Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Membuat Footnote di Google Docs

 Cara Membuat Foot Note di Google Docs - Sering bertemu dengan urusan ketik-mengetik? Misal membuat laporan pekerjaan, tugas, dan sebagainya. Tentu sudah tidak asing dengan program atau software pengolah kata.

Google Docs merupakan salah satu program pengolah kata dari Google yang cukup unik. Kenapa? Karena program ini berbasis web. Dengan kata lain, untuk menggunakannya kita harus memiliki akses internet alias online.

Tidak hanya bisa diakses dari web, Google Docs ini juga bisa diakses melalui aplikasi yang terpasang pada smartphone. Bisa download dengan klik link di bawah: 

Google Docs

Di zaman seperti ini dimana semua menggunakan internet, Google Docs memang menjadi pilihan utama untuk urusan per"dokumen"an. Apalagi dengan adanya aplikasi pada smartphone, memudah penggunanya untuk mengakses Google Docs dimanapun.

Banyak kelebihan yang dimiliki Google Docs ini. Salah satunya adalah bisa disimpan secara online. Jadi kita tidak perlu bingung memindah-mindah file dokumen yang kita butuhkan menggunakan perangkat penyimpanan. Dan yang tidak kalah penting, aplikasi ini bisa digunakan dengan berbagai fitur yang lengkap secara gratis.

Jika ingin mencetak dokumen yang telah kita buat, kita tinggal masuk ke akun Google kita, buka Google Docs, dan cetak. Kita bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun.

Cara Membuat Footnote di Google Docs

Cara Membuat Footnote di Google Docs

Sayangnya, beberapa perintah atau penggunaan dari Google Docs ini sedikit berbeda dengan program pengolah kata "konvensional" yang lebih sering dipakai sebelumnya.

Salah satunya adalah Footnote atau dalam bahasa Indonesia "Catatan Kaki". Tidak sedikit pengguna yang belum mengetahui Cara Membuat Footnote di Google Docs.

Apa itu Footnote atau Catatan Kaki?

Menurut Wikipedia, "Footnote atau Catatan kaki adalah catatan yang berada di bagian bawah dari halaman karya ilmiah. Fungsi catatan kaki adalah sebagai tempat pencantuman identitas sumber rujukan dari pengutipan informasi di bagian badan teks atau badan paragraf."

Footnote ini sering kali digunakan penulis pada karyanya, baik tulisan konvensional (tulisan tangan, buku, dsb) maupun karya tulisan digital (e-book).

Selain sebagai identitas, Footnote ini juga biasanya berfungsi sebagai penunjuk sumber kutipan. Agar sebuah karya terhindar dari plagiarisme dengan memberikan sumber dimana kutipan tersebut berasal. Disamping itu juga Footnote ini juga memudahkan pembaca jika ingin menemukan sumber dari kutipan tersebut.

Cara Membuat Footnote di Google Docs Web

Untuk Sobat yang belum tahu cara membuat Footnote di Google Docs, bisa mengikuti langkah berikut ini: 

  1. Tentu hal yang pertama harus dilakukan adalah membuka situs Google Docs
  2. Log in, jika Sobat belum masuk ke akun Google
  3. Pilih Dokumen yang ingin diberi Footnote (jika sudah ada sebelumnya)
  4. Pilih "Sisipkan", kemudian "Catatan Kaki"
  5. Untuk setelan bahasa Inggris pilih "Insert", lalu "Footnote"
  6. Jika Sobat sulit kesulitan menemukan menu tersebut, Sobat bisa menggunakan shortcut dengan menekan "CTRL + ALT + F" pada keyboard

Selesai, Sobat bisa mengisi Footnote atau Catatan Kaki yang diinginkan pada tempat yang disediakan.

Lalu bagaimana untuk membuat Footnote di Google Docs via aplikasi?

Sayangnya, untuk aplikasi Google Docs atau Google Dokumen belum mendukung untuk penambahan catatan kaki pada sebuah halaman.

Jadi, jika Sobat ingin menambahkan atau membuat sebuah Footnote pada halaman Google Docs, Sobat harus mengaksesnya melalui situs web melalui PC.

Apakah bisa melakukan Cara Membuat Footnote di Google Docs melalui web menggunakan HP? Tidak bisa, karena perangkat terdeteksi mobile sehingga situs akan ditampilkan dengan tampilan mobile (sama seperti versi aplikasi).

Kesimpulannya untuk membuat Footnote di Google Docs Sobat harus menggunakan PC yakni laptop atau komputer.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Footnote di Google Docs"