Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Registrasi Kartu Smartfren Sebelum Digunakan

 Cara Registrasi Kartu Smartfren - Gonta-ganti kartu SIM HP sekarang sudah menjadi hal biasa. Untuk mendapatkan paket internet murah, biasanya kita memang harus membeli nomer baru.

Apalagi jika kita pakai kartu HP hanya untuk internet saja. Begitu kuota internet sudah habis, nomer dibuang dan ganti baru lagi.

Beberapa tahun lalu, pemerintah membuat kebijakan untuk pengguna agar meregistrasi kartu baru yang akan digunakan pada HP sesuai dengan data diri.

Cara Registrasi Kartu Smartfren

Kebijakan ini tentunya memiliki tujuan, yakni untuk melindungi konsumen dari penyalahgunaan nomer HP. Misal ada tindak penipuan, teror, atau lainnya yang menggunakan nomer HP, bisa dilacak karena setiap nomer HP harus teregistrasi.

Smartfren merupakan salah satu provider yang menawarkan penawaran menarik pada pembelian kartu perdana barunya. Biasanya orang membeli Smartfen hanya untuk kebutuhan internet, dipakai pada smartphone ataupun modem internet.

Karena registrasi kartu hukumnya wajib, karena kartu tidak bisa digunakan jika tidak diregistrasi, pengguna harus mau direpotkan dengan meregistrasi kartu setiap membeli kartu Smartfren baru. Tapi tenang, kalau Sobat sudah tahu caranya pasti mudah kok. Berikut cara registrasi kartu Smartfren.

Cara Registrasi Kartu Smartfren

Sebelum registrasi kartu Smartfren, pastikan Sobat sudah memiliki beberapa hal berikut:

  • Kartu Smartfren baru (belum registrasi)
  • Nomer KK (Kartu Keluarga)
  • Nomer KTP (NIK)

Untuk registrasi kartu Smartfren, ada 3 cara yang bisa gunakan.

1. Cara Registrasi Kartu Smartfren via SMS

Opsi pertama untuk registrasi kartu Smartfreen, Sobat bisa menggunakan layanan SMS. Caranya mudah:

  • Ketik pesan : "NIK"#"Nomer KK"#
  • Lalu kirim ke 4444
  • Tunggu SMS balasan sebagai konfirmasi registrasi

2. Cara Registrasi Kartu Smartfren via Situs

Jika Sobat memiliki koneksi internet, cara registrasi kartu Smartfren lainnya adalah melalui situs.

  • Buka situs Smartfren, kemudian cari halaman registrasi
  • Lebih mudah Sobat bisa langsung klik https://my.smartfren.com/reg
  • Isi data yang diminta
  • Selesai, Sobat sudah melakukan registrasi

3. Cara Registrasi Kartu Smartfren via Aplikasi

Kalau Sobat punya koneksi internet tapi males registrasi via situs, karena harus buka-buka browser, Sobat bisa menggunkan aplikasi MySF yang bisa diunduh langsung di Playstore.

Selain untuk registrasi, aplikasi ini juga cukup berguna loh untuk penggunaan kartu Smartfren. Sobat bisa langsung cek kuota internet, beli paket internet, dan lainnya langsung di aplikasi MySF.

Untuk registrasi via aplikasi MySF caranya mudah kok.

  • Buka aplikasi MySF
  • Jika belum punya, klik MySF untuk download
  • Pilih menu registrasi
  • Isi data-data
  • Nomer sudah diregistrasikan

4. Cara Registrasi Kartu Smartfren di Galeri Smartfren

Selain 3 cara registrasi kartu Smartfren diatas, ada juga cara lain yang mungkin jarang dilakukan. Sobat bisa melakukan registrasi langsung ke galeri Smartfren.

Cara ini jarang dilakukan, karena kalau bisa langsung dilakukan pada HP dimana saja, kenapa harus repot-repot datang ke Galeri Smartfren.

Tapi kalau kebetulan Sobat membeli kartu Smartfren di Galerinya, Sobat bisa langsung meregistrasikan kartu Smartfren yang Sobat beli.

Tentunya dibutuhkan KTP dan KK ya. Kalau kebetulan Sobat bawa dokumen tersebut, atau minimal menyimpan foto KK di HP kalau KTP kebanyakan sih pasti bawa ya, Sobat bisa langsung ke Customer Service untuk regitrasi kartu Smartfren.

Kenapa Harus Registrasi Kartu Smartfren?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sudah menjadi kebijakan pemerintah untuk pengguna agar meregistrasi semua kartu telepon seluler yang dimiliki.

Jika tidak melakukan registrasi, maka akibatnya adalah kartu tidak dapat digunakan. Tidak bisa untuk mengakses internet, telepon, dan SMS. Bahkan untuk menerima panggilan dan SMS saja tidak bisa.

Jadi kalau Sobat beli kartu baru, segera lakukan registrasi dengan cara registrasi kartu Smartfren yang sudah jagoangadget.com bagikan di atas ya.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Registrasi Kartu Smartfren Sebelum Digunakan"