Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP 5G Termurah Poco M3 Pro 5G

 HP 5G Termurah - Xiaomi sepertinya sama sekali tidak mau kalah dari pesaing-pesaingnya. Baru beberapa waktu Realme merilis HP 5G yang ditawarkan sangat murah untuk sebuah HP yang sudah mendukung 5G, lewat sub-brand nya Xiaomi ikut merilis HP 5G yakni Poco M3 Pro 5G dengan harga yang lebih murah.

Dengan mengusung tagline "5G Killer", memang Poco M3 Pro ini menjadi pilihan HP 5G Termurah yang dibanderol dengan harga 2,5 jutaan saja. Menggeser Realme 8 yang sebelumnya menjadi HP 5G Termurah di harga 3 jutaan.

Tapi di artikel kali ini kita tidak akan membandingkan mana yang lebih bagus antara Realme 8 atau Poco M3 Pro 5G. Untuk komparasi keduanya akan kita bahas lebih detail pada artikel selanjutnya. Kali ini kita akan fokus mengenai spesifikasi dan performa dari Poco M3 Pro 5G ini. Apakah "worth it" untuk dibeli?

HP 5G Termurah Poco M3 Pro 5G

HP 5G Termurah

Tidak hanya menyingkirkan HP dari brand lain, Poco M3 Pro 5G ini juga menjadi saingan terberat untuk "saudara kandung" nya sendiri Poco M3. Dengan selisih harga 800 ribuan, mungkin orang yang sudah ambil Poco M3 menyesal setelah launching nya HP 5G Termurah ini.

Tapi tidak perlu khawatir untuk Sobat yang sudah beli Poco M3. Meskipun yang satu sudah 5G dan satu lagi masih 4G, tapi ada perbedaan spesifikasi dari kedua HP ini yang mungkin bisa membuatnya dibilang setara. Apa aja sih spesifikasi Poco M3 Pro 5G?

Spesifikasi Poco M3 Pro 5G

HP 5G termurah ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan generasi sebelumnya Poco M3 yang belum mendukung 5G. Dengan beberapa peningkatan yang menjadi kelebihan. Namun, ada beberapa juga yang mungkin malah menurun.

Untuk pecinta Chipset Qualcomm Snapdragon dan sudah terlanjur beli Poco M3, ini mungkin menjadi kabar baik. Poco M3 Pro 5G menggunakan Chipset Mediatek Dimensity 700. Apakah Mediatek lebih jelek? Sebenarnya tidak, namun ada beberapa pengguna yang lebih nyaman menggunakan Chipset Snapdragon.

Ada opini yang menyebutkan Chipset dari Mediatek ini setara dengan Snapdragon 732G. Jadi di sektor dapur pacu sebenarnya ada peningkatan. Tapi mungkin hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk menguras kocek lebih mahal 800 ribu untuk sekedar mendapatkan kecepatan yang "sedikit" lebih kencang bagi sebagian orang.

Untuk penyimpanan, pada Poco M3 Pro 5G belum ada peningkatan. Tetap dengan varian 4GB / 64GB atau 6GB / 128GB. Begitu juga di sektor kamera, masih tetap menggunakan Triple Camera dengan lensa utama 48MP.

Pada layar Poco M3 Pro 5G ini juga mengalami peningkatan. Meskipun lebarnya menjadi lebih kecil, 6,5 inchi, namun ada fitur lebih yang ditawarkan. Yakni refresh rate 90 Hz yang membuat pergerakan layar lebih smooth dan nyaman untuk dilihat. Fitur ini juga sudah mendukung Dynamic Refresh Rate Switching, yang bisa menyesuaikan refresh rate secara otomatis untuk daya yang lebih hemat.

Yang disayangkan, HP 5G Termurah ini hanya dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Dimana Poco M3 sudah memiliki baterai 6.000 mAh. Tapi untuk pengisian daya keduanya masih mendukung Fast Charging 18W.

Dan yang menjadi senjata andalan dari Poco M3 ini adalah jaringan 5G. Dengan harga yang ditawarkan, HP ini memang menjadi HP 5G Termurah yang ada untuk saat ini.

Untuk lebih detailnya bisa cek tabel di bawah: 

Spesifikasi Poco M3 Pro 5G
Layar IPS LCD 6,5 Inchi
Resolusi FHD+ 1080x2400 pixel (395 dpi)
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
OS Android 10, MIUI 12
Chipset Mediatek Dimensity 700
GPU Mali-G57 MC2
RAM 4 GB / 6 GB
Internal 64 GB / 128 GB
Kamera Utama ­• Lensa utama 48 MP
• Lensa Macro 2 MP
• Depth sensor 2 MP
Kamera Selfie 8 MP
Baterai 5.000 mAh Fast Charging 18 W

Kekurangan Poco M3 Pro 5G

Untuk mempersingkat, kita tidak akan membahas mengenai kelebihan HP ini. Karena memang spesifikasinya hampir mirip dengan Poco M3 HP RAM 4GB Harga 2 Juta. Banyak kelebihan yang membuatnya menjadi HP Terbaik dan hampir tidak ada saingan di kelasnya.

Jadi mungkin lebih baik kita membahas kekurangan dari HP 5G Termurah ini untuk pertimbangan apakah HP ini layak untuk dibeli? Karena memang selain beberapa peningkatan dan jaringan 5G nya, tidak ada kelebihan lain yang bisa disebutkan.

1. Speaker Mono

Kalau di Poco M3 ada speaker stereo yang menjadi salah satu kelebihan yang menarik, fitur ini tidak ada HP 5G Termurah ini. Padahal speaker stereo merupakan salah satu fitur yang sangat jarang ditemukan di HP kelas menengah. Fitur ini juga bisa memberi pengalaman lebih untuk penggunaan audio.

2. Baterai Lebih Kecil

Mungkin untuk memangkas harga sehingga bisa jadi HP 5G Termurah. Poco M3 Pro 5G mengalami "downgrade" dengan menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh saja. Yang mana generasi sebelumnya sudah menggunakan yang 6.000 mAh. Meskipun sama-sama mendukung Fast Charging 18W, tapi menggunakan baterai dengan kapasitas lebih kecil sangat disayangkan.

3. Slot SIM Card Hybrid

HP 5G Termurah ini juga menggunakan SIM Card Hybrid. Yang mana pengguna harus memilih menggunakan slot SIM 2 untuk kartu SIM atau MicroSD. Tidak bisa dual SIM on + memory eksternal.

Harga Poco M3 Pro 5G

• Rp. 2.599.000 untuk 4GB / 64GB

• Rp. 2.899.000 untuk 6GB / 128GB

Dilihat dari harganya saja, Poco M3 Pro 5G ini memang HP 5G Termurah yang bisa dibeli saat ini.

Apakah Poco M3 Pro 5G Bagus dan Layak Dibeli?

Kalau Sobat mengutamkan jaringan 5G, Poco M3 Pro 5G ini menjadi pilihan terbaik. Karena selain spesifikasinya yang lumayan untuk harganya, Poco M3 Pro 5G ini adalah HP 5G Termurah saat ini.

Tapi jika Sobat tidak begitu mementingkan jaringan 5G, mungkin banyak opsi lain untuk HP yang lebih "value for mony". Misal adiknya Poco M3 yang jaringannya masih 4G. Selain lebih murah, banyak juga hal yang lebih menarik daripada Poco M3 Pro 5G.

Untuk menghadirkan perangkat yang sudah mendukung jaringan 5G di harga yang murah, Poco sepertinya mau tak mau harus memangkas beberapa hal. Pada HP 5G Termurah ini terlihat, bahwa meskipun memiliki beberapa hal yang lebih tinggi di spesifikasinya, tapi jika dikomparasikan dengan Poco M3 yang jaringannya belum 5G masih bisa dibilang setara.

Posting Komentar untuk "HP 5G Termurah Poco M3 Pro 5G"