Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Bitly Google Form untuk Menyingkat Link

 Cara Membuat Bit.ly Google Form - Banyak orang menggunakan Google Form untuk kebutuhan formulirnya. Mulai dari survey, soal ujian, absensi, dan banyak lagi.

Apalagi di saat pandemi seperti ini, yang hampir semuanya menggunakan sistem daring atau tanpa tatap muka. Tentu Google Form ini sangat membantu.

Setelah membuat, biasanya pengguna langsung membagikan Google Form dengan link yang dikirim melalui pengirim pesan atau media lainnya.

Cara Membuat Bitly Google Form

Tidak jarang link Google Form yang lebih pendek, kebanyakan link berawalan dengan bit.ly. Kali ini jagoangadget.com akan membagikan cara membuat Bitly Google Form.

Cara Membuat Bitly Google Form

Apa itu Bitly?

Bitly merupakan sebuah platform internet yang menyediakan layanan penyingkat URL dan manajemen tautan.

Fungsinya adalah untuk menyingkat URL (Uniform Resource Locator) atau yang biasa kita kenal dengan link. Sehingga bisa lebih pendek dari URL aslinya.

Meskipun berbeda dengan link aslinya, ketika link diklik akan tetap mengarah ke situs atau landing page yang sama.

Keuntungan Memakai Bitly

  • Link lebih pendek dan singkat
  • Mudah di copy-paste
  • Mudah diingat
  • Lebih terlihat sederhana
  • Bisa menjadi sumber penghasilan

Mungkin Sobat penasaran kenapa harus pakai Bitly? Kenapa harus link harus disingkat? Sebenarnya tidak menjadi keharusan untuk menyingkat sebuah link. Hanya saja jika disingkat akan lebih terlihat simpel. Dan juga jika Sobat mau mengingatnya link bisa diketik tanpa copy-paste, karena lebih singkat sehingga mudah diingat.

Dan lagi, penyingkatan ini bisa menjadi sumber penghasilan loh. Bagi para blogger mungkin sudah tidak asing dengan istilah "safelink", yang bisa memanfaatkan link blognya untuk mendapatkan pengasilan.

Cara Membuat Bitly Google Form

  • Buka situs https://bitly.com
  • Cari kolom bertuliskan "Shorten Your Link"
  • Masukan link yang ingin disingkat
  • Lalu klik "Shorten"
  • Selesai, link yang sudah disingkat akan muncul dan siap dibagikan

Akhir kata

Mudah bukan cara membuat Bitly Google Form? Sekali lagi tidak ada kewajiban untuk mempersingkat link. Hanya saja, dengan menyingkat link, kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang sudah kita bahas tadi.

Kekurangan dari menyingkat link adalah setelah disingkat link akan menjadi lebih sederhana sehingga tidak tahu apa isi dari link tersebut. Tapi kembali lagi kepada pilihan Sobat sendiri, mau menggunakan link asli atau disingkat dengan Bitly?

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Bitly Google Form untuk Menyingkat Link"