Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Cara Mudah Screenshot Samsung A12 Tanpa Tombol

 Cara Screenshot Samsung A12 - Sering kali kita menggunakan screenshot untuk menangkap gambar pada layar. Misal saat kita mendapat informasi melalui pesan dan ingin meneruskannya, kita tinggal screenshot pesan tersebut dan langsung mengirimkan gambar untuk meneruskan pesan. Jadi tidak perlu repot-repot ketik ulang.

Seiring berkembangnya teknologi, fitur screenshot pada smartphone pun semakin canggih. Banyak cara screenshot yang bisa kita lakukan untuk menangkap gambar di layar HP.

Samsung A12 merupakan salah satu HP 1 Jutaan dengan spesifikasi yang cukup bagus. Meskipun bukan tergolong HP baru, Samsung A12 ini masih banyak peminatnya. Sobat salah satu pengguna smartphone ini? Bingung cara screenshot Samsung A12? Tenang, berikut jagoangadget.com akan membagikan beberapa cara screenshot Samsung A12.

Cara Screenshot Samsung A12

Ada 3 cara yang bisa Sobat gunakan untuk menangkap gambar layar di HP Samsung A12. Salah satunya mungkin Sobat banyak yang sudah tahu.

1. Screenshot Tombol Fisik

Cara Screenshot Samsung A12 yang pertama adalah dengan menggunakan tombol fisik, tepatnya tombol volume bawah dan tombol power. Cara ini sebenarnya adalah cara yang paling familiar dan bisa digunakan di berbagai tipe smartphone Android.

Untuk Sobat yang belum tahu caranya adalah sebagai berikut: 

  • Tampilkan tampilan yang gambarnya ingin ditangkap pada layar
  • Lalu, untuk screenshot tekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan
  • Screenshot berhasil ditangkap ketika ada efek layar berkedip atau efek suara
  • Hasil screenshot akan muncul di bilah notifikasi
  • Sobat juga bisa mengakses hasil screenshot melalui Galeri

Untuk cara screenshot Samsung A12 menggunakan tombol sering kali gagal. Ketika tombol power dan volume bawah ditekan, malah masuk ke menu untuk menonaktifkan HP. Hal ini disebabkan karena menekan tombol terlalu lama. Untuk menghindari gagal screenshot, tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan jangan terlalu lama.

Kekurangan dari cara ini adalah dengan menggunakan tombol. Terlalu sering menggunakan tombol di HP juga bisa menyebabkan tombol cepat rusak. Karena tombol fisik di HP juga punya umur penggunaan, ketika sering digunakan maka kemungkinan terjadi kerusakan juga semakin besar.

2. Screenshot Swipe Layar

Cara screenshot Samsung A12 berikutnya lebih mudah dan praktis, karena tidak perlu menekan tombol. Hanya dengan mengusap (swipe) layar dengan menggunakan tangan dari kiri ke kanan, dan hasil screenshot pun sudah bisa dilihat di galeri.

Cara ini bisa digunakan pada beberapa tipe HP Samsung, terutama untuk yang terbaru.

Namun, untuk bisa melakukan fitur ini harus mengaktifkan pada menu pengaturan terlebih dahulu. Caranya: 

  • Buka "Pengaturan" atau "Settings"
  • Cari pilihan "Advanced Features" atau "Fitur/Pengaturan Lanjutan"
  • Pada menu tersebut cari "Motions and Gestures"
  • Aktifkan "Palm Swipe to Capture"
  • Cari area yang akan di-screenshot

Setelah diaktifkan, Sobat bisa menggunakan cara screenshot Samsung A12 dengan swipe layar.

Agar berhasil melakukan swipe screenshot, gunakan bagian samping tangan yakni dari pergelangan tangan hingga ujung jari kelingking. Cara screenshot ini tidak bekerja jika menggunakan bagian telapak tangan atau lainnya.

Cara Screenshot Samsung A12

Swipe untuk screenshot memang cara yang mudah untuk menangkap gambar layar HP, namun cara ini juga memiliki kekurangan. Yakni saat kondisi tangan basah atau terlalu kesat sehingga sulit mengusap layar.

3. Screenshot dengan Fitur Google Assistant

Seperti yang kita bahas pada artikel sebelumnya "Cara Berbicara dengan Google Assistant", fitur ini memang memiliki banyak fungsi. Salah satunya untuk menangkap gambar layar atau screenshot.

Cara screenshot ini juga tidak hanya bisa digunakan Samsung A12, tapi semua smartphone berbasis Android yang mendukung fitur Google Assitant.

Caranya cukup mudah, pertama ucapkan "Ok, Google" pada HP. Setelah fitur Google Assistant muncul, ucapkan "Ambil Screenshot".

Fitur ini membutuhkan izin untuk melakukan screenshot. Biasanya, setelan awal tidak memberikan izin untuk screenshot. Agar bisa screenshot dengan fitur Google Assistant, aktifkan terlebih dahulu dengan cara ini: 

  • Buka fitur asisten dengan ucapkan, "Ok, Google"
  • Kemudian ucapkan "Setelan Asisten Google"
  • Sobat akan diarahkan ke halaman setelan
  • Cari menu "Umum"
  • Disana aktifkan "Mendonasikan Screenshot"

Setelah aktif Sobat bisa menggunakan cara screenshot Samsung A12 dengan bantuan Google Assitant. Dengan mengucapkan "Ok, Google" kemudian "Ambil ScreenShot" atau "Screenshot". (Dibaca : Skrinsot)

Jika pengaturan bahasa di HP Sobat menggunakan bahasa Inggris atau bahasa lainnya selain bahasa  Indonesia, tenang saja, Google bisa mendeteksi bahasa yang berbeda.

Ada kekurangan pada fitur ini? Mungkin ketika kondisi terlalu bising atau pengucapan perintah yang tidak jelas bisa membuat Google Assitant tidak bisa melakukan perintah dengan benar. Tapi dengan perkembangan fitur, sepertinya Google juga bisa mendeteksi pengucapan perintah yang salah sehingga bisa membenarkannya dan menjalankan perintah tersebut.

Kesimpulan Cara Screenshot Samsung A12

Well, itu dia 3 cara screenshot Samsung A12. Cara paling sering digunakan untuk menangkap gambar layar di HP adalah dengan menggunakan tombol. Selain itu cara ini juga dipakai pada semua smartphone terutama yang berbasis Android. Namun, sayangnya cara ini bisa membuat tombol jadi lebih cepat rusak jika sering digunakan.

Solusinya, Sobat bisa menggunakan cara 2 dan 3 untuk screenshot di Samsung A12. Masing-masing cara juga memiliki kekurangan, gunakan cara yang tepat pada kondisi tertentu.

Sebenarnya juga ada beberapa cara lainnya, namun cara tersebut dinilai kurang efektif dan efisien untuk melakukan screenshot pada HP. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ya, untuk apa kita menginstal sebuah aplikasi hanya untuk screenshot di HP? Toh ada beberapa fitur dari HP yang bisa digunakan untuk menangkap gambar layar.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mudah Screenshot Samsung A12 Tanpa Tombol"