Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menghidupkan HP tanpa Tombol Power

 Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power - Saat HP dalam kondisi mati, tentu kita harus menghidupkan jika ingin menggunakannya. Cara normal satu-satunya untuk menghidupkan HP adalah dengan menekan tombol power.

Sesuai dengan namanya, tombol power, fungsinya adalah untuk power on (menghidupkan) dan power off (mematikan). Tombol power juga berfungsi untuk mengunci layar dan juga menyalakan layar saat kondisi HP terkunci.

Lalu bagaimana jika tombol power rusak? Bagaimana cara menghidupkan HP tanpa tombol power?

Cara Menghidupkan HP tanpa Tombol Power

Kalau tombol power rusak jangan panik, ada beberapa cara untuk bisa menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol power.

Beberapa cara ini bisa digunakan dan bekerja untuk kondisi dan situasi tertentu. Maka dari itu, simak dengan baik satu per satu cara menghidupkan HP tanpa tombol power berikut ya.

Cara Menghidupkan HP tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan Layar HP tanpa Tombol Power (HP Hidup)

Cara-cara berikut bisa digunakan saat kondisi HP hidup, namun layar sedang mati (terkunci). Tanpa tombol power, Sobat bisa menghidupkan layar HP dengan cara berikut.

1. Menghidupkan HP dengan Sensor Biometrik

Smartphone canggih zaman sekarang, minimal sudah dibekali dengan fingerprint atau sidik jari. Sobat bisa memanfaatkannya untuk membuka kunci layar dan menghidupkan HP tanpa tombol power.

Saat kita membuka kunci layar HP, tentu layar akan menyala secara otomatis. Jadi Sobat bisa menghidupkan HP tanpa tombol power.

Sensor biometrik lainnya seperti Face unlock atau irish Scanner pada iPhone juga bisa digunakan untuk menyalakan layar HP jika sudah diatur sebelumnya di pengamanan layar.

Sayangnya tidak semua HP memiliki sensor biometrik yang lengkap, bahkan masih ada HP yang tidak memiliki sensor sidik jari.

Tapi jangan khawatir, kalau HP Sobat tidak memiliki sensor biometrik bisa coba gunakan cara lain berikutnya.

2. Menekan Tombol Power dengan Bantuan Benda Lain

Faktor usia, bisa menyebabkan kondisi fisik dari tombol power rusak. Dalam kondisi rusaknya fisik tombol power, Sobat bisa coba gunakan bantuan benda lain untuk menekan dan menghidupkan HP.

Coba tekan tombol power dengan cara menusukkan benda-benda seperti SIM Card ejector, tusuk gigi, dan sejenisnya untuk menghidupkan HP.

Tapi pastikan ujung benda yang Sobat gunakan tumpul ya, agar tidak memperparah kerusakan tombol power. Benda seperti jarum atau penitipun bisa digunakan, asalkan ujungnya dipastikan tumpul terlebih dahulu.

Jika tidak bisa, kemungkinan kerusakan tombol power bukan hanya pada fisiknya saja. Bisa pada bagian dalam seperti kabel fleksibel atau socket yang terletak di bagian dalam HP.

Cara ini disarankan untuk kondisi emergency saja ya. Sobat bisa memperbaiki tombol power untuk penggunaan yang lebih nyaman.

3. Menghidupkan HP dengan Charger (Daya Listrik)

Jika tombol power sudah benar-benar tidak bekerja, Sobat bisa coba melakukan charging dengan charge HP maupun Power Bank.

Saat di aliri daya listrik (charging) tentu layar akan menyala secara otomatis. Setelah itu Sobat bisa membuka kunci layar dengan pola, PIN, ataupun password.

4. Menghidupkan HP dengan Tombol Lain

Beberapa smartphone jadul yang memiliki tombol fisik home, memiliki kelebihan yakni cara menghidupkan HP tanpa tombol power.

Dengan menekan tombol "home" yang berada ditengah, layar HP bisa menyala tanpa menggunakan tombol power.

HP canggih tidak selamanya lebih unggul. Smartphone sekarang sudah mulai menghilangkan tombol fisik dan menggantinya dengan softkey pada layar HP. Jadi tidak bisa menggunakan cara menghidupkan HP tanpa tombol power ini.

4. Menghidupkan HP dengan Tombol Volume

Apa bisa tombol volume digunakan untuk menghidupkan HP? Bisa, dengan catatan menggunakan sebuah aplikasi yang telah disetel sebelumnya.

Aplikasi Power Button to Volume Button bisa menggantikan fungsi tombol volume untuk menambah atau mengurangi volume suara, menjadi tombol power untuk menghidupkan HP. Cara menggunakannya: 

  • Unduh Aplikasi "Power Button to Volume Button" di Playstore
  • Buka aplikasinya
  • Aktifkan (enable) fiturnya
  • Selesai, tombol volume kini bisa digunakan untuk menghidupkan HP

Untuk setelannya juga bisa diatur agar tombol volume bisa digunakan booting (on/off power HP) atau hanya buka kunci layar saja.

Nah, kalau Sobat merasakan adanya gejala-gejala tombol power akan rusak, bisa menginstal aplikasi ini untuk alternatif cara menghidupkan HP tanpa tombol power.

5. Hidupkan Layar HP dengan Double Tap

Fitur Double Tap to Wake adalah fitur yang memungkinkan layar menyala saat diketuk 2x. Dalam posisi layar mati, pengguna cukup mengetuknya agar menyala tanpa menggunakan tombol power.

Fitur ini biasanya sudah ada dan sudah aktif secara otomatis di HP-HP keluaran terbaru. Jadi fitur ini bisa digunakan sebagai cara menghidupkan HP tanpa tombol power.

Namun sayangnya, fitur ini tidak ada pada beberapa HP keluaran lama. Tapi untuk Sobat yang mungkin HP nya bisa dibilang jadul, tetap bisa menikmati fitur ini dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nama Aplikasinya "Double Tap", untuk cara penggunaannya mungkin tidak perlu dijelaskan secara detail ya karena memang sangat mudah. Tinggal instal aplikasinya, kemudian atur fitur sesuai kebutuhan di menu pengaturan.

6. Menghidupkan HP dengan Panggilan

Cara menghidupkan HP tanpa tombol power berikutnya adalah dengan panggilan. Cara yang sangat sederhana namun mungkin sangat berguna.

Dengan melakukan panggilan, otomatis HP akan menyala. Nah, setelah HP menyala panggilan bisa langsung dimatikan. Kemudian kita bisa mengakses menu tanpa harus menghidupkan HP dengan tombol power.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power (HP Mati Total)

Saat kondisi HP matot alias mati total, tentu cara-cara di atas tidak bisa digunakan untuk menghidupkan HP tanpa tombol power.

Kondisi seperti ini biasanya dialami karena adanya kerusakan software. Setelah melakukan flashing custom ROM atau semacamnya, HP tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan dengan tombol power.

Ini adalah salah satu cara menghidupkan HP tanpa tombol power yang paling mudah dalam kondisi tersebut.

Mungkin untuk Sobat yang tidak terlalu berpengalam dalam urusan "oprek" HP akan kesulitan untuk melakukan cara ini, Tapi tenang, jagoangadget.com akan menjelaskan step by step secara detail agar lebih mudah dilakukan

• Hal yang harus dilakukan pertama adalah menyiapkan bahan terlebih dahulu. Unduh dengan link dibawah:

Minimal ADB and Fastboot Download

• Setelah Bahan siap, masukkan HP ke dalam mode FastBoot. Caranya tahan tombol volume down (-) sambil disambungkan ke perangkat PC dengan kabel USB hingga muncul logo Android.

• Selanjutnya buka file yang tadi di unduh. Lalu ketikkan "adb devices" dan tekan Enter, untuk mengetahui HP sudah terhubung atau belum.

• Setelah itu, Sobat tinggal masukkan perintah "fastboot reboot" dan Enter.

Sobat tinggal tunggu proses reboot sampai HP menyala dengan normal.

Penutup

Dari beberapa cara menghidupkan HP tanpa tombol power di atas, Sobat bisa memilih dan menggunakan cara sesuai kondisi dan situasi yang dialami.

Tombol power memang menjadi hal yang penting untuk menghidupkan HP maupun mematikannya. Tapi misal terjadi kendala yang menyebabkan tombol power tidak berfungsi, Sobat bisa menggunakan cara yang sudah kita bahas untuk menghidupkan HP tanpa tombol power.

Jika Sobat memiliki pertanyaan atau rekomendasi cara menghidupkan HP tanpa tombol power, bisa tulis di kolom komentar ya. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghidupkan HP tanpa Tombol Power"