Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Google Hangout, Aplikasi Chat dari Google

 Cara Menggunakan Google Hangout - Fungsi utama HP tentu sebagai alat komunikasi. Di era smartphone seperti sekarang ini, komunikasi lebih sering dilakukan dengan cara online. Banyak platfrom komunikasi yang bisa digunakan.

Aplikasi Messanger apa yang sering Sobat gunakan? Whatsapp? Line? Telegram? Tahukah Sobat bahwa ada satu aplikasi yang bisa digunakan untuk chatting, telepon, atau video call yang mungkin masih jarang digunakan tapi menarik untuk dicoba.

Cara Menggunakan Google Hangout

Cara Menggunakan Google Hangout

Google Hangout adalah salah satu platform komunikasi yang perangkat telepon pintar. Dari namanya sudah jelas, aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan produk dan jasa internet terbesar yakni Google.

Sebelum membahas mengenai Cara Menggunakan Google Hangout, mari kenali lebih jauh mengenai Aplikasi Messanger ini.

Apa itu Google Hangout?

Seperti yang sudah disebutkan, Google Hangout merupakan Aplikasi Messanger seperti Whatsapp, Telegram, dan sejenisnya. Fungsinya pun juga kurang lebih sama, tapi memang aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya.

Biasanya aplikasi ini sudah terpasang alias menjadi aplikasi bawaan pada produk smartphone berbasis Android. Ya memang Android merupakan salah satu produk dari Google yang Open Source sehingga banyak produsen smartphone yang menggunakannya.

Cara Menggunakan Google Hangout

Untuk penggunaannya kurang lebih sama seperti Aplikasi serupa lainnya. Mimin yakin, Sobat pasti paham tanpa harus membaca manualnya. Tapi jagoangadget.com akan tetap membagikan Cara Menggunakan Google Hangout sebagai berikut: 

Sobat bisa langsung otomatis memiliki akun Google Hangout jika smartphone Sobat sudah terhubung dengan akun GMail. Sobat bisa menambahkan nomer HP juga untuk identitas akun Google Hangout Sobat.

Karena otomatis sudah ada akun, Sobat bisa langsung menggunakan Google Hangout untuk berkomunikasi.

Cara Memulai Percakapan Google Hangout

  • Buka Aplikasi Google Hangouts
  • Pilih "tambah" berlogo + yang terletak di kanan bawah
  • Pilih orang atau kontak
  • Ruang chat akan dibuat, Sobat bisa memulai percakapan

Tidak kalah dengan aplikasi lainnya, Google Hangout juga memiliki fitur-fitur yang mendukung dan bisa membuat obrolan jadi lebih menarik. Seperti kirim gambar, video, dan file lainnya. Banyak juga emoji dan sticker menarik yang bisa digunakan.

Google Hangout juga bisa digunakan untuk telepon dan Video Call, bahkan tidak hanya dengan satu orang tapi juga bisa konferensi atau lebih dari 2 orang.

Untuk bisa menggunakan fitur yang ada pada Google Hangout ini Sobat bisa mengaksesnya langsung di ruang obrolan (chat room).

Kelebihan dan Kekurangan Google Hangout

Mimin bisa bilang Google Hangout merupakan salah satu aplikasi yang sangat bagus, namun sayangnya masih sedikit yang menggunakannya. Kenapa? Karena Google Hangout ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Google Hangout

  • Tidak berbayar alias gratis
  • Terintegrasi dengan Aplikasi Google lainnya
  • Tampilan sederhana
  • Penggunaan mudah
  • User Friendly
  • Data aman
  • Fitur tidak kalah lengkap
  • Terus berkembang seiring perkembangan Aplikasi Google lainnya

Mungkin yang bisa menjadi sorotan dari kelebihan Google Hangout adalah aplikasi ini merupakan milik Google, sehingga sudah tentu terintegrasi dengan Aplikasi Google lainnya. Dimana banyak aplikasi-aplikasi dari Google yang selalu kita gunakan saat ini.

Selain itu, bisa dibilang Google selalu memberikan inovasi-inovasi teknologi yang menarik. Tidak menutup kemungkinan suatu saat ada inovasi yang menarik dan kita butuhkan pada Aplikasi Google Hangout.

Kekurangan Google Hangout

Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak banyak pengguna yang menggunakan Google Hangout sebagai Messanger utama untuk berkomunikasi. Bahkan banyak juga pengguna yang tidak memiliki aplikasi ini pada smartphonenya. Padahal biasanya Google Hangout menjadi aplikasi bawaan smartphone-smartphone Android.

Karena penggunanya sedikit, jadi rasanya sulit untuk bisa menggunakan Google Hangout sebagai aplikasi komunikasi utama di smartphone kita.

Kesimpulan

Cara Menggunakan Google Hangout sangat mudah, hampir sama seperti aplikasi sejenis. Dengan berbagai kelebihannya, seharunya Google Hangout bisa memiliki lebih banyak pengguna. Apalagi aplikasi ini milik Google.

Sayangnya memang Google Hangout kalah pamor dengan aplikasi serupa seperti Whatsapp, Telegram, dan lainnya sehingga penggunanya sedikit. Hal ini juga membuat kesulitan pengguna baru untuk menggunakan Google Hangout dan menjadikannya aplikasi komunikasi utama di smartphonenya.

Semoga Google Hangout bisa memiliki banyak pengguna, sehingga kita bisa menggunakan Google Hangout ini untuk berkomunikasi lebih luas.

Mau coba menggunakan Google Hangout? Bisa download di sini.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Hangout, Aplikasi Chat dari Google"