Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas Modus Penipuan Pinjaman Online Lewat WA

 Pinjaman Online Lewat WA - Aplikasi Pinjol menjadi pilihan solusi bagi sebagian orang untuk menyelesaikan permasalahan ekonominya.

Terutama saat pandemi melanda seperti saat ini, dimana hampir pada semua sektor ekonomi terdampak pandemi sehingga banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonmi.

Karena pengajuannya mudah dan cepat, Aplikasi Pinjol menjadi pilihan untuk mendapatkan dana secara cepat. Untuk berusaha mendapat modal agar bisa memperbaiki perekonomian atau hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bertahan di masa pandemi.

Pinjaman Online Lewat WA

Tidak hanya melalui aplikasi smartphone baik Android ataupun iOS, kini marak ditemui pinjaman online yang ditawarkan melalui WA atau aplikasi chat WhatsApp.

Biasanya pengguna yang pernah melakukan pinjaman online di Aplikasi Pinjol akan mendapatkan tawaran semacam ini.

Pinjaman Online Lewat WA

Modus Penipuan Pinjaman Online Lewat WA

Hal ini dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggungjawab dengan memberikan tawaran pinjaman online untuk melakukan tindak penipuan.

Sebenarnya tidak semua penawaran pinjaman online lewat WA ada penipuan. Namun penawaran seperti ini harus kita waspadai agar tidak kena tipu.

• Penipuan Uang Admin Pinjaman Online Lewat WA

Adanya uang admin pada pengajuan pinjaman online lewat WA merupakan salah satu ciri-ciri bahwa itu adalah penipuan.

Memanfaatkan kondisi terdesak seseorang yang sedang membutuhkan uang, penipu mengiming-imingi pinjaman yang cukup besar dengan bunga yang ringan.

Salah satu syarat pengajuan adalah adanya sejumlah uang yang harus dibayarkan dengan dalih untuk uang admin. Penipu akan menjanjikan bahwa uang pinjaman bisa dicairkan sesegera mungkin setelah uang admin dibayarkan.

Namun, saat uang yang diminta sudah ditransfer penipu akan menghilang dan membawa kabur uang tersebut. Pinjaman yang dijanjikan tidak pernah cair.

• Penipuan Data Pinjaman Online Lewat WA

Tidak hanya modus uang admin saja, penipu juga memanfaatkan pengajuan pinjaman online abal-abal ini untuk mendapatkan data diri kita.

Berbeda dengan modus uang admin, penipu akan menawarkan pinjaman online lewat WA tanpa ada biaya sepeserpun. Tentu dengan limit yang tinggi dan bunga yang rendah agar calon korban tergiur.

Setelah melakukan pengajuan, penipu akan mendapatkan data diri korban yang bisa digunakannya untuk melakukan hal yang dapat merugikan si pemilik data.

Meskipun tidak ada uang yang diminta, namun sangat berbahaya jika penipu memiliki data diri kita dan disalah gunakan.

Salah satu contohnya untuk mengajukan pinjaman online. Tentu jika tidak dibayar maka yang ditagih adalah pemilik data sesungguhnya.

Belum lagi kalau data diri kita digunakan untuk hal yang lebih berbahaya, digunakan untuk melakukan tindak penipuan lain misalnya. Bisa-bisa kita yang tidak tahu apa-apa terjerat kasus tindak pidana penipuan.

Akhir Kata

Memang tidak semuanya penawaran Pinjaman Online lewat WA adalah penipuan. Mungkin ada koperasi atau perusahaan jasa keuangan kecil yang melakukan promosi lewat WA. Atau bisa jadi sales Aplikasi Pinjol resmi yang sedang mencari nasabah lewat WA.

Tapi kita tetap harus waspada terhadap tawaran pinjaman online yang ditawarkan lewat WA. Kita harus teliti sebelum mengajukan pinjaman begitu saja, jangan tergiur dengan tawaran pinjaman yang tinggi ataupun bunga yang sangat rendah.

Kalau Sobat memang berencana meminjam uang dari Pinjol, lebih baik gunakan Aplikasi Pinjol Resmi OJK yang sudah terdaftar dan berizin.

Posting Komentar untuk "Awas Modus Penipuan Pinjaman Online Lewat WA"