Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo tanpa Aplikasi

 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo - Terkadang menyembunyikan sebuah aplikasi di HP kita memang perlu. Apalagi kalau HP sering dipinjam orang lain, aplikasi yang mengandung privasi akan lebih baik jika disembunyikan.

Pada smartphone yang sudah canggih seperti zaman sekarang, cara menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo bukan hal yang mustahil. Pada HP merk lain yang dikenal mempunyai UI kaya fitur seperti Xiaomi dengan MIUI nya, Oppo dengan ColorOS nya, dan lainnya juga memiliki fitur menyembunyikan aplikasi.

Tapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa di perangkatnya ada cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa perlu aplikasi tambahan. Akhirnya mereka banyak yang menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Hider dan sejenisnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Nah, bagi Sobat yang masih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo nya, simak pembahasan tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi berikut ini.

Sebenarnya tidak masalah sih kalau Sobat memakai aplikasi tambahan untuk menyembunyikan aplikasi. Tapi kalau di HP Vivo sudah ada fiturnya, kenapa tidak dimanfaatkan?

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo tanpa Aplikasi

  1. Buka aplikasi "iManager"
  2. Pilih menu "Enkripsi Aplikasi"
  3. Atur Password atau PIN (6 digit angka)
  4. Konfirmasi Password atau PIN
  5. Kemudian pilih menu "Sembunyikan Aplikasi"
  6. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  7. Setelah itu akan muncul pemberitahuan, pilih "Oke"
  8. Selesai

Setelah melakukan langkah tersebut, Sobat bisa cek aplikasi yang disembunyikan tadi pasti tidak ada di HP Sobat.

Apakah cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi ini bisa dilakukan di semua tipe HP Vivo? Untuk tipe terbaru yang memiliki OS Android 10 ke atas dan UI Funtouch 10 ke atas sudah dipastikan memiliki fitur menyembunyikan aplikasi ini.

Dan untuk tipe HP dengan versi dibawahnya tidak semuanya memiliki fitur tersebut. Jadi kalau Sobat ingin menyembunyikan aplikasi terpaksa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga ya.

Oh iya, Sobat juga bisa menambahkan fitur ini pada Shortcut. Agar saat ingin menyembunyikan aplikasi yang lain bisa lebih mudah.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Berikut ini mungkin adalah hal-hal yang perlu Sobat ketahui, terkait dengan cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo.

• Tidak Bisa Menemukan iManager

iManager merupakan aplikasi bawaan dan fitur terbaru dari Vivo, yang pasti ada. Kalau Sobat tidak bisa menemukannya, ada 2 kemungkinan yang menjadi penyebab hilangnya iManager di HP Vivo.

Yang pertama mungkin Sobat telah melakukan custom ROM. Yang membuat beberapa fitur dan aplikasi bawaan hilang.

Kalau Sobat merasa tidak pernah melakukanya, kemungkinan yang kedua adalah HP Sobat tidak mendukung fitur tersebut.

• Cara Membuka Aplikasi yang Disembunyikan HP Vivo

Lalu bagaimana cara mengakses aplikasi yang disembunyikan? Ketika Sobat perlu menggunakan aplikasi yang disembunyikan, tentu tidak bisa menemukannya di menu utama. Ada cara tersendiri untuk bisa menampilkannya.

Caranya cukup mudah kok, Sobat tinggal swipe layar dengan 2 jari. Setelah itu akan muncul folder yang di dalamnya adalah aplikasi-aplikasi yang disembunyikan dengan cara ini.

• Apakah Aman Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo?

Sudah pasti aman. Fitur hanya menyembunyikan aplikasi agar tidak tampil di menu utama. Tidak perlu khawatir data pada aplikasi hilang.

Yang terpenting jangan lupa dengan PIN yang dibuat untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo. Karena untuk menampilkan aplikasi yang sudah disembunyikan dibutuhkan PIN tersebut.

Intinya cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Karena jika menggunakan aplikasi pihak ketiga ada kemungkinan HP bisa terkena virus atau malware yang membahayakan HP itu sendiri.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo tanpa Aplikasi"