Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ColorOS UI Milik Oppo Menjadi yang Terkencang dan Paling Digemari

 Kencang tidaknya sebuah smartphone tidak hanya dipengaruhi spesifikasi seperti RAM dan Processor saja loh. Sistem Operasi yang dipakai juga sangat mempengaruhi performa sebuah smartphone Android. Apa setiap HP Android pakai OS yang berbeda?

Android merupakan sistem operasi smartphone produk Google yang bersifat Open Source, yang artinya Android masih bisa dikostumisasi dan dikembangkan pihak lain selain Google sendiri.

Setiap brand smartphone, memiliki produk UI (User Interface) atau OS Android yang telah dikembangkan sendiri. Seperti MiUI miliki Xiaomi, OneUI milik Samsung, ColorOS milik Oppo, dan lainnya.

UI Android Terbaik

Beberapa waktu lalu sebuah aplikasi Benchmark asal China, Master Lu, merilis peringkat UI terbaik dengan performa terbaik dan banyak diminati pengguna.

HP Android yang banyak laku di Indonesia kan berasal dari China seperti Xiaomi (Mi, Redmi, Poco), Oppo. Realme, dan Vivo. Jadi mimin membagikan informasi ini, meskipun bersumber dari pengguna China.

UI Terbaik HP Android ColorOS Oppo

Peringkat UI Android Terbaik

Berikut peringkatnya: 

  1. ColorOS (Oppo)
  2. EMUI (Huawei)
  3. Nubia UI (Nubia)
  4. ZUI (Lenovo)
  5. Funtouch OS (Vivo)
  6. Smartisan OS (Smartisan)
  7. HydrogenOS (Oneplus)
  8. Magic UI (Honor)
  9. MIUI (Xiaomi)
  10. Flyme (Meizu)

Peringkat ini diambil dari pengidentifikasian dari performa UI itu sendiri yang dilakukan oleh aplikasi benchmark Master Lu. Dari data yang didapatkan melalui pengguna melakukan benchmarking (mengukur) performa OS smartphonenya, ColorOS mendapatkan peringkat pertama untuk kualitas performanya.

Disusul EMUI dari Huawei, kemudian Nubia UI yang mungkin tidak begitu populer produknya di Indonesia, dan beberapa UI dari brand lainnya. Xiaomi yang cukup digemari di Indonesia, MiUInya berada di peringkat 9.

• Performa ColorOS Oppo Semakin Meningkat

Tidak dipungkiri, bahwa ColorOS memiliki kinerja yang semakin membaik, mungkin hal ini juga dirasakan oleh para penggunanya.

Sejak pembaruan pada versi 10, ColorOS memang memiliki peningkatan yang cukup signifikan pada performanya. UI terasa lebih ringan dan kencang untuk menjalankan sistem dan aplikasi pada smartphone Oppo.

Tidak hanya itu, penempatan fitur-fitur juga lebih baik sehingga pengguna lebih terasa nyaman menggunakannya.

• Huawei, Smartphone Berkualitas yang Kurang Laku di Indonesia

Pasti sudah pernah dengar tentang smartphone Huawei dong? Atau mungkin Sobat penggunanya? Brand ini memang sepertinya hanya fokus pada produk smartphone untuk kelas menengah keatas. Smartphone Huawei sangat laku dan banyak peminatnya dibeberapa negara-negara maju.

Sayangnya brand ini kurang populer di Indonesia, mungkin penyebabnya adalah smartphone untuk pasar menengahnya yang kurang "diurus". Padahal permintaan smartphone kelas menengah ke bawah lah yang sangat tinggi di Indonesia.

Terlepas dari kurang lakunya HP Huawei di Indonesia, brand ini memiliki UI dengan performa yang cukup baik. EMUI bisa membuat performa smartphone Android lebih kencang karena cukup ringan namun tetap dengan fitur yang lengkap.

• MIUI Xiaomi Berada di Peringakt 9?

Smartphone dari Xiaomi memang cukup laris dipasaran, termasuk dari sub-brandnya Poco dan Redmi. Karena produknya dinila memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang relatif lebih murah, atau bisa dikatakan sangat "Value for Money".

Tapi 1 kekurangan pada HP Android Xiaomi, yakni pada MiUI nya. Beberapa pengguna merasakan UI dari HP Xiaomi ini terasa berat, sehingga meskipun spesifikasinya cukup tinggi namun performanya kurang maksimal.

Belum lagi bug yang lebih sering terjadi pada MiUI dibandingkan UI lainnya. Ya meskipun bug akan diperbaiki pada pembaruan berikutnya, tapi hal ini tentu saja mengganggu pengguna.

Ke"worth it"an Xiaomi memang terhalang oleh MiUI yang dinilai kurang bagus. Banyak pengguna yang menggunakan Custom ROM agar perangkat HP Xiaominya bisa memiliki performa yang maksimal. Tentu tidak semua pengguna bisa melakukan hal ini. Karena itu, ada juga yang menyebut bahwa Xiaomi kurang cocok untuk pengguna yang cari HP tinggal pakai.

Akhir Kata

Jadi itulah peringkat UI Android terbaik untuk saat ini yang dirilis oleh Aplikasi Benchmark. Yang masuk dalam kategori ini hanya produk dari China ya, UI lain dari brand HP bukan dari China seperti OneUI milik Samsung tentu tidak ikut.

Peringkat berapa nih UI Android favorit Sobat? Apakah ColorOS Oppo yang menjadi peringkat 1? Atau MiUI yang berada di bawah pada peringkat 9?

Tapi jangan senang atau khawatir dulu ya Sobat. Karena setiap UI pasti akan terus dikembangkan, jadi peringkat inipun bisa berubah sewaktu-waktu.

Posting Komentar untuk "ColorOS UI Milik Oppo Menjadi yang Terkencang dan Paling Digemari"