Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung M21 Spesifikasi dan Harga, Paling Worth It Dikelasnya!!!

 Samsung Galaxy M21 menjadi salah satu smartphone yang bisa dibilang paling "worth it" di kelasnya. Karena memang harga dan spesifikasinya yang membuatnya sangat layak untuk direkomendasikan. Bahkan, HP terbaru Samsung ini lebih layak dibandingkan dengan kakaknya, Samsung Galaxy M31.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan Samsung M21 ini lebih "worth it". Dari segi spesifikasi, sudah jelas Samsung Galaxy M21 berada dibawah M31. Tapi jika dibandingkan dengan selisih harga antara keduanya, mungkin untuk kebanyakan orang akan lebih memilih Samsung M21.

Mungkin ini hanya opini beberapa orang, termasuk jagoangadget.com. Tapi coba Sobat simak dulu deh penjelasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy M21 dibawah, mungkin Sobat bakal sependapat dengan kita.

Spesifikasi Samsung Galaxy M21

Layar 6.4" Super Amoled Gorilla Glass 3
OS Android 10 (Upgradable to 11)
UI One UI 3.1 Core
Chipset Exynos 9611
GPU Mali-G72 MP3
RAM 4 GB
ROM 64 GB UFS 2.1
Kamera Depan 20 MP
Kamera Belakang • 48 MP Lensa Utama
• 8 MP Ultra Wide
• 5 MP Depth Sensor
Baterai 6.000 mAh Fast Charging 15 W

Di atas kertas, Samsung Galaxy M21 memiliki spesifikasi seperti di atas. Untuk smartphone di kisaran harga 2 jutaan, memang spesifikasi seperti itu sudah sangat oke, apalagi smartphone dari brand Samsung.

• Desain Samsung M21

Untuk desain bisa dibilang tidak ada masalah. Tidak jelek, namun juga tidak ada yang istimewa dari desain Samsung M21 ini.

Samsung Galaxy M21 Spesifikasi dan Harga

Bagian depan terdapat layar Super Amoled 6,4 inchi dengan poni kamera depat dibagian atas tengah. Proteksi layar juga sudah Corning Gorilla Glass 3 yang pastinya tahan goresan - goresan kecil. Sayangnya, untuk pembelian tidak disertakan screen protector yang berarti Sobat haru beli sendiri. Meskipun sudah tahan goresan, screen protector sangat berguna untuk mengurangi resiko layar pecah ketika HP jatuh.

Samsung Galaxy M21 Belakang

Bagian belakang terbuat dari material polycarbonate dengan finishing glossy. Memang, HP seperti ini sering terlihat kotor karena sidik jari yang membekas pada body HP. Tapi ini bukan masalah yang besar, Sobat bisa menggunakan case. Selain agar HP tidak terlihat kotor, juga bisa melindungi HP.

• Performa Samsung M21

Dengan spesifikasi seperti yang tertulis di atas, tentunya Samsung M21 sangat nyaman untuk digunakan kebutuhan Smartphone normal sehari - hari. Seperti browsing, chatting, atau untuk kebutuhan kerja, HP ini sudah sangat ok.

Untuk gaming? Spesifikasi Samsung M21 sudah sangat mumpuni memainkan game - game yang tidak terlalu berat seperti, PUBGM, Mobile Legend, LOL Wild Rift, Free Fire, dan sejenisnya bisa dimainkan sangat lancar di HP ini. Untuk game yang lebih berat seperti Genshin Impact dan sejenisnya mungkin masih bisa dimainkan, namun Sobat tidak akan mendapatkan kenyamanan yang maksimal.

Belum lagi ada fitur game booster yang mendukung untuk gaming di Samsung M21. Dengan fitur ini Sobat bisa mematikan notifikasi saat main game agar tidak terganggu, monitor kapasitas RAM yang tersedia, dan memonitor temperatur HP saat digunakan main game.

Samsung Galaxy M21 Gaming

• Baterai Samsung M21

Tidak hanya performanya yang sangat baik karena didukung dengan spesifikasi yang cukup gahar, Samsung M21 ini juga memiliki kapasitas baterai yang sangat besar.

Dengan kapasitas 6.000 mAh, tentunya membuat Samsung M21 ini bisa bertahan meskipun digunakan seharian. Untuk kebutuhan gaming pun, sepertinya Sobat tidak perlu sering - sering mengisi daya jika menggunakan smartphone ini.

• Fitur Samsung M21

Tidak hanya fitur game booster yang membuat pengalaman gaming di Samsung M21 lebih baik, ada juga beberapa fitur lainnya yang menjadi kelebihan smartphone terbaru Samsung ini.

One UI merupakan salah satu UI terbaik yang paling enak digunakan, menurut jagoangadget.com. Selain simpel dan enak untuk dioperasikan, UI ini juga cukup ringan sehingga tidak memberatkan HP yang membuat performa jadi lebih maksimal.

Layar Super Amoled juga bisa dibilang jadi fitur yang menjadi kelebihan pada Samsung M21 ini. Selain tampilan dari layar lebih tajam dan jernih, Super Amoled juga membuat baterai HP jadi lebih irit. Kok bisa? karena untuk bagian yang menampilkan warna hitam, layar Super Amoled akan mematikan LED sehingga tidak memakan daya.

Jadi untuk Sobat yang ingin menghemat baterai, bisa menggunakan tampilan dark mode pada beberapa aplikasi seperti Facebook, Youtube, dan lainnya.

Fitur fast charging 15 W juga menjadi kelebihan Samsung M21. Kapasitas baterai memang memiliki masalah pada pengisian daya yang cenderung lebih lama, tapi dengan fitur fast charging, Sobat tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Samsung M21 juga sudah menggunakan port USB tipe C, ada jack audio, dan sudah juga menggunakan triple slot SIM. Jadi bisa menggunakan 2 SIM card sekaligus menggunakan microSD jika internal dirasa kurang.

Hasil Kamera Samsung M21

Di sektor kamera, Samsung M21 memiliki 1 kamera depan dengan resolusi 20 MP. Tentunya hasil kamera tidak bisa diragukan, apalagi banyak fitur-fitur pendukung dan effect yang bisa digunakan untuk membuat hasil foto sesuai dengan keinginan Sobat.

Pada bagian belakang, terdapat 3 lensa kamera yang memiliki fungsi tersendiri.

  • Lensa kamer utama 48 MP, yang mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam.
  • Lensa Ultra Wide 8 MP, untuk jangkauan gambar yang lebih luas
  • Depth sensor 4 MP, untuk menghasilkan gambar dengan effect bokeh atau blur pada bagian belakang.

Untuk kondisi normal, dimana kondisi pencahayaan cukup (outdoor dan siang hari), Samsung M21 mampu menghasilkan gambar dengan detail dan warna yang cukup tajam.

Lensa Ultra Wide juga bisa membantu Sobat untuk mengambil gambar dengan jangkauan yang lebih luas. Jadi Sobat tidak perlu mundur-mundur untuk mengambil gambar yang luas, cukup manfaatkan fitur ultrawide.

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 1 UW

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 1

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 2 UW

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 2

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 3

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 4

Pada kondisi low light atau cahaya yang kurang, hasil kamera juga masih sangat baik, masih tajam dan tidak ada noise meskipun tidak sebaik kondisi cahaya cukup.

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 1

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 2

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 4

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 5

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 6

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 7

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 8

Hasil Kamera Samsung Galaxy M21 LL 9

* Note : Contoh hasil kamera di atas mengalami penurunan kualitas saat diupload. Hasil yang sebenarnya memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

Harga Samsung M21

Update terbaru harga Samsung M21 adalah Rp. 2.350.000

Harga ini juga menjadikan Samsung M21 ini dirasa lebih worth it dibandingkan kakaknya, Samsung M21 yang tentunya memiliki kualitas di atasnya. Namun selisih harga 500 ribu masih lebih menjadi pertimbangan jika dibandingkan dengan perbedaan yang mungkin tidak terlalu penting pada keduanya.

Beda Samsung M21 dan M31

• Perbedaan yang pertama terletak pada kapasitas RAM dan internal memory. Samsung M31 memiliki RAM 6 GB dengan kapasitas internal 128 GB. Tapi RAM 4 GB di Samsung M21 sepertinya sudah cukup untuk pemakaian normal, untuk gaming juga masih ok.

Jadi untuk perbedaan RAM dengan selisih harga 500 ribu, Samsung M21 masih menjadi pilihan yang lebih baik. Memory internal terlalu kecil? Masih ada slot micorSD yang bisa Sobat gunakan.

• Kamera belakang Samsung M21 tidak memiliki lensa macro untuk pengambilan gambar dengan jarang yang sangat dekat. Hal ini juga bukan menjadi alasan untuk merogoh kocek lebih besar 500 ribu. Selain jarang digunakan, belum ada lensa macro pada smartphone yang memiliki kualitas sebaik kamera biasa.

• Resolusi kamera depan Samsung M21 juga tidak sebesar Samsung M21. Tapi untuk hasil tidak ada perbedaan yang cukup terasa, hasil kamera depan sama-sama bagus digunakan untuk selfie.

Selain itu semua, tidak ada perbedaan lainnya. Mulai dari chipset yang menjadi bagian penting untuk performa HP, layar Super Amoled yang menjadi ciri khas HP Samsung, dan lainnya sama saja.

Apa Samsung M21 Bagus?

Sangat bagus dan sangat direkomendasikan jika Sobat mencari Rekomendasi HP 2 Jutaan. Bahkan, Samsung M21 ini lebih worth it dibandingkan kakaknya, jika Sobat:

  • Tidak mementingkan kapasitas RAM dan memori internal
  • Tidak memerlukan lensa macro
  • Tidak begitu perfectionist untuk kamera depan

Sobat bisa mendapatkan HP yang lebih murah 500 ribu dengan membeli Samsung M21.

Bagaimana menurut Sobat?

Posting Komentar untuk "Samsung M21 Spesifikasi dan Harga, Paling Worth It Dikelasnya!!!"