Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Beli? Simak dulu Kekurangan dan Kelebihan Samsung A22 5G berikut ini

 Beberapa brand HP sepertinya sedang bersaing ketat untuk mendapatkan predikat HP 5G terbaik dengan harga termurah. Realme mengawali dengan merilis produk HP 5G nya yakni Realme 8 5G, disusul Poco yang tak mau kalah dengan merilis Poco M3 Pro 5G bahkan menggunkan tagline "The Real 5G Killer". Pada Akhir bulan Juni kemarin Samsung pun resmi merilis smartphone terbarunya, Samsung Galaxy A22 5G.

Dibandingkan dengan Realme dan Poco, mungkin Samsung menjadi brand yang lebih dikenal dan dipercaya untuk masalah kualitasnya. Dengan harga yang bersaing, kebanyakan orang mungkin akan lebih memilih Samsung A22 5G ini dari ketiga HP baru yang sudah mendukung jaringan 5G.

Yakin pilih Samsung A22 5G? Simak dulu pembahasan berikut.

Kekurangan dan Kelebihan Samsung A22 5G

Sebelum membeli sebuah smartphone, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan apakah sebuah HP memang layak untuk dibeli.

Kekurangan dan Kelebihan Samsung A22 5G

Untuk harga, Samsung A22 5G ini dibanderol dengan harga yang relatif cukup murah. Ukuran sebuah HP Samsung di kelas menengah, harga 3 jutaan bukanlah nominal yang mahal. Apalagi build quality Samsung lebih terpercaya dibandingkan yang lainnya.

Masalah spesifikasi? Di atas kertas, ketiga HP 5G murah ini memiliki spesifikasi yang hampir sama. Akan agak sedikit sulit membedakannya, apalagi untuk pengguna yang awam tentang spesifikasi HP.

Jadi lebih baik kita menggunakan Kekurangan dan Kelebihan Samsung A22 5G untuk menjadi pertimbangan, apakah memang Samsung A22 5G ini HP 5G paling layak untuk dipinang.

Kelebihan Samsung A22 5G

Mungkin dari pembahasan Spesifikasi Samsung A22 5G kita juga bisa sekilas melihat apa saja kelebihan dari HP ini. Dan ada beberapa yang bisa disebut keunggulan, tapi juga ada di pesaingnya. Ada beberapa hal detail yang menjadi kelebihan, antara lain: 

1. Build Quality Bagus

Seperti yang kita sudah singgung di awal, Samsung memang sudah tidak diragukan lagi untuk urusan build quality. Sebagai brand yang ternama, tentu Samsung selalu menjaga kualitas dari HP yang diproduksinya.

Dengan menggenggam dan mengoperasikan langsung sebuah HP akan terasa bagaimana build quality dari sebuah HP.

Memang, tidak semua HP dari brand lain memiliki build quality yang lebih jelek dari Samsung. Tapi hal ini menjadi salah satu kelebihan Samsung A22 5G dibandingkan HP lain di kelasnya.

2. Harga Relatif Sangat Murah

Samsung memang sudah dikenal dengan kualitasnya, tapi juga dikenal dengan harganya yang relatif lebih mahal untuk HP yang setara dari brand lain.

Tapi kali ini, Samsung berhasil merilis produk HP yang dibanderol dengan harga berasing. Mungkin akan banyak yang lebih memilih HP dari Samsung hanya dengan menambah budget 200-300 ribu dibandingkan dari brand lain.

3. Desain Bagus

Kalau bicara soal desain, sebenarnya masalah selera. Tapi secara umum Samsung A22 5G memiliki desain yang cukup menarik dan anti-mainstream. Desain ini bisa menjadi sebuah kelebihan dan daya tarik tersendiri untuk orang yang memperhatikan masalah desain.

4. Dual SIM Slot & MicroSD Slot

Sebenarnya sih banyak HP yang sudah menggunakan SIM Tray dengan slot 2 SIM + 1 MicroSD. Tapi salah satu saingan dari Samsung A22 5G menggunakan SIM Tray Hybrid. Dimana pengguna hanya bisa menggunakan 1 SIM dan slot kedua harus memilih apakah ingin menggunakan SIM Card atau Memory External. Jadi ini bisa menjadi kelebihan dari HP Samsung Terbaru ini.

5. Menggunakan OneUI

OneUI memang produk dari Samsung, tentu sudah wajar jika HP Samsung menggunakan UI ini. Tapi User Interface ini dikenal lebih unggul dibandingkan UI brand HP lainnya. Selain lebih ringan, banyak yang menganggap UI ini membuat HP lebih efisien dan efektif untuk dioperasikan.

Kekurangan Samsung A22 5G

Apakah Samsung A22 5G memiliki kekurangn? Tentu saja, apalagi HP terbaru Samsung ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Apa saja kekurangannya?

1. Desain Terlihat Tebal

Samsung A22 5G bisa dibilang memiliki desain yang cukup jadul. Ukuran tebalnya yang mencapai 9 milimeter, membuat HP ini terlihat sangat tebal untuk HP zaman sekarang.

Apalagi dibagian bawah layar terdapat space yang cukup lebar, terlihat seperti dagu yang cukup besar. Dengan mengusung konsep "Infinity Display", seharusnya Samsung bisa memberikan desain dengan bezel yang lebih tipis.

Tapi kembali lagi, desain merupakan masalah selera. Kalau Sobat suka dengan desain ini, tentunya akan menjadi sebuah kelebihan.

2. Panel Layar TFT

Kalau Sobat kurang kenal dengan nama ini, Panel TFT setara dengan IPS. Rata-rata HP Samsung dikelas menengah sudah menggunakan panel layar yang lebih baik, yakni Super Amoled.

Sayangnya, Samsung hanya menggunakan Panel TFT untuk layar Samsung A22 5G. Selain kualitasnya sedikit rendah, layar dengan Panel TFT akan sulit dilihat saat di bawah sinar matahari. Tidak seperti Super Amoled yang lebih jernih dan tetap terlihat jelas meskipun dibawah terik sinar matahari.

3. Belum Ada NFC

Sebenarnya, teknologi ini sudah ada mulai beberapa tahun lalu. Namun karena mungkin jarang atau bahkan jarang digunakan pengguna smartphone di Indonesia, fitur NFC mulai dipangkas.

Setelah NFC mulai banyak dibutuhkan seperti untuk pembayaran E-Tol dan sejenisnya, banyak brand HP yang menyematkan kembali fitur ini seolah-olah sebuah fitur baru. Sayangnya, Samsung tidak memberikan fitur ini pada Samsung A22 5G.

Kesimpulan Kekurangan dan Kelebihan Samsung A22 5G

Sebagai HP Samsung terbaru yang sudah mendukung jaringan 5G, Samsung A22 5G memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan. Terutama masalah harga, kalau HP 5G lainnya hanya lebih murah 300 ribuan, kenapa tidak sekalian ambil Samsung? Toh spesifikasinya juga hampir sama.

Satu-satunya kekurangan yang mungkin jadi masalah untuk kebanyakan orang adalah tidak adanya NFC. Tapi, jika Sobat tidak begitu membutuhkan fitur ini atau memiliki solusi lain untuk kebutuhan NFC, Sobat bisa menjadikan Samsung A22 5G ini sebagai pilihan utama.

Posting Komentar untuk "Mau Beli? Simak dulu Kekurangan dan Kelebihan Samsung A22 5G berikut ini"