Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Ampuh untuk Mengatasi Laptop yang Lemot Windows 7

 Masalah Laptop lemot pasti sering dialami banyak orang. Terutama untuk yang menggunakan Laptop lama dengan spesifikasi yang "pas-pasan". Apalagi software-software zaman sekarang membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi. Laptop "kentang" tentu akan kewalahan menjalankan beberapa software sekaligus.

Cara paling ampuh untuk mengatasi Laptop yang lemot ya ganti dengan Laptop yang lebih tinggi spesifikasinya. Tapi apa gak ada cara lain selain ganti Laptop?

Tenang, disini jagoangadget.com bakal membagikan Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7. Agar lebih tepat sasaran, artikel ini akan fokus mengenai Laptop lemot yang menggunakan Windows 7, untuk Windows lainnya kita bahas di artikel selanjutnya ya Sobat.

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Windows 7

Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan, meskipun versi ini bisa dikatakan jadul.

Tapi karena jadul itulah, Windows versi ini belum terlalu banyak fitur. Sehingga membuatnya cukup ringan dan bersahabat untuk Laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Bahkan tidak sedikit juga yang bilang bahwa Windows 7 ini memiliki performa dan kompabilitas yang lebih baik dibandingkan Windows 8.

Tapi apakah dengan Windows 7 yang ringan dan performa yang bagus menjamin Laptop tidak akan lemot? Tidak, masih banyak pengguna yang mengalami lemot. Karena lemotnya sebuah Laptop bisa disebabkan karena berbagai hal.

Penyebab Laptop Lemot di Windows 7

Agar bisa mengatasi permasalahan lemot pada Laptop, akan lebih baik jika Sobat mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan Laptop jadi lemot.

• Terlalu banyak Program
Laptop bisa menjadi lemot jika kita terlalu banyak menginstal program atau Software. Terutama untuk "Startup Program", yakni Program atau Software yang otomatis berjalan ketika Laptop dinyalakan. Dengan banyaknya program yang berjalan, membuat kapasitas RAM tersedia semakin sedikit dan Laptop menjadi lemot.

• Spesifikasi Kurang Mumpuni
Laptop dengan processor kurang cepat, kapasitas RAM kecil, dan Hard Disk yang kurang besar juga bisa menjadi penyebab Laptop Lemot. Spesifikasi Laptop sangat mempengaruhi kencang atau tidaknya performa sebuah Laptop.

• Terkena Virus
Ada berbagai macam Virus Komputer dengan segala cara kerjanya. Beberapa diantaranya bisa membuat Laptop menjadi lemot.

• Belum Update Windows
Lemotnya Laptop juga bisa disebabkan karena adanya update atau pembaruan yang diinstal.

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Windows 7

Nah, setelah Sobat mengetahui bahwa ada beberapa penyebab yang menjadikan Laptop Lemot, Sobat bisa menyimak beberapa Cara Mengatasi Laptop yang Lemot berikut ini.

1. Kurangi Program dan Software

Jika Laptop dirasa lemot, Sobat bisa melihat Program atau Software apa saja yang terinstal. Bisa jadi penyebab Laptop lemot adalah karena terlalu banyak Program yang terpasang.

Untuk itu cara paling ampuh mengatasinya adalah mengurangi atau menghapus Program yang tidak terlalu diperlukan.

Selain ada program yang otomatis berjalan ketika Laptop dinyalakan, yang akan memakan kapasitas RAM. Banyaknya Program terpasang juga bisa membuat Hard Disk penuh dan Laptop menjadi lemot, meskipun tidak menggunakan RAM.

2. Upgrade Komponen Laptop

Bagaiman jika sudah mengurangi Program tapi Laptop tetap lemot? Sedangkan yang tersisa Program penting dan dibutuhkan sehingga tidak mungkin dihapus. Apa terpaksa harus ganti Laptop?

Tidak, Sobat bisa mencoba untuk melakukan upgrade pada komponen Laptop. Komponen yang akan mempengaruhi kecepatan dan harganya paling murah adalah RAM. Sobat bisa mengganti kapasitas RAM Sobat dengan yang lebih besar.

Biasanya Laptop minimal memiliki kapasitas RAM 2 GB. Sobat bisa menggantinya dengan RAM 4 GB yang harganya kisaran 400 ribu Rupiah, dan bisa lebih murah jika kondisi second atau bekas.

Selain RAM, Sobat juga bisa menambah kapasitas Hard Disk Laptop agar performa lebih baik dan lebih lega untuk Program yang ingin diinstal.

3. Pindai Laptop

Jangan lupa juga selalu cek Anti-Virus dan lakukan pemindaian pada Laptop. Mungkin saja ada virus yang menyebabkan Laptop jadi lemot.

Jika memang ada Virus, segera hapus agar Laptop menjadi tidak lemot lagi.

4. Matikan Anti-Virus

Cara satu ini mungkin bisa membahayakan Laptop. Tapi Anti-Virus merupakan salah satu "Startup Programs" yang bisa membuat Laptop lemot. Sobat bisa mematikan Anti-Virus ketika bekerja namun Laptop dirasa lemot.

Tapi perlu diingat, nyalakan kembali saat Sobat ingin download dari Internet atau memasukan data dari luar ke Laptop.

5. Update Windows

Jika Laptop tiba-tiba menjadi lemot, Sobat bisa cobat merestart Laptop, mungkin ada pembaruan. Jika memang ada pembaruan maka pada pilihan restart tertulis "Update and Restart".

Jika memang Laptop lemot dikarenakan ada pembaruan, Laptop akan kembali normal setelah melakukan cara ini.

6. Hapus Bloatware

Bloatware adalah nama untuk Software yang otomatis terpasang saat pembelian perangkat Laptop, bisa dibilang ini adalah Software bawaan dari pabrik. Kebanyakan software-software bawaan ini tidak banyak dibutuhkan pengguna, jadi hanya menghabiskan RAM dan Hard Disk sja.

Jika Sobat memang merasa tidak membutuhkannya, Sobat bisa menghapusnya dengan cara:

  • Buka Start Menu
  • Control Panel
  • Uninstall or change program
  • Lalu hapus yang Sobat tidak perlukan

7. Lakukan Defrag Hard Disk

Sederhananya, Defrag Hard Disk adalah menyusun kembali file-file yang diperbaruhi dan tersimpan di perangkat laptop. Dengan melakukan ini dipercaya bisa membuat performa laptop jadi lebih ringan dan jadi tidak lemot. Caranya: 

  • Buka Control Panel
  • System and Security
  • Pilih opsi Defragment and Optimize your drive 
  • Pilih drive yang akan didefrag
  • Jalankan defragment.

8. Bersihkan Hard Disk

Sobat juga bisa membersihkan hard disk dari file tidak penting seperti temporary file, sampah, atau cache yang ada. Caranya cukup mudah: 

  • Buka Start menu
  • All Programs
  • Accessories
  • System Tools
  • Disk Cleanup

Atau Sobat juga bisa menggunakan software seperti CCleaner dan sejenisnya untuk pembersihan yang lebih efektif dan mudah.

Kesimpulan Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Windows 7

Kebanyakan penyebab Laptop Lemot di Windows 7 adalah karena perangkat tidak mampu menjalankan semua program yang ada. Jadi, secara umum solusinya adalah dengan mengurangi beban yang harus dijalankan sehingga performa Laptop bisa lebih baik dan tidak lemot.

Solusi lainnya bisa dengan meningkatkan kemampuan Laptop seperti mengganti kapasitas RAM dengan yang lebih besar, dimana komponen ini merupakan komponen yang penting untuk menjalankan beberapa program.

Membersihkan Laptop dari file-file yang tidak perlu juga bisa membuat laptop tidak lemot. Bisa dengan cara manual dengan fitur Disk Cleanup ataupun software pembersih.

Jadi Sobat bisa menggunakan Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Windows 7 diatas agar Laptop tidak lemot. Jika cara di atas tidak menyelesaikan permasalahan, mungkin kebutuhan Sobat memang Laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Mau tidak mau Sobat harus ganti. Semoga membantu

Posting Komentar untuk "8 Cara Ampuh untuk Mengatasi Laptop yang Lemot Windows 7"