Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagusan Oppo atau Vivo sih? Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Brand

 Bagusan Oppo atau Vivo sih sebenarnya? Mungkin banyak orang yang bingung untuk memilih HP dari brand mana yang bagus. Meskipun Oppo lebih dulu hadir di Indonesia dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, tapi Vivo juga tidak kalah dalam kualitas dan pemasaran sehingga tidak sedikit pula peminatnya.

Mungkin bisa Sobat lihat, di toko-toko HP pasti ada poster atau banner Oppo yang sangat mendominasi. Begitu juga Vivo, dibandingkan brand HP lain pemasarannya bisa dibilang lebih gencar.

Kalau Sobat masih ingat, pernah ada kejadian "toyor-toyoran" antara maskot Oppo dan Vivo di suatu acara promosi HP yang videonya menjadi viral di sosial media. Mungkin hal ini termasuk strategi pemasaran. Karena, perlu Sobat ketahui bahwa sebenarnya kedua brand ini berasal dari 1 perusahaan asal Tiongkok, yakni BBK Electronics.

Bagusan Oppo atau Vivo?

Saat ini, Oppo menjadi brand smartphone dengan penjualan terbaik di Indonesia. Vivo menyusul di urutan ketiga setelah grafik penjualannya menurun, sehingga disusul oleh Samsung. Hal ini membuktikan bahwa Oppo dan Vivo memang menjadi brand yang digemari pengguna smartphone di Indonesia.

Suksesnya kedua brand ini mungkin memang disebabkan karena memang gencarnya pemasaran yang dilakukan. Tapi apa dari segi kualitas Oppo dan Vivo memang layak meraih penjualan terbaik? Dan bagusan Oppo atau Vivo sih sebenernya?

Kalau dilihat dari penjualannya yang terus meningkat sejak kehadirannya yang cukup lama, tentu bukan dari  strategi pemasarannya saja, tapi kualitas dari smartphone kedua brand ini juga sudah terpercaya oleh para pengguna smartphone.

Untuk Sobat yang berencana untuk membeli HP dan tertarik dengan kedua brand ini, tapi masih bingung untuk memilih di antara keduanya. Yuk, simak penjelasan berikut agar tahu sebenarnya bagusan Oppo atau Vivo?

Kualitas Oppo atau Vivo

Keduanya tentu sama-sama bersaing dari segi kualitas maupun harga. Jadi, bisa dibilang sangat sulit untuk menentukan bagusan mana Oppo atau Vivo. Kedua brand ini terus berinovasi dengan meluncurkan produk smartphone terbaru dengan fitur dan kecanggihan baru yang ditawarkan.

Sampai April 2020, sudah terhitung Oppo sudah merilis lebih dari dengan 50 produk smartphone dengan variasi kualitas dan harga. Sedangkan Vivo kurang lebih baru 40 tipe HP yang dirilis. Tak heran, karena memang Oppo lebih dulu hadir dibandingkan Vivo.

Meskipun kualitas hampir sama dan sulit untuk bilang mana yang lebih bagus, tapi masing-masing brand memiliki kekurangan dan kelebihan. Nah, mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan Sobat untuk memilih Oppo atau Vivo.

Kelebihan Oppo

Oppo bisa dibilang salah satu brand HP yang selalu mengunggulkan sektor kamera, terutama kamera depan. Ya, Oppo memang sepertinya dibranding untuk menjadi smartphone dengan kualitas kamera depan terbaik, menggunakan tagline "Selfie Expert".

Untuk perbandingan kamera Oppo dan Vivo sudah kita bahas pada artikel: Bagus Kamera Oppo atau Vivo?

Selain itu, Oppo juga sepertinya mencoba mengunggulkan fitur pengisian daya dengan cepat. Sebelum banyak smartphone yang menggunakan teknologi "Fast Charging", Oppo sudah menawarkan fitur VOOC Flash Charge. Yang mana fitur ini diklaim mampu mengisi baterai 4 kali lebih cepat.

Desain Oppo juga lebih variatif, dimana banyak brand yang hanya berfokus untuk kualitas dan performa HP namun memiliki desain yang mainstream. Tentu hal ini juga menjadi kelebihan dari Oppo yang memiliki desain variatif dan menarik.

Lebih dari 100 Service Center Oppo tersebar diseluruh Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa Oppo merupakan brand besar, sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk pelayanan aftersales. Banyaknya Service Center memudahkan pengguna jika terjadi masalah pada produk Oppo yang dibelinya.

Jadi, bisa disimpulkan kelebihan Oppo sebagai berikut:

  • Kamera Bagus.
  • Fitur banyak.
  • Desain menarik.
  • Service Center banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Kelebihan Vivo

Tak mau kalah dengan Oppo, Vivo menggunakan tagline "Perfect Shot, Perfect Moment". Vivo memang berusaha bersaing dari segi kamera, baik kamera utama maupun kamera selfi. Tentunya hal ini mengharuskan smartphone dari brand ini memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, Vivo juga mencoba berinovasi pada desain untuk menarik pengguna. Pada seri V15, Vivo menggunakan kamera selfie pop up, yang terlihat sangat futuristik dan canggih.

Fitur Dual Engine Fast Charging juga membuktikan bahwa Vivo tak mau kalah dalam persaingan dengan Oppo. Dengan fitur ini, membuat pengguna bisa mengisi kapasitas baterai smartphone lebih cepat dari biasanya. Fitur ini tentu sangat membantu.

Kelebihan Vivo antara lain: 

  • Kamera bagus.
  • Desain inovatif
  • Kompetitif dalam segi fitur

Mungkin jika dilihat sekilas tidak ada perbedaan dari kelebihan Oppo dan Vivo. Hanya saja Oppo lebih dulu hadir di Indonesia, yang membuatnya banyak memiliki layanan atau Service Center yang tersebar di wilayah Indonesia.

Jika hanya membahas kelebihannya saja rasanya tidak adil. Kita bahas tentang apa saja yang menjadi kekurangan dari Oppo dan Vivo.

Kekurangan Oppo

Untuk masalah harga memang Oppo dibanderol dengan harga yang bisa dibilang murah untuk kelas HP menengah keatas. Namun, dengan harga tersebut, kita bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih dari brand lain yang memang mengutamakan performa HP seperti Xiaomi.

Produk Oppo juga termasuk HP yang memiliki harga jual kembali lumayan turun drastis, alias murah. Sebenarnya hal ini bisa juga menjadi kelebihan, karena Sobat bisa membeli HP Oppo bekas untuk mendapatkan harga murah.

Beberapa pengguna menganggap build quality dari Oppo sedikit agak ringkih atau kurang baik. Meskipun sama-sama dari plastik, smartphone dari brand ternama lain seperti Samsung terasa lebih kokoh dan tahan lama. Memang sih Samsung harganya lebih mahal.

HP Oppo juga dirasa agak lemot. Hal ini bukan disebabkan dari spesifikasi HP nya, melainkan dari OS dari Oppo yakni ColourOS. OS ini memang agak berat karena ada beberapa fitur yang mungkin dianggap tidak penting untuk sebagian pengguna, karena itulah performa HP jadi lemot.

Hal ini tentunya akan terus diperbaiki dari pihak Oppo. Namun sayangnya, Oppo lebih jarang mendapatkan pembaruan sistem atau OS jika dibandingkan dengan brand lainnya.

  • Relatif sedikit lebih mahal.
  • Harga jual turun.
  • Build Quality kurang baik.
  • OS berat membuat HP lemot.
  • Jarang pembaruan sistem.

Kekurangan Vivo

Untuk kekurangan Vivo sebenarnya hampir sama dengan Oppo. Seperti harga jualnya yang turun cukup jauh dan Build Quality yang kurang baik. Namun ada beberapa kelemahan yang tidak dimiliki Oppo.

Vivo termasuk brand smartphone baru di Indonesia. Jadi tidak memiliki Service Center yang cukup banyak. Hal ini akan membuat Vivo tidak memberikan pelayanan aftersales yang maksimal. Pengguna akan sulit menjangkau layanan seperti klaim garansi, perbaikan, dan sebagainya.

Untuk masalah OS atau sistem operasi sebenarnya tidak ada masalah. Tidak lemot, tapi juga tidak bisa dibilang kencang. Namun masalahnya adalah UI dari FunTouchOS terlihat seperti iOS milik Apple. Hal ini membuat Vivo tidak memiliki ciri khas pada tampilannya. Tapi mungkin ada pengguna yang malah suka.

  • Harga jual anjlok.
  • Build Quality buruk
  • Service Center sedikit
  • UI mirip iPhone

Jadi Bagusan Oppo atau Vivo?

Mungkin dari penjelasan diataspun masih akan sulit menentukan yang terbaik antara Oppo dan Vivo. Secara keseluruhan keduanya mirip mulai dari harga, kualitas, hingga performa. Karena memang keduanya bersaing cukup ketat.

Tapi mungkin bisa dijadikan pertimbangan, bahwa Oppo memiliki Service Center yang lebih banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Ini bukanlah hal yang sepele, karena dengan hal ini Oppo bisa memberikan pelayanan aftersales yang lebih maksimal ketimbang Vivo.

Memang karena Oppo lebih dulu masuk pasar smartphone di Indonesia. Diharapkan Vivo juga mampu memberi pelayanan aftersales yang maksimal kepada penggunanya.

Jadi, bagaimana menurut Sobat? Bagusan Oppo atau Vivo? Jika Sobat punya pendapat atau pengalaman bisa langsung tulis di kolom komentar. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Bagusan Oppo atau Vivo sih? Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Brand"