Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa iPhone 6S Bagus? Masih Layak untuk Dibeli?

 Tidak bisa dipungkiri, ketertarikan pengguna smartphone di Indonesia terhadap iPhone masih sangat tinggi. Perangkat smartphone dari Apple ini masih sangat diminati oleh banyak orang, terutama untuk kaum muda mudi.

Kenapa banyak yang suka iPhone? Banyak alasan orang lebih memilih iPhone daripada HP Android. Tapi bukan berarti perangkat yang menggunakan iOS ini lebih baik secara umum dibandingkan smartphone Android ya Sobat.

Selain beberapa keunggulan yang tidak bisa ditemui pada Android, mungkin salah satu yang menjadi alasan paling banyak kenapa orang lebih memilih iPhone adalah adalah perangkat yang bersistem operasi iOS, tidak open source alias hanya bisa dipakai di produk Apple. Dengan kata lain kalau mau nyoba fitur iOS, ya pakai iPhone.

Apa iPhone 6S masih Layak untuk Dibeli

Ditambah lagi harga dari perangkat iPhone relatif mahal. Tidak seperti smartphone Android yang bisa diproduksi banyak brand, dengan berbagai pilihan, dengan harga mulai dari yang murah hingga smartphone Android premium yang harganya mahal. Jadi Android bisa dinikmati berbagai kalangan.

Hal ini mungkin bisa menjadi alasan juga kenapa banyak yang minat iPhone. Karena fitur iOS hanya bisa didapat pada perangkat iPhone yang harganya relatif mahal, membuat perangkat iPhone terkesan mewah dan tidak semua orang bisa memiliki.

Apa iPhone 6S Masih Bagus dan Layak Dibeli?

Salah solusi jitu untuk Sobat yang ingin memiliki dan menggunakan iPhone, atau hanya sekedar mencoba fitur iOS namun terbentur budget adalah dengan membeli iPhone bekas atau second.

iPhone 6S mungkin bisa menjadi rekomendasi iPhone bekas yang masih layak untuk dibeli dengan harga ramah dikantong.

Saat pertama rilis ditahun 2015 silam, iPhone 6S ini dibanderol dengan harga 10 jutaan. Setelah 6 tahun Sobat bisa mendapatkan perangkat smartphone dari Apple ini dengan kisaran harga 2 jutaan saja loh. Sangat terjangkau bukan?

Tapi apa iPhone 6S masih layak untuk dibeli? Masih bagus dan bisa digunakan di tahun 2021 ini? Nah, kalau Sobat ada rencana untuk meminang iPhone 6S bisa simak penjelasan berikut ini sampai akhir ya.

• Spesifikasi iPhone 6S

Kita akan membahas secara singkat saja untuk masalah Spesifikasi iPhone 6s, untuk membuktikan apakah iPhone 6s ini masih layak untuk dibeli? Kalau Sobat penasaran spesifikasi lengkapnya bisa cek di artikel sebelumnya.

1 hal yang menarik, jika sebelumnya iPhone hanya menggunakan RAM berkapasitas kecil (1 GB untuk iPhone 5,5S, dan 6S), Apple mulai melakukan peningkatan dengan menyematkan RAM berkapasitas 2GB di iPhone 6S. Ini bisa menjadi pertimbangan bahwa iPhone 6S merupakan iPhone dengan RAM terbesar yang bisa didapat dengan harga termurah.

iPhone memang menggunakan kapasitas RAM yang lebih kecil, kalau mau dibandingkan dengan smartphone Android. Karena memang iPhone menggunakan sistem operasi yang berbeda, sehingga RAM kecil bukan menjadi masalah besar untuk performanya. Lebih lengkap cek di Kenapa RAM iPhone Kecil?

Untuk sektor lainnya seperti Chipset dan GPU memang tidak ada peningkatan dari seri sebelumnya. Namun dengan spesifikasi yang ada, iPhone 6S masih bisa diandalkan. Untuk kebutuhan sehari-hari seperti chatting, sosial media, browsing, dan lainnya masih oke lah.

Untuk kemampuan kamera sudah tidak diragukan lagi. Meskipun banyak smartphone Android yang setara menawar resolusi kamera lebih besar, namun hasil kamera iPhone 6S relatif lebih baik kualitasnya.

Main Game di iPhone 6S

Sebenarnya tidak masalah untuk performa gaming pada iPhone 6S. Game HD alias berat yang sedang viral seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, Free Fire, dan sejenisnya masih bisa dijalankan dengan sangat lancar di perangkat ini. Bahkan mungkin akan memberi pengalaman yang lebih baik jika dibandingkan dengan perangkat Android yang setara.

Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah pada kapasitas baterai iPhone 6S yang tergolong sangat kecil, yakni 1.725 mAh saja. Tapi hal ini juga akan ditemui meskipun pada perangkat iPhone terbaru. iPhone 12 saja hanya memiliki baterai 2.815 mAh, yang tentu sangat kecil jika dibandingkan dengan HP Android yang sekarang punya kapasitas baterai 4.000 hingga 6.000 mAh.

Fitur iPhone 6S

Selain RAM yang mengalami peningkatan, banyak fitur baru yang disematkan pada iPhone 6S. Ada 3D Touch, Slowmotion, TouchID, dan beberapa lainnya yang tidak didapat pada seri iPhone di bawah nya.

Jadi iPhone 6S ini bisa menjadi iPhone termurah yang bisa dibeli dengan fitur paling lengkap.

• Apa iPhone 6S Masih Layak Dibeli?

Kenapa Harus Beli iPhone 6S?

Sobat wajib beli iPhone 6S, kalau: 

  • Pengen punya iPhone dengan harga terjangkau (2 jutaan)
  • Cari HP untuk kebutuhan normal sehari-hari (chatting, browsing, dan sosial media)
  • Tidak mementingkan fitur, model, dan HP terbaru
  • Hanya ingin sekedar mencoba iOS

Kalau Sobat memenuhi kriteria di atas, berarti iPhone 6S ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kapan lagi bisa menikmati fitur dan bergaya dengan perangkat iPhone hanya bermodal budget 2 jutaan?

Ditambah lagi Sobat juga akan mendapatkan berbagai kelebihan pada iPhone 6S yang sudah kita bahas, meskipun iPhone 6S ini bukan produk terbaru.

Kenapa Jangan Beli iPhone 6S?

Jangan sekali-kali beli iPhone 6S kalau Sobat: 

  • Punya budget lebih (bisa ambil seri di atasnya seperti iPhone 7 atau 8)
  • Cari HP untuk penggunaan full Gaming
  • Cari HP dengan fitur dan model terbaru
  • Ingin menggunakan fitur-fitur terbaru iPhone

Disarankan kalau Sobat punya budget lebih mending beli iPhone seri di atas 6S ya. Tentu Sobat akan mendapatkan spesifikasi dan kenyamanan yang lebih. iPhone 7 misalnya, bisa Sobat dapatkan di harga 3 jutaan saja kok. Cek di Apa iPhone 7 Masih Layak Dibeli?

Dan juga kalau Sobat cari HP untuk kebutuhan gaming yang lumayan tinggi, alias akan sering menggunakan HP untuk main game, tidak disarankan untuk ambil iPhone 6S. Selain kapasitas baterai yang kecil, kondisinya yang bukan baru memiliki potensi terjadinya kerusakan lebih tinggi yang disebabkan penggunaan game berlebih.

Tentu kalau Sobat mengharapkan fitur iPhone terbaru tidak akan ditemukan pada iPhone ini. Di atas kertas mungkin iPhone 6S bisa diupgrage hingga ke iOS 14, namun akan memberikan pengalaman yang kurang maksimal (lemot atau lag).

Harga iPhone 6S

Karena sudah discontinue alias tidak diproduksi lagi, hanya bisa didapat dalam kondisi bekas, untuk harga jagoangadget.com tidak bisa memberikan patokan yang pasti ya. Banyak faktor yang mempengaruhi harga HP bekas seperti kondisi HP dan semacamnya.

Tapi rata-rata iPhone 6S bekas dijual dengan harga:

  • iPhone 6S 16 GB Rp. 1.800.000
  • iPhone 6S 32 GB Rp. 2.100.000
  • iPhone 6S 64 GB Rp. 2.400.000

Sekali lagi harga tersebut tidak bisa menjadi patokan pasti ya, karena harga juga tergantung dari kondisi HP dan juga lokasi.

Sangat disarankan untuk ambil yang kapasitas internal 32 GB atau 64 GB ya Sobat, untuk penggunaan penyimpanan yang lebih nyaman.

Bagaimana dengan iPhone 6S Plus?

Untuk saudara kembarnya yang memiliki ukuran lebih besar, iPhone 6S Plus mungkin tidak perlu kita bahas ya Sobat. Karena hampir di semua sektor memiliki kesamaan dengan iPhone 6S.

Yang berbeda hanya di ukuran layar dan kapasitas baterai yang lebih besar. Tentu harganya juga lebih mahal dari iPhone 6S.

Kalau Sobat lebih suka HP yang besar, bisa ambil iPhone 6S Plus.

Info Penting :

Dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai IMEI HP dari luar negeri, ada kemungkinan IMEI iPhone second internasional alias iPhone bekas yang berasal dari luar Indonesia akan terdampak pemblokiran IMEI.

Tapi tenang, ada solusinya kok Sobat. Cek di Cara Mengatasi IMEI yang Diblokir.

Posting Komentar untuk "Apa iPhone 6S Bagus? Masih Layak untuk Dibeli?"