Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yakin Lebih bagus dari iPhone? Berikut Kelebihan HP Android

 Android merupakan salah satu sistem operasi smartphone yang paling banyak diminati dan digunakan, bersaing dengan iOS produk dari Apple yang digunakan pada iPhone. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

iOS terkesan lebih ekslusif, karena memang sistem operasi ini milik Apple dan hanya bisa digunakan pada produk smartphone nya yakni iPhone. Karena itulah banyak pengguna yang lebih memilih iPhone, terutama di Indonesia.

Kendati demikian, tidak sedikit juga pengguna yang lebih nyaman menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android. Karena Android juga memiliki keunggulan dan kelebihan yang tidak ada pada iOS.

Kelebihan Android Dibandingkan iPhone (iOS)

Berikut adalah beberapa alasan kenapa banyak orang yang memakai HP Android, dan menganggapnya lebih unggul dari iPhone HP dengan sistem operasi iOS.

Kelebihan dan Keunggulan Android Dibanding iPhone

1. Banyak Pilihan HP Android

Android merupakan sistem operasi dari Google yang bersifat Open Source. Dengan kata lain, Android bisa digunakan sekaligus dikembangkan oleh pihak lain (Brand HP).

Karena itulah HP Android memiliki banyak pilihan, karena banyak brand HP yang memproduksi smartphone dengan menggunakan sistem operasi Android yang dikembangkan.

Tidak hanya iOS yang hanya bisa ditemukan pada perangkat smartphone produksi Apple, iPhone.

• Pilihan Model dan Desain

HP Android memiliki model atau desain yang lebih variatif ketimbang iPhone. Memang iPhone pun menginovasi desainnya pada setiap seri, namun dengan banyaknya brand yang memproduksi tentu HP Android memiliki pilihan desain yang lebih banyak.

Selain desain, ukuran HP Android juga lebih banyak pilihan. Mulai dari yang kecil 4 inchi, hingga smartphone Android jenis Tablet yang ukurannya di atas 7 inchi.

• Pilihan Spesifikasi dan Fitur

Selain model, banyak juga pilihan spesifikasi HP Android yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Karena Android juga bisa dikembangkan seperti pada Xiaomi dengan MIUInya dan Samsung dengan OneUInya, banyak fitur baru dari pengembangan sistem dari setiap brand.

2. Harga Terjangkau

Banyaknya pilihan HP Android juga membuat harganya lebih terjangkau. Setiap brand HP Android tentu akan bersaing untuk bisa menjangkau setiap konsumen, mulai dari kelas bawah, menengah, hingga atas.

Banyak sekali HP Android yang bisa kita beli dengan harga di bawah 5 juta, bahkan di bawah 1 juta. Mungkin hal ini juga yang membuat iPhone terkesan lebih mewah dari HP Android.

Tapi justru hal inilah yang menjadi kelebihan, HP Android bisa menjangkau semua kalangan mulai dari yang bawah. Mau cari HP Android mewah di atas 10 atau bahkan 20 juta? Ada kok, flagship premium dari Samsung dan Huawei misalnya.

3. Aplikasi Lebih Beragam dan Bebas

Dibandingkan dengan iPhone, Aplikasi Android cenderung lebih banyak pilihan dan beragam. Aplikasi di HP Android juga lebih banyak yang gratis, tidak seperti pada iPhone yang banyak aplikasi berbayarnya. Sehingga menggunakan Android pengguna merasa lebih bebas dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia.

4. Tampilan Pesonalisasi Anti-mainstream

Tampilan Personalisasi HP Android dari setiap brand tentu berbeda, karena setiap brand menggunakan UI yang dikembangkan sendiri. Belum lagi ada banyak pilihan tema yang bisa digunakan pada HP Android, menjadikan tampilan HP Android lebih beragam dan anti-mainstream. Tidak seperti pada iPhone yang sama pada setiap versi OS nya meskipun berbeda tipe perangkat.

5. Kostumisasi dan Modifikasi yang Fleksible

Android sebagai sistem operasi yang Open Source juga menjadi kelebihan bagi pengguna HP Android itu sendiri. Pengguna bisa melakukan kustomisasi dan modifikasi pada sistem operasi. Biasanya hal ini bertujuan untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Dengan menggunakan Custom ROM (yang sudah dikustom atau modifikasi), pengguna bisa membuang atau menambahkan beberapa fitur sehingga HP Android bisa lebih ringan dan memiliki fitur sesuai kebutuhan.

Akhir Kata

Jadi itu dia ya Sobat, kelebihan dari HP Android dibangingkan iPhone. Yang menjadi alasan utama pengguna lebih memilih HP Android ketimbang iPhone mungkin pada harganya yang lebih menjangkau seluruh kalangan. 

HP Android bisa dibeli dengan harga mulai dari 1 jutaan, bahkan di bawahnya yang mampu menjangkau pasar kelas bawah. Ada juga HP Android premium dengan spesifikasi dan fitur yang tak kalah canggih dengan iPhone, untuk pasar kelas ke atas.

Sedangkan iPhone keluaran terbaru harganya di atas 10 juta, yang hanya menjangkau kalangan atas. Untuk kalangan menengah kebawah mungkin hanya bisa membeli iPhone bekas seri lama, yang tentu spesifikasi dan fiturnya sudah ketinggalan.

Ada juga kelebihan atau keunggulan dari Android lainnya yang membuat pengguna lebih nyaman menggunakan HP Android ketimbang iPhone dengan iOSnya.

Bagaimana menurut Sobat? Tim Android atau iOS nih?

Posting Komentar untuk "Yakin Lebih bagus dari iPhone? Berikut Kelebihan HP Android "