Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Cadangan Pesan WA di Google Drive

 Cara Melihat Cadangan Pesan WA di Google Drive - Percakapan atau chat pada aplikasi WA bisa kita buka dan lihat setiap saat. Mungkin ada hal-hal penting di chat atau semacamnya, kita tinggal membuka kembali untuk melihatnya.

Apalagi kalau WA digunakan untuk Bisnis Online, pasti banyak pesan-pesan penting terkait bisnis. Kalau sampai hilang tentu sangat merepotkan.

Lalu bagaimana jika ternyata pesan tak sengaja terhapus, mungkin saat mencopot pemasangan aplikasi WA atau HP tereset. Apakah tidak bisa pesan yang terhapus dikembalkan?

Cara Melihat Cadangan Pesan WA di Google Drive

Untungnya, ada fitur Cadangan Pesan di WA. Yakni pesan yang yang ada sebelumnya bisa tersimpan disebuah media penyimpanan online. Pesan WA bisa dicadangkan pada Google Drive.

Ketika sudah dicadangkan, pesan WA bisa dipulihkan kembali. Sehingga pengguna bisa melihat pesan-pesan yang tak sengaja terhapus.

Cara melihat cadangan chat WA di Google Drive

1. Masuk ke akun Google Drive anda

2. Pilih "Setalan" (roda gigi di kanan atas)

3. Pilih "Kelola Aplikasi"

4. Cari pilihan "WhatsApp"

5. Lalu tunggu hingga muncul tampilan 'Data Aplikasi Tersembunyi'.

Cara melihat cadangan pesan WA di Google Drive ini merupakan cara lama. Karena perkembangan dan pembaruan fitur dari Google Drive maupun WA terus berlanjut hingga sekarang, ada kemungkinan cara tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

Tapi tenang, ada cara melihat cadangan pesan WA di Google Drive baru yang bisa Sobat gunakan.

Cara Memulihkan Cadangan Pesan WA di Google Drive

Cara melihat pesan WA di Google Drive yang baru adalah dengan memulihkan cadangan tersebut. Dengan memulihkan, semua pesan beserta media yang ada sebelumnya bisa dilihat di aplikasi WA.

Sebelum melakukan pemulihan, pastikan Sobat sudah membersihkan cache dan data yang ada pada aplikasi. Atau mudahnya Sobat bisa menghapus dan mengunduhnya ulang, sehingga aplikasi WA menjadi baru (kosong tanpa data dan cache). Kemudian lakukan langkah berikut: 

  • Buka aplikasi WA
  • Masukan nomor HP
  • Tunggu verifikasi OTP melalui SMS
  • Jika tidak muncul, coba akses OTP melalu panggilan
  • Setelah itu masukkan kode OTP
  • Pada tawaran "Pemulihan Data", pilih "Oke"
  • Kemudian pilih "Setuju"
  • Tunggu proses pemulihan selesai

Setelah pemulihan selesai, aplikasi WA akan menampilkan pesan-pesan yang terakhir dicadangkan beserta media yang ada.

Pemulihan ini juga merupakan cara melihat cadangan pesan WA di Google Drive. Jadi jika Sobat kehilangan pesan dan data yang ada di aplikasi WA karena tidak sengaja terhapus, bisa coba menggunakan cara ini.

Untuk itu, penting untuk melakukan pencadangan pesan di aplikasi WA. Sehingga jika terjadi kendala yang menyebabkan data hilang, Sobat bisa memulihkan cadangan untuk cara melihat cadangan pesan WA di Google Drive.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Cadangan Pesan WA di Google Drive"