Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi HP Lag dan Lemot saat Main Game

 Hal yang paling mengganggu saat main game di HP adalah lemot, lag, dan patah - patah. Apalagi kalau yang dimainin game online multiplayer, bisa - bisa dimarahin sama temen setim atau bahkan sampai direport, gara - gara lag dan mainnya gak bener.

Lag atau lemot saat main game di HP memang sering terjadi, mungkin Sobat sendiri pernah mengalami. Gimana sih cara mengatasi agar HP tidak lag atau lemot saat main game?

Penyebab HP Lag dan Lemot Saat Main Game

HP lag atau lemot saat main game pasti ada penyebabnya. Ada 2 penyebab yang membuat HP menjadi lemot saat digunakan bermain game.

Nah, Sebelum Sobat cari cara mengatasi HP lag atau lemot saat main game, Sobat harus tahu dulu penyebabnya.

Spesifikasi HP Kurang Mumpuni

Setiap game memiliki minimal spesifikasi yang harus terpenuhi agar game bisa dimainkan dengan lancar (specification requirements). Jika tidak spesifikasi yang dimiliki HP tidak terpenuhi maka game tidak bisa berjalan dengan lancar, bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Nah, jika Sobat mengalami lag atau lemot saat main di HP, bisa jadi HP yang Sobat gunakan spesifikasinya kurang dari yang dibutuhkan game tersebut. Jadi, penyebab HP lag atau lemot saat main game bisa karena spesifikasinya yang tidak memenuhi syarat minimal.

Kalau HP Sobat sudah bagus, tapi mengalami lag dan lemot saat memainkan game. Bisa jadi penyebabnya terlalu banyak aplikasi yang terpasang dan berjalan.

Beberapa aplikasi terkadang tetap berjalan meskipun sudah ditutup, sehingga masih menggunakan kapasitas RAM dan processor sehingga mengganggu performa HP saat digunakan untuk bermain game.

Jadi meskipun HP sudah memenuhi syarat minimal untuk sebuah game, game akan berjalan kurang lancar karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan.

Jaringan yang Kurang Mendukung

Spek HP sudah dewa? Tapi main game masih tetap lag dan patah - patah? Berarti penyebabnya adalah jaringan yang kurang bagus dan stabil.

Jaringan memang sangat mempengaruhi performa HP saat digunakan bermain game online multiplier seperti PUBGM, Free Fire, Mobile Legends, dan sejenisnya. Jika ingin memainkan game - game tersebut dengan lancar, selain spesifikasi HP harus mumpuni, jaringan juga harus mendukung.

Cara Mengatasi HP Lag Lemot saat Main Game

Cara Mengatasi HP Lag dan Lemot saat Main Game

Nah, setelah Sobat mengetahui penyebab HP lag dan lemot saat main game, Sobat akan lebih mudah untuk memilih cara mengatasi agar tidak lag dan lemot lagi. Apa saja Cara Mengatasi HP Lag dan Lemot saat Main Game?

1. Gunakan HP dengan Spesifikasi yang Cukup

Agar Sobat tidak mengalami HP lag dan lemot saat main game, Sobat harus menggunakan HP dengan spesifikasi minimal yang dibutuhkan sebuah game. Dan akan lebih baik jika HP memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Tentunya spesifikasi spesifikasi yang dibutuhkan sebuah game berbeda - beda. Tapi secara umum, untuk game - game yang sedang viral saat ini seperti PUBG Mobile, Free Fire, atau Mobile Legend membutuhkan spesifikasi minimal sebagai berikut :

  • Versi Android 5 ke atas
  • RAM 2 GB
  • Ruang penyimpanan bebas 2 GB

Untuk processor dan GPU, kebanyakan HP Android dengan RAM 2 GB sudah memiliki performa yang cukup.

Tapi ingat, ini adalah spesifikasi minimal yang harus terpenuhi oleh sebuah HP. Masih ada kemungkinan HP akan mengalami lag atau lemot saat memainkan game - game tersebut. Misal terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan ruang penyimpanan pas - pasan, bisa membuat HP lag.

Jika ingin lebih nyaman bermain game, Sobat bisa menggunakan HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari spesifikasi minimal yang dibutuhkan.

Butuh refrensi HP untuk bermain game? cek di : HP Gaming

2. Buang Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Jika Sobat menggunakan HP dengan spesifikasi yang "pas - pasan", hindari memasang atau instal banyak aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan.

Apalagi aplikasi - aplikasi yang berjalan seperti Messanger, Sosial Media, atau game lain yang jarang dimainkan.

Buang atau copot pemasangan (uninstal) aplikasi - aplikasi yang dirasa tidak diperlukan. Sebisa mungkin gunakan aplikasi - aplikasi yang menurut Sobat penting dan sering dipakai. Agar ruang di HP lebih lega dan membuat HP lancar saat digunakan memainkan Game.

3. Jangan Sembarangan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Ada beberapa aplikasi booster yang katanya bisa membuat HP tidak lag atau lemot saat main HP. Memang beberapa booster benar - benar membuat HP lebih lancar saat main game, dengan memfokuskan performa HP untuk menjalankan game dan menutup semua aplikasi lainnya.

Tapi perlu Sobat ketahui, tidak semua aplikasi booster game yang benar - benar bekerja membuat HP tidak lag saat main game. Beberapa malah hanya membuat performa HP menjadi lebih berat.

Biasanya memang ada aplikasi booster bawaan HP yang memang benar - benar bekerja. Kalau memang di HP Sobat tidak ada, lebih baik tidak usah mencari dan instal aplikasi agar HP tidak lag.

4. Gunakan Jaringan yang Mendukung

Jaringan juga sangat mempengaruhi lancar tidaknya main game online di HP. Dengan jaringan yang stabil dan lancar, kita bisa memainkan game online di HP dengan nyaman. Sebaliknya, jika jaringannya tidak mendukung, maka akan jadi lag dan lemot saat main game di HP.

Maka dari itu Sobat harus memilih provider yang memiliki jaringan yang tidak hanya kencang, tapi juga stabil. Lokasi saat main game di HP juga bisa mempengaruhi signal.

Direkomendasikan untuk menggunakan wifi. Selain stabil dan membuat main game di HP jadi lancar, menggunakan wifi juga bisa menjadi salah satu Cara Membuat Baterai HP saat bermain game loh.

Nah, jadi itu Cara Mengatasi HP Lag dan Lemot saat Main Game ya Sobat. Lakukan tips - tips diatas agar Sobat bisa nyaman main game di HP, tanpa khawatir HP akan lag atau lemot.

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi HP Lag dan Lemot saat Main Game"