Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiba-Tiba Log Out dan Akun Whatsapp Diblokir, Ini Solusinya

 Pernah mengalami akun Whatsapp tiba-tiba log out sendiri dan minta verifikasi ulang? Setelah mencoba log in kembali, ternyata ada pemberitahuan bahwa nomer sudah diblokir oleh pihak Whatsapps.

WA merupakan aplikasi messenger paling populer dan mungkin yang paling banyak digunakan. Tentunya akan lebih mudah jika kita menggunakan WA untuk berkomunikasi, karena memang hampir semua orang menggunakannya.

Jika akun dan nomor WA kita terblokir tentunya sangat disayangkan. Kita harus menggunakan nomor telepon lain agar bisa membuat akun dan menggunakan aplikasi WA lagi. Tentunya hal ini sangat merepotkan karena harus memberitahu orang-orang nomor baru kita, dan mungkin ganti nomor HP hal yang mustahil dilakukan untuk sebagian orang.

Fenomena Akun Whatsapp Terblokir

Belakangan ini memang banyak terjadi pemblokiran akun WA secara tiba-tiba, tanpa pemberitahuan atau peringatan terlebih dahulu sebelumnya, dengan alasan yang tidak jelas.

Banyak terjadi pada pengguna WA, saat akan membuka aplikasi tiba-tiba akun terlog out dengan sendirinya. Dengan notifikasi permintaan verifikasi ulang.

Jika memang hanya verifikasi ulang, setelah log out pengguna tinggal log in kembali. Dengan memasukan nomer HP dan memasukan kode OTP.

Namun saat ingin log in ternyata muncul notifikasi "Nomor telepon Anda ****** diblokir untuk menggunakan Whatsapp. Hubungi dukungan untuk bantuan"

Cara Mengatasi Whatsapp Diblokir

Jika kita memilih "dukungan" maka kita bisa mengirim pesan dan gambar sebagai bukti tidak melakukan pelanggaran, untuk menindaklanjuti akun WA kita yang diblokir, yang mungkin bisa membuat akun bisa kembali lagi.

Namun, apakah setelah mengirim pesan dan gambar melalui cara ini akun bisa kembali? Kebanyakan pengguna tidak mendapatkan akun WA nya kembali dengan menggunakan cara ini.

Lalu, bagaimana caranya agar akun Whatsapp yang diblokir bisa kembali lagi?

Cara Mengembalikan Akun yang Diblokir Whatsapp

Jika akun Whatsapp Sobat tiba-tiba diblokir dan ingin mengembalikannya lagi, bisa langsung mengirimkan e-mail untuk menyampaikan keluhan terblokirnya akun.

Untuk alamat e-mail berbeda-beda, tergantung dari perangkat yang digunakan: 

  • android_web@support.whatsapp.com untuk Android.
  • iphone_web@support.whatsapp.com untuk iPhone.
  • wp_web@support.whatsapp.com untuk Windows Phone.
  • webclient_web@support.whatsapp.com untuk PC/Komputer.
  • support@whatsapp.com untuk Perangkat lainnya.

Jika Sobat ingin mengirimkan e-mail langsung ke alamat di atas. Jangan lupa untuk memberikan nomor HP dari akun WA yang terblokir agar pihak customer service bisa memproses keluhan Sobat.

Sampaikan bahwa akun tiba-tiba terblokir. Sampaikan juga bahwa tidak pernah melanggar ketentuan layanan Whatsapp, karena alasan utama diblokirnya akun WA adalah adanya indikasi pelanggaran ketentuan layanan.

Atau yang lebih mudah, Sobat bisa mengakses link dibawah untuk mengirim e-mail ke Whatsapp:

https://www.whatsapp.com/contact/?lang=id&subject=messenger

  • Isi nomor akun WA
  • Pilih perangkat
  • Sampaikan keluhan

Sobat akan diarahkan ke draft e-mail, tinggal kirim saja.

Apa saja Pelanggaran Ketentuan Layanan Whatsapp?

Yang menjadi pelanggaran ketentuan utama biasanya tidak menggunakan aplikasi resmi Whatsapp. Penggunaan MOD, aplikasi pihak ketiga, dan semacamnya merupakan sebuah pelanggaran dari ketentuan yang dibuat Whatsapp.

Menggunakan perangkat yang sudah di "Root" atau "JailBreak" juga bisa menjadi alasan kenapa akun Whatsapp. Karena hal tersebut juga dianggap sebagai pelanggaran ketentuan oleh Whatsapp.

Nah, kalau Sobat tidak melakukan pelanggaran seperti yang sudah disebutkan, kemungkinan besar akun WA Sobat bisa kembali.

Setelah mengirimkan e-mail, customer service Whatsapp akan membalas e-mail tersebut. Dan menganjurkan untuk menginstal aplikasi Whatsapp resmi melalui link yang akan diberikan.

Kalau mendapatkan balasan tersebut, Sobat bisa langsung unduh aplikasi dari link yang disediakan. Jangan lupa untuk menghapus pemasangan aplikasi WA sebelumnya. Setelah itu lakukan log in akun, dan akun WA yang terblokir bisa kembali.

Dan jika Whatsapp sudah memutuskan bahwa Sobat melakukan pelanggaran, maka dengan berat hati kami menyarankan agar Sobat membuat akun WA lagi dengan nomor baru. Karena nomor yang sudah diblokir WA tidak akan bisa digunakan untuk membuat akun lagi.

Kerugian Pengguna Diblokirnya Akun Whatsapp

Pemblokiran terhadap akun yang diindikasi melakukan pelanggaran oleh Whatsapp memang sering terjadi. Hal ini terbukti dari ulasan yang diberikan pengguna pada Playstore.

Banyak sekali pengguna yang akunnya tiba-tiba diblokir. Padahal mereka tidak merasa melakukan pelanggaran apapun. Aplikasi yang digunakanpun diunduh melalui Playstore.

Ada yang akunnya diblokir, langsung mengirimkan e-mail dan akunnya pun kembali. Ada juga yang mengalami pemblokiran akun WA berkali-kali, hingga 6 kali. Ada juga yang ternyata akunnya tidak bisa dikembalikan lagi.

Pemblokiran akun ini tentunya sangat merugikan pengguna. Ketika akun terblokir, maka sudah pasti akun WA tidak bisa digunakan. Pengguna tidak bisa mengirim ataupun menerima pesan dari pengguna lainnya.

Tidak menutup kemungkinan jika Whatsapp terus melakukan pemblokiran akun tiba-tiba tanpa sebab, pengguna akan beralih ke aplikasi messenger lainnya seperti Telegram, Line, dan sejensinya.

Memang selama ini Whatsapp menjadi aplikasi messenger yang paling banyak digunakan. Selain simpel, ringan, dan beberapa kelebihan lainnya yang tidak dimiliki aplikasi messenger lainnya. Namun, jika banyak pengguna yang merasa dirugikan, pastinya mereka akan beralih juga.

Jika Sobat mengalami akun Whatsapp diblokir tanpa sebab dan masih tetap ingin menggunakan WA, bisa coba gunakan cara diatas untuk mengembalikan akun.

Posting Komentar untuk "Tiba-Tiba Log Out dan Akun Whatsapp Diblokir, Ini Solusinya"