Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mediatek? Mengenal Chipset "Cina" yang Digunakan Banyak Smartphone

 Banyak orang tidak memperhatikan chipset atau processor, ketika memilih atau sekedar menilai sebuah HP. RAM menjadi salah satu hal yang sering dipertimbangkan pada sebuah HP. Kapasitas RAM yang besar berarti HP kencang dan bagus.

Padahal, Chipset ini merupakan otak dari HP yang memproses semua sistem yang ada. RAM hanya "ruang" untuk proses tersebut. Jadi, memang RAM hal yang penting, tapi Chipset juga hal yang penting untuk performa dan kecepatan HP memproses data.

Apa itu Mediatek?

Jika bicara soal Chipset atau Processor pada Smartphone, mungkin Qualcomm Snapdragon lebih familiar terutama untuk awam tentang HP. Tapi belakangan ini Chipset Mediatek banyak digunakan pada HP kelas menengah, HP yang mencuri perhatian karena bagus dan murah.

Apa itu Mediatek

Mediatek merupakan salah satu perusahaan teknologi asal Taiwan yang memproduksi Chipset. Mungkin untuk Sobat yang pernah menggunakan HP HDC Mobile atau replika sudah tidak asing dengan Chipset merk ini.

Dulu Mediatek memang dikenal sebagai Chipset "murahan", yang banyak digunakan pada HP-HP Low-End seperti HDC Mobile karena harganya yang terjangkau. Sehingga HP bisa diproduksi dengan harga yang paling murah dengan Chipset ini.

Tapi seiring perkembangan, Mediatek mulai "unjuk gigi" dengan banyak dipakai HP dari brand ternama. HP mid-range dari Xiaomi, Oppo, bahkan Samsung pun mulai menggunakan Processor dari Meditek ini.

Beberapa HP terbaru yang menggunakan adalah Poco M3 Pro 5G yang diberi julukan "5G Killer" karena HP paling murah yang sudah mendukung jaringan 5G, Samsung Galaxy A22 5G yang dibanderol dengan harga bersaing, dan Realme 8 5G.

Ketiga HP tersebut merupakan HP kelas menengah pendatang baru yang mencuri banyak perhatian orang. Karena dengan harga yang cukup terjangkau, kita sudah bisa menikmati jaringan 5G.

Chipset Mediatek Dimensity 700 mungkin menjadi satu-satunya Chipset termurah yang sudah mendukung jaringan 5G. Dan inilah yang menjadi alasan Kenapa Banyak HP 5G yang Pakai Mediatek Dimensity 700.

Apakah Chipset Mediatek Bagus?

Salah Jika Sobat menganggap Chipset Mediatek jelek. Memang saat pertama kali Chipset ini dikenal adalah pada HP HDC. Dan memang performa dan kecepatan dari HP tersebut bisa dibilang sangat buruk. Tapi memang Chipset Mediatek yang digunakan pada saat itu adalah Chipset yang diperuntukan HP Low-End dengan harga yang murah.

Sekarang, banyak HP dari brand ternama yang menggunakan Chipset Mediatek ini. Bahkan untuk HP Flagship sebuah brand tidak segan untuk menggunakan Mediatek.

Hal ini membuktikan bahwa Mediatek sudah dipercaya oleh banyak brand HP untuk disematkan dalam produk smartphonenya.

Jadi, kalau ditanya apakah Chipset Mediatek bagus? Jawabannya sudah tentu. Tidak hanya mau menggunakan pada produknya, brand HP juga sudah tentu menjamin kualitasnya dengan memberi garansi.

• Perbandingan Chipset Mediatek VS Snapdragon

Untuk membuktikan kualitasnya, mungkin kita bisa bandingkan dengan salah satu Chipset yang sudah banyakan dikenal Qualcomm Snapdragon. Kita ambil contoh dari segi performa grafis: 

Mediatek memiliki performa grafis yang lebih rendah, namun hal ini juga bisa menjadi sebuah kelebihan. Karena dengan lebih rendahnya performa grafis, maka konsumsi RAM lebih rendah sehingga memberi ruang kosong yang lebih untuk memproses data.

Sebaliknya, Snapdragon memiliki performa grafis lebih tinggi. Namun, dengan visual yang lebih smooth, Chipset harus menggunakan lebih banyak RAM dan membuat ruang lebih kosong sedikit.

Jadi jika ingin menggunakan Chipset Snapdragon, smartphone harus didukung kapasitas RAM yang lebih agar performa bisa lebih baik. Sedangkan, Mediatek mampu memberikan performa yang lebih kencang namun dengan kualitas grafis yang lebih rendah.

Kalau ingin membandingkan "head to head" kita bisa mengambil salah satu seri dari kedua Chipset ini.

Mediatek Dimensity 700 merupakan salah satu yang banyak dipakai pada smartphone saat ini, terutama yang sudah mendukung jaringan 5G. Yakni:

Chipset tersebut dinilai setara dengan Snapdragon 732G. Dan HP yang menggunakan Chipset ini:

  • Poco X3 NFC
  • Mi 11 Lite
  • Redmi Note 10 Pro

Bisa disimpulkan, Mediatek Dimensity 700 bisa memberikan jaringan 5G untuk HP dikisaran harga 3 jutaan meskipun dengan performa yang lebih rendah. Sedangkan Snapdragon 732G memberikan performa lebih namun tanpa jaringan 5G, dan soal harga juga lebih tinggi.

Dari penjelasan di atas, bisa dibilang kedua Chipset tersebut setara.

• Rumor Mediatek Cepat Panas

Memang benar jika HP yang menggunakan Chipset Mediatek dikenal lebih cepat panas dibandingkan HP lain. Namun hal ini bukan hanya karena Chipsetnya semata. Banyak hal juga yang perlu diperhatikan. Contohnya:

Penggunaan HP dengan Chipset Mediatek yang benar bisa mengurangi kemungkinan HP jadi cepat panas. Seperti menggunakan jaringan yang stabil, tidak menggunakan HP berlebihan, atau tidak menggunakan HP saat pengisian daya.

Pabrikan HP juga perlu memperhatikan pemilihan material body HP, desain HP, dan hal yang bisa membuat cepat panas.

Kalau ditanya HP Mediatek apa yang tidak cepat panas? Jawabanya akan sedikit sulit. Karena banyak sekali seri Chipset dari Mediatek berdasarkan kualitas dan harganya.

• Mediatek untuk HP Gaming

Mediatek juga tidak segan-segan untuk mengklaim memiliki kelebihan pada HP Gaming. Apakah Mediatek memiliki performa paling bagus untuk kebutuhan Gaming? Jawabannya tidak.

Secara umum Chipset Mediatek tidak memiliki kelebihan untuk Gaming. Hanya saja Mediatek bisa memberikan HP dengan performa gaming terbaik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan HP yang menggunakan Chipset lain.

Jadi kesimpulannya, jika Sobat mengutamakan harga yang terjangkau dengan kualitas, performa, dan pengalaman gaming yang masih lumayan, HP yang menggunakan Chipset Mediatek bisa dibilang bagus dan menjadi pilihan.

Posting Komentar untuk "Apa itu Mediatek? Mengenal Chipset "Cina" yang Digunakan Banyak Smartphone"