Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Hilang pada HP Semua Merk

 Cara Mengatasi Sinyal Hilang pada HP - Apa jadinya HP tanpa sinyal? Apalagi untuk sebuah smartphone, dimana hampir semua fitur dan fungsinya membutuhkan akses internet, yang tentu butuh sinyal juga.

Mungkin menggunakan Wifi bisa menjadi solusi untuk bisa mengakses internet tanpa sinyal atau jaringan seluler. Tapi apa enak cuma bisa pakai Wifi saja? Sudah pasti HP tidak bisa dibawa terlalu jauh dari jangkauan Wifi. Yang mana HP merupakan perangkat "mobile" yang harusnya mudah dibawa kemana-mana.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang

Pasti kita akan bingung jika HP kita mengalami sinyal. Bagaimana cara mengatasi HP yang sinyalnya hilang? Langsung dibawa ke tempat servis HP?

Eits, tunggu dulu. Sebelum memutuskan untuk memilih solusi untuk masalah hilangnya sinyal HP, kita simak dulu penjelasan berikut.

Penyebab Sinyal Hilang pada HP

Agar bisa mengambil langkah yang tepat untuk cara mengatasi sinyal hilang pada HP, kita harus mengenali dulu penyebab dari hilangnya sinyal.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sinyal di HP hilang, antara lain: 

Kerusakan Hardware

Kerusakan komponen hardware bisa mempengaruhi fungsi sebuah HP. Untuk kendala jaringan biasanya kerusakan terjadi pada IC PA, IC WTR, dan beberapa komponen lain yang berbeda setiap HP.

Tentu satu-satunya solusi untuk mengatasi HP hilang sinyal yang disebabkan kerusakan hardware adalah menggantinya. Disarankan untuk menyerahkan penggantian komponen kepada ahli seperti Service Center atau tempat reparasi HP.

• Kerusakan Software

Kesalahan pengaturan jaringan, bug pada sistem operasi, hingga adanya malware atau virus termasuk kerusakan software yang bisa menyebabkan sinyal hilang pada HP.

Jika Sobat habis oprek atau utak-atik OS HP, bisa juga menyebabkan adanya crash pada sistem operasi sehingga menyebabkan sinyal di HP hilang. Bisa dibilang CUSROM yang Sobat gunakan tidak cocok dengan HP.

• SIM Card Rusak

Adanya kerusakan fisik pada SIM Card juga bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal di HP. Usia juga bisa menjadi faktor rusaknya SIM Card, sehingga HP tidak bisa membaca atau mendeteksinya.

Selain itu, kemungkinan lainnya adalah kartu SIM Card yang hangus masa berlakunya. Karena lupa isi pulsa untuk memperpanjang masa aktif, SIM Card jadi hangus dan sinyal hilang.

• IMEI Diblokir

Peraturan dari Pemerintah pada 2020 lalu mengharuskan IMEI HP harus terdaftar di database Kemenperin. Jika IMEI tidak terdaftar, maka akan diblokir sehingga HP tidak mendapatkan layanan jaringan alias sinyal.

Nah, bisa jadi penyebab hilangnya sinyal dari HP yang Sobat miliki adalah karena IMEI nya diblokir. Karena masih banyak HP-HP dari luar yang tidak terdaftar IMEI nya di Indonesia. Bisa jadi Sobat beli HP bekas yang ternyata itu dari luar.

Seperti yang kita bahas di artikel Cara Cek IMEI Terblokir atau Tidak, Sobat bisa langsung mengakses situs resmi Kemenperin untuk memeriksa IMEI dari HP Sobat tersebut.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang pada HP

Cara Mengatasi Sinyal Hilang pada HP yang Benar

Saat mengalami sinyal hilang pada HP, Sobat tidak perlu langsung membawanya ke Service Center atau reparasi HP untuk memperbaikinya. Setelah mengetahui apa saja yang jadi penyebab hilangnya sinyal pada HP, Sobat bisa mencari tahu kemungkinan penyebab sinyal hilang.

Selain itu, ada saja oknum tukang servis nakal yang mencari kesempatan dalam kesempitan untuk mencari keuntungan. Kalau Sobat sembarangan memperbaiki HP di tempat yang kurang terpercaya, bisa saja kerusakan ringan (software) dibilang kerusakan yang berat untuk mendapatkan ongkos lebih mahal.

Jadi Sobat bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cara mengatasi sinyal hilang pada HP: 

1. Reset Jaringan

Langkah paling awal dan mudah saat tiba-tiba sinyal HP hilang adalah mereset jaringan. Caranya cukup mudah, Sobat hanya perlu mengaktifkan mode pesawat kemudian non-aktifkan. Dengan begitu jaringan akan tereset.

Sobat juga memeriksa setelan DNS pada pengaturan jaringan. Tapi biasanya untuk smartphone yang sudah canggih zaman sekarang pengaturan ini sudah otomatis.

2. Periksa Pembaruan (Update)

Ada juga kemungkinan hilangnya sinya HP dikarenan versi sistem operasi yang lama atau sudah tidak mendukung. Untuk itu, Sobat bisa cek pembaruan atau update sistem pada pengaturan. Jika ada, segera lakukan pembaruan.

3. Reset Pabrik (Factory Reset)

Hilangnya sinyal HP juga bisa disebabkan oleh adanya malware atau virus. Malware ini bisa masuk dari unduhan atau aplikasi yang diinstal dari luar Playstore atau Appstore. Untuk mengatasinya, Sobat bisa melakukan reset pabrik untuk menghapus semua data di HP. Jangan lupa untuk backup data di HP terlebih dahulu.

Cara reset pabrik setiap HP berbeda. Sobat bisa mencarinya di pengaturan, biasanya pada menu penyimpanan. Cari pilihan "Reset Pabrik" atau dalam bahasa Inggris "Factory Reset".

4. Flash Ulang

Kalau Sobat tidak pernah oprek atau utak-atik "daleman" HP mungkin bisa skip langkah ini. Tapi kalau ingin mencoba cara ini untuk mengatasi sinyal HP yang hilang, boleh saja.

Kesalahan CUSROM yang dipakai untuk oprek OS HP bisa menyebabkan hilangnya sinyal. Untuk itu flashing mungkin bisa menjadi solusi. Untuk cara flash HP masing-masih merk bahkan tipe berbeda. Mungkin Sobat bisa tanya di kolom komentar  dan mimin akan membagikan cara flash nya,

5. Unblock IMEI

Kemungkinan lain yang menjadi penyebab sinyal hilang adalah IMEI yang terblokir. Dan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuka blokir IMEI. Sayangnya hal ini tidak mungkin bisa dilakukan sendiri.

Untunya ada rekanan jagoangadget.com yang menyediakan Jasa Unblock IMEI. Sobat bisa menggunakan jasa ini untuk membuka blokir IMEI agar sinyal di HP bisa muncul kembali.

Apakah aman dan terpercaya? Tenang, pembayaran bisa dilakukan setelah IMEI sudah tidak terblokir dan sinya sudah muncul pada HP. Jadi dijamin aman dan terpercaya.

Mau pakai jasa ini atau sekedar tanya-tanya dulu? Langsung klik HUBUNGI KAMI

Oh iya, Sebelumnya Sobat pastikan dulu ya kalau IMEI dari HP yang sinyalnya hilang tidak terdaftar di situs Kemenperin.

6. Reparasi atau Servis

Jika langkah 1 hingga 4 tidak bisa mengatasi sinyal hilang pada HP, bahkan IMEI juga terdaftar di situs Kemenperin, kemungkinan besar masalah ada pada kerusakan hardware.

Untuk kasus ini satu-satunya solusi adalah memperbaiki dengan mengganti komponen yang rusak. Disarankan untuk membawa langsung ke Service Center dari HP nya ya Sobat. Jika ingin menggunakan jasa tukang servis HP, cari yang benar-benar terpercaya dan recommended.

Nah, jadi itu ya Sobat penyebab hilangnya sinya di HP dan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat mengatasi masalah hilangnya sinyal pada HP. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Hilang pada HP Semua Merk"