Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Samsung S9 atau Poco X3 Pro, HP 3 Jutaan Terbaik?

 Hallo Sobat Gadget, kali ini jagoangadget.com akan membagikan informasi perbandingan untuk HP 2 hingga 3 jutaan. Untuk HP yang akan kita bandingkan kali ini adalah Samsung S9 dan Poco X3 Pro. Kenapa? Karena kedua HP ini bisa dibilang HP yang paling recommended untuk saat ini dikelasnya.

Memang, untuk Samsung S9 sudah dicontinue alias tidak diproduksi lagi. Jadi yang tersedia dipasaran hanya untuk kondisi second atau bekas. Jadi pembahasan kali ini bisa menjadi pertimangan untuk Sobat, kalau punya dana 2-3 jutaan mau ambil Samsung S9 (bekas) atau Poco X3 Pro (baru)?

Samsung S9 atau Poco X3 Pro

Saran HP 3 Jutaan

Kedua HP ini mungkin memiliki kasta yang berbeda. Samsung S9 merupakan HP flagship premium dengan spesifikasi dan performa yang tinggi dizamannya. Sedangkan Poco X3 Pro adalah smartphone andalan di kelas menengah, yang dibekali tagline "Flagship Killer" karena spesifikasinya yang hampir menyamai HP Flagship dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun dari segi spesifikasi dan beberapa pertimbangan lainnya, keduanya masih sangat "worth it" untuk dibeli. Baik Samsung S9 maupun Poco X3 Pro, bisa menjadi saran HP HP Terbaik di harga 3 jutaan.

Untuk bisa membandingkan keduanya lebih baik, kita simak dulu spesifikasi singkat dari Samsung S9 dan Poco X3 Pro berikut ini.

Spesifikasi Samsung S9

  • 5,8 inchi Super Amoled Corning Gorilla Glass 5 (Edge)
  • Exynos 9810 / Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM 4 GB
  • Kamera utama 12 MP
  • Kamera Selfie 8 MP
  • Baterai 3.000 mAh

Spesifikasi Poco X3 Pro

  • 6,67 inchi IPS LCD
  • Snapdragon 860 (7 nm)
  • RAM 6 GB
  • Kamera utama 48 MP + 3 lensa sensor
  • Kamera Selfie 20 MP
  • Baterai 5.160 mAh

Dari spesifikasi mungkin ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Karena memang keduanya berada di era yang berbeda, Samsung S9 sebuah flagship dengan teknologi 2018, sedangkan Poco X3 Pro HP kelas menengah terbaru dengan spesifikasi terbaik.

Tapi hal ini tidak membuat keduanya memiliki performa yang beda jauh loh.

Saran HP 3 Jutaan, Samsung S9 atau Poco X3 Pro?

Agar lebih jelas perbandingannya, kita bahas pada masing-masing sektor.

• Layar

Kalau di sektor layar, Samsung S9 jelas lebih unggul. Dengan Super Amoled, tampilan layar akan lebih jernih dan bagus. Apalagi dengan desain edge, layar melengkung pada pinggiran membuat desain terlihat sangat mewah.

Sedangkan X3 Pro hanya menggunakan panel dengan teknologi IPS LCD, yang tidak lebih bagus dari Super Amoled. Meskipun layar Poco X3 Pro, juga tidak bisa dibilang buruk ya Sobat.

• Chipset

Pada Chipset, Poco X3 Pro lebih unggul. Dengan Snapdragon 860 (7 nm), tentu lebih kencang dibandingkan Samsung S9 dengan Exynos 9810 nya yang setara dengan Snapdragon 845.

Tapi meskipun begitu, keduanya masih sangat "worth it" untuk HP 3 jutaan jika dilihat dari Chipsetnya. Baik Samsung S9 maupun Poco X3 Pro, mampu memainkan game berat Genshin Impact dengan settingan rata kanan alias tinggi.

• RAM

Sebenarnya RAM tidak begitu mempengaruhi performa HP secara keseluruhan. Hanya saja jika RAM lebih nyaman digunakan untuk melakukan multitasking, yakni membuka aplikasi banyak dalam waktu yang bersamaan.

Lagipula RAM 4 GB juga masih sangat bisa digunakan untuk bermain game berat sekalipun. Hanya saja untuk kebutuhan khusus seperti aktivitas kerja yang sangat membutuhkan multitasking, RAM besar akan lebih nyaman.

• Kamera

Di atas kertas, mungkin perbedaan sektor kamera lah yang paling mencolok. Poco X3 Pro sudah didukung dengan teknologi terbaru.

Poco X3 Pro menggunakan kamera utama beresolusi 48 MP, didukung lensa macro, ultrawide, dan depth sensor. Tentu fitur fotografi di HP ini lebih lengkap.

Samsung S9 juga memiliki hasil yang tak bisa diremehkan loh. Walau resolusinya hanya 12 MP, tapi kamera mampu merekam video dengan kualitas 4K di 60 FPS (X3 Pro hanya 30 FPS) dan gambar yang tidak bisa dibilang jelek.

• Baterai

Kalau untuk kapasitas baterai, Samsung S9 jelas kalah. Baterai 3.000 sekarang sepertinya kurang bisa memenuhi kebutuhan smartphone dengan teknologi yang sekarang. Bisa dipastikan, HP tidak akan bisa bertahan seharian penuh.

Poco X3 Pro dengan baterai 5.160 mAh nya tentu akan kuat dipakai seharian.

Jadi Pilih Samsung S9 atau Poco X3 Pro?

Kalau Sobat cari gampangnya, tentu akan pilih Poco X3 Pro. Tinggal beli dengan kondisi baru, tanpa harus meneliti terlebih dahulu seperti membeli HP bekas.

Takut dengan isu Xiaomi HP Gacha? Kan ada garansinya. Jadi kalau ada apa-apa bisa tinggal klaim di service center.

Tapi kalau Sobat ingin merasakan pengalaman menggunakan HP Flagship Premium dengan harga 3 jutaan, Samsung S9 bisa menjadi pilihan terbaik.

Yang pasti Sobat harus memilih dan memilah dengan baik sebelum membeli HP Samsung S9 bekas. Karena HP yang sudah berumur akan lebih rentan mengalami kerusakan, apalagi kalau sudah ada cacat karena human error.

Menurut Sobat? Kalau Sobat punya pendapat lain mengenai Saran HP Terbaik 3 Jutaan di atas, bisa tulis di kolom komentar ya. Mau menambahkan atau mengoreksi informasi yang ada? Juga boleh kok, Sob.

Posting Komentar untuk "Pilih Samsung S9 atau Poco X3 Pro, HP 3 Jutaan Terbaik?"