "aku telah mendapatkanmu". Atau mungkin dalam bahasa tidak bakunya bisa diartikan menjadi "Kena Kau".

Istilah Gacha ini biasanya digunakan pada suatu aktivitas yang berhubungan dengan undian. Dimana kita mengambil atau membeli sesuatu yang tidak kita ketahui apa isinya sebelum dibuka.

Sobat seorang Gamers? Pernah main Genshin Impact atau sejenisnya? Yang mana untuk mendapatkan sebuah karakter Kita harus melakukan pembelian random (Gacha), tidak bisa membeli karakter yang diinginkan secara langsung. Jika beruntung, maka Kita bisa mendapatkan karakter yang diinginkan dan mengucapkan "Gacha" (Kena Kau).

Atau Sobat pernah lihat di beberapa Marketplace yang menjual Mystery Box? Yang kita bisa membelinya dengan harga sekian, jika beruntung kita bisa mendapatkan barang yang nilainya lebih mahal dari harga Mystery Box itu sendiri. Hal ini juga bisa disebut dengan Gacha.

Apa Maksud dari Xiaomi HP Gacha?

Mungkin Sobat sering atau sekedar pernah mendengar isu yang beredar, bahwa Xiaomi itu HP Gacha. Apa maksudnya? Apakah HP Xiaomi bisa dibeli dengan sistem undian? Tentu bukan, Kita bisa langsung beli HP Xiaomi dengan tipe yang sesuai dengan apa yang Kita inginkan.

Isu yang beredar tersebut sering ditemui pada forum-forum atau group di Media Sosial yang membahas soal smartphone. Dari pengalaman pengguna yang membeli Xiaomi, mereka mengaku sering menemui kendala pada perangkat yang dibelinya.

HP Xiaomi dianggap lebih memiliki potensi kerusakan atau cacat pabrik, sehingga baru dipakai beberapa lama HP Xiaomi bisa mengalami kendala kerusakan tanpa disebabkan kesalahan pengguna.

Kerusakan yang sering dialami HP Xiaomi baru antara lain: 

  • Tiba-tiba mati total
  • Tidak bisa di charge
  • Banyak bug setelah update OS/UI
  • Bootloop
  • Kerusakan fisik (tombol-tombol, backdoor, dan lainnya)

Karena itulah banyak yang menyebut Xiaomi itu HP Gacha. Untung kalau dapat yang bagus akan bisa dipakai awet dan normal. Tapi kalau apes, akan dapat HP yang memiliki beberapa kendala yang sudah disebutkan.

Apa benar Xiaomi itu HP Gacha?

Perlu digaris bawahi, belum ada riset secara menyeluruh kepada semua konsumen Xiaomi yang bisa memastikan HP Xiaomi memiliki rate kerusakan pabrik yang tinggi sehingga pantas disebut HP Gacha.

Keluhan terjadinya kerusakan HP (bukan diakibatkan human error) tidak lama setelah dibeli juga banyak kok terjadi pada brand lain.

Toh brand-brand HP juga memberikan layanan garansi untuk HP yang rusak. Bahkan Service Center berani ganti HP yang rusak dengan HP baru loh, jika kerusakan terbukti dikarenakan adanya kecacatan pabrik dan bukan kesalah pengguna. Termasuk pada brand Xiaomi.

Dari pengalaman mimin pribadi yang pernah beberapa kali menggunakan HP Xiaomi, tidak pernah mengalami kerusakan. HP Xiaomi yang mimin pakai bisa awet sampai dijual karena memang ingin ganti HP.

Akhir kata

Bagaimana menurut Sobat? Apakah setuju kalau Xiaomi disebut HP Gacha? Kalau mimin ditanya, tentu tidak setuju. Karena dari pengalaman pribadi, mimin cukup puas dengan produk smartphone Xiaomi. Baik itu dari sub-brand Mi, Redmi, maupun Poco.

Tidak bisa dipungkiri ya, smartphone Xiaomi memang dikenal dengan harganya yang murah dengan spesifikasi yang tinggi. Relatif lebih murah dari brand lain yang memiliki spesifikasi setara, bahkan lebih tinggi.

Kalau Sobat takut HP langsung rusak tidak lama setelah dibeli, kan ada garansi yang bisa kita klaim langsung ke Service Center kok. Tidak sedikit kasus digantinya HP yang rusak dengan unit baru karena kerusakan memang tidak diakibatkan kesalahan dari pengguna.

Tapi ya kembali lagi, tergantung pilihan dan pendapat Sobat masing-masing. Punya pendapat berbeda tentang isu Xiaomi HP Gacha? Share di kolom komentar ya, Sobat. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Xiaomi HP Gacha? Apa Maksudnya?"