Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar HP Dengan dan Tanpa Aplikasi

 Cara Merekam Layar HP - Banyak konten video di Youtube atau platfrom lainnya yang berisi tentang tutorial HP, rekaman video call, gameplay permainan mobile, dan sebagainya. Mungkin Sobat bertanya - tanya, gimana sih cara buatnya?

Video-video tersebut digunakan dengan cara merekam layar HP (screen recording). Jadi kita tampilan HP saat kita melakukan sebuah aktivitas di HP kita.

Misal kita merekam layar HP saat kita melakukan video call, saat main game, atau merekam mengatasi masalah pada HP dan menjadikannya sebagai konten tutorial.

Hasil rekaman berupa video yang akan tersimpan di HP kita. Kita bisa kita putar ulang ataupun mengunggahnya ke berbagai platfrom.

Cara Merekam Layar HP

Cara Merekam Layar HP

Ada 2 pilihan untuk cara merekam layar HP. Bisa menggunakan aplikasi tambahan atau juga memanfaatkan fitur yang sudah ada di HP.

Cara Merekam Layar HP Tanpa Aplikasi

Kebanyakan, smartphone atau HP dengan sistem operasi Android 9 Pie ke atas, sudah memiliki fitur rekam layar yang terintregasi dengan sistem HP. Jadi tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk merekam layar.

Kenapa kita sebut "kebanyakan"? Karena ada beberapa HP yang meskipun sudah menggunakan Android 9, tapi tidak memiliki fitur merekam layar.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pada Asus Zenfone Max Pro M1 misalnya, smartphone ini sudah mendukung Android 9 namun tidak ada fitur rekam layar HP didalamnya. Mungkin karena UI yang digunakan adalah Android One, dimana UI ini merupakan sistem operasi Android murni tanpa tambahan fitur apapun.

HP yang Bisa Merekam Layar Tanpa Aplikasi

Lalu HP apa saja yang bisa merekam layar tanpa aplikasi? Banyak kok HP yang sudah mendukung fitur rekam layar. Misal Xiaomi, HP ini memang terkenal dengan MIUI nya yang memiliki banyak fitur, salah satunya merekam layar HP. 

HP Xiaomi dengan versi MIUI 8 ke atas, sudah memiliki fitur rekam layar. Sobat bisa mengaksesnya langsung di menu utama, pada icon "Rekam Layar" atau "Screen Recorder" untuk yang menggunakan bahasa inggris.

Apa cuma Xiaomi? Tidak, HP dari brand lainnya juga ada kok seperti Vivo, Oppo, Realme, dan lainnya. Untuk cara mengaksesnya mungkin berbeda sesuai UI yang digunakan. Biasanya fitur rekam layar HP ada di bilah notifikasi.

Kalau Sobat tidak menemukan fitur rekam layar, Sobat bisa cek di fitur "Game Booster". Biasanya di beberapa HP seperti Samsung Galaxy A50s dan Asus Zenfone 5, fitur rekam layar ada pada "Game Booster".

Dan untuk Sobat pengguna iPhone akan lebih mudah untuk merekam layar HP. Karena untuk semua tipe iPhone sudah tersedia perekam layar yang terintegrasi.

Sobat bisa membuka "Control Center", dengan cara menarik layar ke atas. Di sana terdapat berbagai fitur termasuk perekam layar.

Kalau Sobat tidak bisa menemukan fitur rekam layar, buka menu setting. Kemudian pilih Control Center, lalu pilih Costumize Controls dan aktifkan Screen Recording agar fitur rekam layar pada iPhone muncul.

Cara Merekam Layar HP Tanpa Aplikasi

Jika sudah menemukan fitur "rekam layar", cara penggunaannya cukup mudah kok. Pertama buka fitur atau menu rekam layar.

Kemudian klik mulai atau tombol dengan logo "mulai", untuk memulai rekam layar.

Jika sudah selesai merekam layar, buka fitur atau menu tersebut kembali, klik berhenti.

Selesai, rekaman layar bisa Sobat lihat di galeri HP.

Cara Merekam Layar HP dengan Aplikasi

Sobat tidak menemukan fitur rekam layar pada HP Sobat, tenang, Sobat masih bisa merekam layar tanpa adanya fitur tersebut di HP.

Untuk bisa merekam layar tanpa fitur rekam layar di HP, bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kita unduh di Playstore.

Rekomendasi Aplikasi Rekam Layar HP

*Klik untuk download

Untuk sekedar informasi, dulu untuk aplikasi perekam layar dibutuhkan akses Root agar aplikasi bisa bekerja. Jadi Sobat harus Rooting HP untuk bisa menggunakan aplikasi perekam layar.

Tapi sekarang aplikasi perekam layar sudah tidak perlu akses Root. Jadi Sobat tidak perlu repot-repot root HP dulu. Sobat bisa langsung unduh dan langsung menggunakan aplikasi untuk merekam layar HP.

Untuk review kelima aplikasi perekam layar di atas kita bahas di artikel selanjutnya ya. Tapi yang jelas, 5 aplikasi di atas adalah aplikasi perekam layar terbaik yang bisa kami rekomendasikan, dengan rating di atas 4.0.

Nah, jadi itu ya Cara Merekam Layar HP dengan aplikasi dan juga tanpa aplikasi. Bisa Sobat gunakan untuk merekam layar di HP Sobat untuk kebutuhan konten ataupun lainnya.

Jika ada kritik dan saran mungkin bisa ditulis di kolom komentar ya. Mungkin Sobat punya cara lain? Atau Sobat pernah memiliki pengalaman menggunakan aplikasi perekam layar yang disebutkan? Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar HP Dengan dan Tanpa Aplikasi"