Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengexport Gambar CorelDraw

 Cara Mengexport Gambar CorelDraw - Setelah selesai membuat gambar atau desain pada program CorelDraw, kita bisa menyimpannya langsung pada perangkat komputer. File yang tersimpan berupa *.cdr (format untuk file dari CorelDrow).

Sayangnya, file dengan format ini hanya bisa dibuka dengan program CorelDraw saja. Bahkan jika hanya ingin melihat saja tanpa edit, tetap tidak bisa menggunakan program lainnya.

Tentunya hal ini menjadi masalah, misal ketika ingin menggunakan hasil gambar kita dari CorelDraw untuk wallpaper komputer atau HP, dan penggunaan gambar lainnya. Kita tidak bisa menggunakan file yang memiliki format *.cdr.

Biasanya format gambar yang bisa dibuka pada banyak program adalah *.jpg, *,jpeg, *.png, *webp, dan beberapa lainnya.

Lalu apakah kita harus merubah format file dulu agar gambar dari CorelDraw bisa dibuka atau digunakan? Mengubah format file *.cdr ke format lainnya mungkin bisa menjadi solusi. Namun cara ini rasanya kurang efektif dan efisien, karena membutuhkan program untuk mengonversi file.

Ada cara yang lebih mudah dan simpel. Yakni dengan mengexport gambar melalui program CorelDraw. Bagaimana caranya?

Cara Mengexport Gambar CorelDraw

  1. Buka file yang ingin diexport dengan  Program CorelDraw
  2. Pilih "File" pada menu
  3. Kemudian pilih "Export"
  4. Sobat juga bisa langsung menggunakan shortcut "Ctrl + E", selain menggunakan menu
  5. Setelah itu akan muncul jendela "Export"
  6. Pilih format file yang diinginkan
  7. Pada tahap ini, Sobat juga bisa memilih dimana tempat file akan diexport
  8. Sebelum melanjutkan, pastikan format file sudah sesuai dengan yang diinginkan
  9. Selesai, gambar CorelDraw sudah diexport
Cara Mengexport Gambar CorelDraw

Tips Mengexport Gambar CorelDraw

Tidak hanya untuk mengexport menjadi file gambar yang bisa dibuka, Sobat bisa membuat file dari CorelDraw diedit pada program lainnya. Dengan cara memilih format sesuai program yang akan digunakan untuk mengedit, misal Photoshop dengan file *.psd.

Selain itu, Sobat juga bisa menyesuaikan ukuran file saat mengexport gambar CorelDraw. Penyesuaian lainnya juga tersedia pada versi program yang lebih baru seperti "Color Mode", resolusi gambar, dan lainnya. Semakin baru versi program, fitur yang dimiliki semakin lengkap.

Jangan lupa untuk tetap menyimpan hasil karya Sobat pada program CorelDraw dalam bentuk *.cdr. Karena jika mengexport gambar CorelDraw menjadi format lainnya, maka file tidak akan bisa diedit lagi menggunakan CorelDraw. Tetap simpan file "mentahan" gambar dengan file *.cdr agar bisa diedit lagi pada program CorelDraw jika dibutuhkan.

Nah, jadi itu saja ya Sobat Cara Mengexport Gambar CorelDraw. Mudah bukan? Dan mungkin banyak Sobat yang sudah tau. Tapi semoga artikel ini bisa membantu Sobat yang belum tahu mengenai bagaimana cara mengexport gambar CorelDraw. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengexport Gambar CorelDraw"