Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa DC Pinjol Ilegal Datang ke Rumah?

  Jeratan Pinjol Ilegal memang sangat meresahkan. Dengan bunga yang mencekik dan denda keterlambatan yang tidak ada habisnya, Pinjol Ilegal menjadi lintah darat yang akan menghisap darah nasabahnya hingga kering.

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal, memang satu-satunya solusi jika sudah terjerat Pinjol Ilegal dan tidak bisa membayar tepat waktu adalah dengan kabur alias gak usah bayar Pinjol Ilegal.

Kenapa gak usah dibayar? Sebenarnya hal ini sudah kita bahas di artikel sebelumnya yang membahas mengenai Pinjol Ilegal. Yang pasti, Pinjol Ilegal bukanlah perusahaan yang memiliki izin beroperasi. Bahkan Kominfo pun pernah menghimbau masyarakat agar tidak usah bayar Pinjol Ilegal.

Selengkapnya cek di: Pinjol.

Tapi bagaimana kalau ada DC Pinjol Ilegal datang ke rumah? Mungkin ini yang akan ditakutkan banyak orang, ditagih ke rumah oleh pihak DC lapangan Pinjol.

Apa DC Pinjol Ilegal Datang ke Rumah

Apakah DC Pinjol Ilegal Datang ke Rumah?

Bisa dipastikan 100% tidak ada DC lapangan dari pihak Pinjol Ilegal yang akan menagih nasabah gagal bayar ke rumah.

Yakin Pinjol Ilegal tidak ada DC lapangannya?

1. Pinjol Ilegal Tidak Memiliki Izin Resmi

Ya namanya juga Ilegal, tentu tidak memiliki izin resmi dan terdaftar di OJK sebagai regulator penyelenggara jasa keuangan di Indonesia. Semua kegiatannya diawasi dan harus sesuai dengan aturan OJK juga. Mulai dari penerapan bunga hingga prosedur penagihan.

Pinjol ilegal sudah jelas tidak memiliki izin, jadi tidak diawasi dan menaati peraturan OJK. Jadi jika sampai ada DC Pinjol Ilegal yang datang ke rumah, Sobat bisa melaporkannya ke pihak yang berwajib.

2. Identitas Perusahaan Pinjol Tidak Jelas

Pinjol Ilegal tidak pernah menginformasikan identitas perusahaannya dengan jelas. Salah satu contohnya alamat kantor Pinjol tersebut.

Sobat bisa membuktikannya. Saat ditagih melalui telepon, Sobat bisa menanyakan alamat kantornya. Bilang kalau Sobat akan menyelesaikan hutang di kantor. Pasti DC akan menolak dengan berbagai alasan. 

Untuk proses penagihan ke rumah, tentu ada prosedur yang harus dilakukan. Salah satunya DC harus membawa surat penagihan dan identitas sebagai karyawan Pinjol tersebut. Nah, bagaimana ada DC lapangan kalau indentitas perusahaan Pinjol ilegal itu sendiri tidak jelas.

3. Teror DC Pinjol Ilegal

Mungkin kita sudah sering dengar dengan cara penagihannya yang meneror. Memang Pinjol Ilegal melakukan berbagai cara untuk menagih nasabahnya, bahkan sampai nasabah merasa malu dan tertekan sehingga mau tidak mau harus membayar hutang.

Nah, jika kita mengalami cara penagihan yang kasar atau sampai sebar data, menghubungi orang lain untuk menagih hutang kita, ini bisa menjadi kesempatan kita untuk melaporkan DC Pinjol Ilegal.

Kita bisa melaporkan DC Pinjol Ilegal karena perbuatan tidak menyenangkan, dengan ancaman dan teror yang dilakukan untuk menagih. Bisa juga dengan pencemaran nama baik karena menagih ke orang lain dengan kata-kata yang kasar.

Dari 3 poin di atas, bisa dipastikan tidak akan ada DC Pinjol Ilegal yang datang ke rumah.

Masih tidak percaya?

Belum Pernah Ada DC Lapangan Pinjol Ilegal

Dari beberapa pengalaman rekan-rekan dan Sobat Gadget yang pernah Galbay di Pinjol Ilegal, belum ada satupun yang pernah dikunjungi DC lapangan dari pihak Pinjol Ilegal.

DC Pinjol Ilegal hanya berani mengancam dan meneror lewat telepon saja. Mereka tidak akan berani "menampakan batang hidung" mereka, karena memang perusahaannya tidak jelas dan ilegal.

Pinjol Ilegal memang sangat meresahkan dan merugikan. Bayangkan, total tagihan yang harus dibayar bisa mencapai 2 kali lipat dari uang yang kita terima.

Belum lagi denda keterlambaran yang tidak ada batasnya. Denda keterlambatan juga sebenarnya sudah ada aturannya, jika sudah mencapai 100% dari pinjaman pokok maka denda harus berhenti.

Maka dari itu, jika Sobat terjerat Pinjol Ilegal dan tidak sanggup membayar, solusi terbaiknya adalah gak usah dibayar Pinjol Ilegal tersebut. Apalagi kalau sudah lewat jatuh tempo lama, hutang ratusan ribu bisa jadi belasan bahkan puluhan juta.

Meskipun ada teror penagihan yang harus dihadapi. Tapi tidak membayar akan lebih baik jika harus membayar tagihan dengan nominal yang tidak masuk akal.

Tapi perlu diingat, bukan berarti jika tidak ada DC lapangan maka Sobat bisa pinjam di Pinjol Ilegal dengan niat tidak membayar. Ingat juga resiko jika tidak membayar. Bukan hanya Sobat, orang-orang yang ada di kontak HP Sobat juga akan terkena teror penagihan DC Pinjol Ilegal. Kabur hanyalah solusi terbaik untuk yang terlanjur terjebak Pinjol Ilegal, tentunya dengan konsekuensi menghadapi resiko yakni diteror.

Mungkin Sobat punya pengalaman tentang DC Pinjol Ilegal? Share di kolom komentar ya.

Baca Juga:

70 komentar untuk "Apa DC Pinjol Ilegal Datang ke Rumah?"

  1. Saya sedang mengalaminya saat ini , saya trs di teror sampai kontak saya ikut di teror , memang saya telat byr , tpi ini tdk sesuai dgn aturan OJK . Nama aplikasinya dana cepat ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. WA saja ke OJK tentang keluhan yg di hadapi,,setelah itu bantu Email ke OJK sama Bareskrim atau Cyberkrim Cc.Alamat Email Pinjol tersebut

      Hapus
    2. Saya juga sudah dihubungi Dana Cepat. Sejauh ini dia menghubungi orangtua saya, tapi tidak ke kontak lain

      Hapus
    3. Saya juga mengalami hal yang sama, dengan aplikasi dana cepat.. Jatuh tempo h-2 sudah di tagih dan di ancam dengan kata2 binatang, bahkan sampai di buatkan group dan profile photo saya dengan sebutan maling.. Bikin stress banget..

      Hapus
    4. sama saya juga sedang di teror oleh apliksi dana cepat semua kontak saya dikirimin fto saya dengan kata kata maling penipu mantan napi

      Hapus
  2. Bagi yang belum pernah hutang di pinjol ilegal nggak usah deh coba2 pinjam. Bisa2 nggak doyan makan kalau mereka sudah meneror. Anggota kebun binatang akan keluar semua dari mulut mereka.
    Belum lagi kalau sudah ancam2 sebar data, bakal stress kita. Saran Saya SEBUTUH APAPUN JANGAN SEKALI2 KLIK APLIKASI PINJOL ILEGAL, ISINYA HANYA ORG2 TAK BERADAB YANG MAU MENGURAS UANG KITA

    BalasHapus
  3. Saya di teror sama pinjol padahal saya tidak pernah melakukan pijaman di aplikasi tersebut apa yg harus saya lakukan... Masa saya harus bayar tanpa saya minjam

    BalasHapus
  4. Apakh pinjol ilegal akan menghubungi semua kontak yg ada d HP.. Dan apakh kontak HP kita d sadap semua. Bagaimana cara menghapus dta kontak HP bila terlanjur meminjam online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mereka sudah punya data kita, tidak ada cara untuk menghapus. Hiraukan saja.

      Hapus
  5. Ini jg yg sedang sy alami sekarang

    BalasHapus
  6. Ada triknya klo mau pinjam di pinjol ilegal tp tdk bayar...qt harus siap nomor yg bukan primary...dan bikin fake contact aja..nama" sama nomornya...nanti pas udah JT atau mereka neror" tinggal lepas aja nomornya..so simple..

    BalasHapus
  7. Sya jga trjerat ilegal,,,dana cepat itu ikut legal ap ilegal y???

    BalasHapus
  8. Berapa lama para DC meneror kita kak,, saya hampir bunuh diri atas perlakuan ancman merka stres saya jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak tentu. Hadapi saja, jangan takut. Tetap semangat

      Hapus
  9. kredit pintar apakah terdaftar di ojk?? rmh didatangi DC kemarin, qt tanya yg katanya minjem tp dia bilang ngga minjem. ada solusi kah? atau harus lapor kmn? ini katanya tagihan maret sm mei

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak gimana maksudnya ? Soalnya sy jg mau laporin kredit pintar ke polda krn sudah menyalahgunakan data suami sy. Mereka bikin rek BRI pake data suami sy trs melakukan pencairan sndiri. Sy jg tau2 ada DC dtg. Ini ada grupnya kok korban2 nya

      Hapus
    2. serius ka kredit pintar begitu ? aku si udh ga ada pinjaman disitu tapi takut dia menyalahkan data aku aja, tindak lanjutnya gmn ka

      Hapus
    3. saya juga sdang di tagih kredit pintar krna telat,,bunganya smakin hari smakin naik gimana ya solusinya

      Hapus
  10. Saya juga ada maslah di pinjol dan saya juga bingung mesti gmn data udh di sebar n ngancem"dan di sebar ke wa kalo saya pnggelpan dan perusahaan n narkoba.... Saya mng slah udh telat mmbyr tpi mng dana ny g ada n saya udh cape tutup lobang gali lobang... Harus gmn saya tkut sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan pernah membayar hutang dengan hutang. Hadapi saja, selesaikan pelan-pelan.

      Hapus
  11. Saya juga ada maslah di pinjol dan saya juga bingung mesti gmn data udh di sebar n ngancem"dan di sebar ke wa kalo saya pnggelpan dan perusahaan n narkoba.... Saya mng slah udh telat mmbyr tpi mng dana ny g ada n saya udh cape tutup lobang gali lobang... Harus gmn saya tkut sekali

    BalasHapus
  12. Saya juga sedang mengalami terjerat pinjol tapi saya tetap cicil bayar yg bisa saya bayar tapi tetap saja aj yg pinjol ancem2 sudah sebar data..saya ketakutan sampe stress nyesel saat kepepet lari k pinjol

    BalasHapus
  13. Kak, saya juga baru2 ini memakai pinjol ilegal dan jatuh tempo tgl 7 ini, sdgkan saya blm bs byr krn terima tgl 31 juli dan disrh byr tgl 7 agustus, apakah saya hrs kabur aja kak, saya pake nomor laen tapi alamat email pake nomor hp satu lagi yg ada whatapps dll, apakah bisa terdeteksi bila menggunakan nomor laen tp alamat email sama dgn nomor 1 lagi? Mohon sarannya kak, terima kasih

    BalasHapus
  14. Nomor hp dan WA saya di teror sama pinjol.
    Katanya no saya menjadi emergency call, trus lama kelamaan saya gak tanggapin, malah saya yang di tuduh yang menggunakan pinjol tersebut. Dan di katakan bahwa saya kerja sama dengan orang yang melakukan pinjol tersebut.
    Gimana solusinya min ?

    BalasHapus
  15. Apakah bisa menghiraukan teror pinjol setelah data disebar biarkan saja hanya perlu kita jelaskan ke kontak kita setelah itu ganti nomor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan takut itu hanya menggertak saja supaya ibu takut pedahal dia klw di ajak ketemu pengecut berani nya neror gitu klw apk ilegal berani nya neror ga Kya yg resmi pasti DC nya datang ke rumah dengan baik2 sopan

      Hapus
  16. Saya dan suami juga mengalami hal yang sama terjerat pinjol ilegal. Awalnya sy dan suami perpanjangan, lama kelamaan kami capek dan sdh tidak punya lagi dana untuk perpanjangan. Dan sekarang saya dan suami diteror tiap hari , smp di sebarkan ke orang tua, saudara dan semua teman teman.
    Sy sampai stres dan ketakutan, kami takut mereka akan datang ke rmh untuk menagih? Tapi ada teman yg dulu pernah jadi DC pinjol ilegal bilang untuk tdk usah di bayar. Apakah benar seperti itu ???dan sampai brp lama mereka akan meneror kita??

    BalasHapus
  17. Saya jg ini jt tempo besok tgl 17,udh gali lubang tutup lubang tp memang ndak bs byr..udh pasrah,,temen kontak semuaaa saya wa kalau ad nomer baru yg menjelek jelekkan saya sssya sudh suruh jgn hiraukan

    BalasHapus
  18. Saya juga terjerat ni di go pinjem..
    Mau nanya go pinjem apakah ilegal atau legal??
    Solusinya gimana kak
    Apakah bakalan nyebar ke kontak kita??
    Cara menghapus data kontak biar gak terdeteksi gimana ya.. mohon bantuannya

    BalasHapus
  19. Sy jg sedang terjerat pinjol ilegal. Sy bnr" putus asa. Karena mereka sdh terlanjur menyebar teror ke semua kontak. Padahal blm jatoh tempo. Dan sy sdh merasa di rugikan. Padahal sy blm jatuh tempo. Apa sy hrs tetap bayar itu pinjol ato sy abaikan saja min. Karena jika sy bayar nama sy sdh terlanjur jelek. Sy di bilang buronan

    BalasHapus
  20. Saya tidak pernah merasa pinjam uang di pinjol ilegal , sudah saya cek di rekening koran ...
    tapi saya di tagih dengan nominal Rp 1.600.000..
    Tiap hari saya di teror lewat WA dan SMS
    Nama Pinjolnya " Dompet Dana " dengan link https://bit.ly/3zRVI2G

    BalasHapus
  21. Sy jg mengalami'a saat ini diteror dgn bahasa k kebunbinatang pdhal belom jatoh tempo data udh disebar kmn2 itu aplikasi'a bernama ksp tunai Go mari kita pinjam trs pinjaman mudah pokok'a ilegal semua udh sy laporin k ojk semoga ojk membantu bs melaporkan jg k waspadainvestasi

    BalasHapus
  22. saya pinjam di kredit pintar ini sudah telat bunganya naik terus setiap hari,waktu saya tanya ke layanan pengaduan ojk ktanya ilegal tpi ada logo ojk nya itu harus d byr ap ngga yaa soalnya sya sudah stress di teror di ancem mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilegal itu ibu jgn takut mereka hanya menggertak supaya ibu takut tenang aj bu

      Hapus
    2. Sama buk saya juga mengalami hal demikian. Diteror di ss data saya yg ada dimereka lalu mereka kirim ke wa saya, mengancam bahwasanya saya pasti diblacklist di BI checking dan diancam DC akan dtg dalam waktu dekat. Tetapi kata teman saya yg benar2 legal dan berizin ojk hanya ada 3, yaitu kredivo, akulaku, dan maucash fif group. Jadi jika telat di ketiga pinjol tersebut lebih baik dibayarkan. Apakah ibu juga diancam jika DC dtg kerumah?

      Hapus
  23. Kalau tunai rupiah ilegal juga ya.
    Saya stress ga bisa bayar terpaksa pinjam lagi pinjam lagi hanya utk perpanjang tenor bagaimana ya sudah tidak sanggup

    BalasHapus
  24. Apakah kredit pintar ilegal? Kok ada gambar ojk nya, dan penagihan nya pun mengancam, jadi takut saya nya, bagaimana cara mengatasi nya, sedangkan keadaan lagi buruk ��

    BalasHapus
  25. Saya tiba" di chat sama cashwagon untuk membayar pinjol, kalau tidak ektp saya akan di blokir dan mereka akan ke lapangan. Apakah mereka bakal datang & memblokir ktp saya ?

    BalasHapus
  26. Uda baca semua komentar dari rekan rekan seperjuangan yg mencoba keluar dari riba dan jerat pinjol ini. Saya bener bener relate, bukan hanya relate bahkan ngerasain hal yang sama. Saya terjebak di 7 app pinjol karena kemarin saya kesulitan ekonomi ditambah perusahaan t4 saya bekerja terkena dampak pandemi dan ppkm sangat besar. Ditambah saya juga kuliah semester akhir biaya muncul tiap bulannya dan gak sedikit. Selalu gali lubang tutup lubang, alhasil saya terjerat dan skrg semua app tersebut sudah jatuh tempo. Yang saya herankan mereka semua jatuh tempo dibawah 30 hari, bahkan ada yg hanya 14 hari tapi bunganya nauzubillah sekali. Saya juga diteror dgn kalimat menghina, kebun binatang, bahkan kata2 kotor. Sosial media saya di screenshoot alhasil saya shock dan ketakutan lalu memutuskan untuk tutup akun sementara. Apakah teman2 juga ada yg demikian? Dan saya ingin bertanya daerah mana saja yg DC nya pasti kerumah? Apakah wilayah diluar jakarta, medan misalnya akan didatangi juga? Krn saya sudah sering dapat wa dengan nama DC yg mencantumkan nama org dengan marga batak akan dtg kerumah. Sungguh saya sangat takut padahal saya bener2 mau tobat dari jeratan pinjol ini. Bantu infonya teman teman sekalian 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ilegal 100% tidak akan ada DC yang datang. Kalau legal lebih baik didatangi dc untuk bisa negosiasi pelunasan. Tidak perlu takut atau khawatir, DC Pinjol legal kebanyakan baik dan sangat bisa untuk diajak nego.

      Hapus
    2. Saya bingung sekali banyak di website yg membahas pasal pinjol terutama dari website ini bbrp app yg saya pinjami katanya ilegal, tapi tertera label ojk nya bahkan saya cek di website ojk bbp aplikasi tsb ada yg benar2 sudah berizin dan hanya terdaftar. Kreditpintar,optima,bantusaku,fintecksyariah,pinjamindo,easycash, itu semua giliran selalu mengancam akan sebar data sampai bilang akan menonaktifkan rekening bank saya jika saya tak membayar. Bahkan sudah ada yg berbunga setengah dari pinjaman yg saya ambil. Apakah app yg saya sebut tadi semua ilegal atau ada yg legal? Mohon pencerahannya min

      Hapus
    3. Kalau sekedar logo saja tidak bisa dipakai semua aplikasi Pinjol. Untuk memastikan bisa cek langsung ke situs resmi OJK mengenai legalitas aplikasi tersebut.

      Hapus
  27. Saya stres di paksa harus bayar oleh cashcash now di aplikasi cash store.meminjam 1600 yang di terima hanya 1 juta dan saya harus mengembalikan 1600 sebelum jatuh 3 sudah di paksa untuk membayar bingung saya di ancam terus sampe ga bisa trus.terpaksa pinjam ilegal karna ga bisa beli susu buat anak untuk bertahan hidup karna suami menganggur...saya bingung jarus gimana sy sudah buat email ke satgas dan wa ke ojk.kalau sy tidk membayar sy takut nanti tagiham saya sampe puluhan juta dan dc datang ke rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abaikan saja. CCN hanya seminggu doang teror. Hbs itu berhenti sendiri. Dan paling meminta dibayar pokoknya aza . Ancam balik aza dia akan diam.

      Hapus
  28. Saya juga sama terjerat pinjol ilegal karna kebutuhan anak.saya stres di paksa di teror suruh membayar saya takut kalau sy tdk membayar data saya akan di sebar dn disalah gunakan ..bahkan anak sy yg baru 2 tahun di ancam.saya takut bunganya akan semakin membengkak..saya meminjam 1600000 dan saya hanya menerima 1024000 dan harus mengembalikan jarak 3 hari..nama aplikasinya cashcashnow dan saya meminjam di akun cashstore saya harus bagaimana saya sudah membuat pengaduan ke ojk dan ke satgas tp belom ada jawaban..saya takut mereka datang kerumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ilegal tidak akan datang ke rumah

      Hapus
  29. Sya juga kena teror dri aplikasi dana lancar, rupiah maju.
    Dgn penagihan ancaman dan sebar data seluruh kontak dihp saya dihubungi dan diteror suruh byar
    Mohon bantuan gmna caranya agar tidak teror lgi sya udah ga sanggup byar usha sya ancur

    BalasHapus
  30. Teman teman semua
    Semoga kita bisa lepas dari jerat pinjol, terutama yg ilegal 🤲🏻

    BalasHapus
  31. Saya juga gitu, karena saya hanya irt dan suami kemaren nganggur 3bulan terpaksa pinjol ilegal... Dan sekarang terjerat di 10 aplikasi pinjol ilegal. Saya mengajukan 1,8jt yg saya terima hanya 1,005,000 dan harus mengembalikan kurang dr 6hari. Akhirnya gali lobang tutup lobang, dan sekarang saya di teror oleh banyak nomer tapi saya sudah laporkan ke satreskrim. Saya cuma ingin tanya apa benar DC ilegal TDK akan datang ke rumah? Dan apakah DC ilegal hanya mampu teror saja agar si peminjam stres, sampai dia mampu melunasi? Kalau ganti nomer dan hp apa bisa?

    BalasHapus
  32. Lalu kalau ada DC yg pinjol ilegal yg mengaku OJK gmna min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab saja aplikasinya tidak ada di daftar Fintech Legal OJK

      Hapus
  33. Kotakkoin itu legal apa ilegal ya

    BalasHapus
  34. Saya msh baru di dunia perpinjolan,kmrn sy cb liat aplikasi kredit rupiah,disitu disuruh klik ajukan pinjaman dengan tenor 30hr,sy cb klik utk liat simulasi pinjaman tp ternyata lsng dikirim danany tanpa ada info bunga atau apapun.pinjaman 1,8 cair 1,1 tenot 8hr.sy sdh cb email ke cs kredit rupiah utk mengembalikan uang yg sdh msk pd saat itu jg dan msh blm direspon.sy takut nanti sy tdk bs bayar dan org2 di contact sy diteror

    BalasHapus
  35. Kalau joki pinjol aman ga min? Udah cape gali lobang tutup lobang. Udah habis semua harta buat nutup pinjol ilegal.apa pinjol ilegal bakal datang ke kantor jg?kmrn pngajuan bukan pake nomor kantor yg sebenernya sih.tp tetep was was aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik jangan meskipun aman. Pinjol Ilegal kalau sudah telat pasti tagihan akan membengkak, solusi terbaiknya tidak usah dibayar. Dan DC Pinjol Ilegal tidak akan pernah datang.

      Hapus
  36. saya terjerat hampir 17 aplikasi pinjol ilegal...berawal dri 1 pinjol dgn nilai pi jaman 1jtaan di situ mecantumkan tenor hingga 91 hri namun setelah di klik menjadi 7 hari...sblm waktu jatuh tempo sdh di tlp meneror dan sudah sebar data dan akhirnya saya buka apk pinjol lgi terus dan terus gali lobang tutup lobang sehingga mencapai 17 pinjol ilegal...dan skarang sudah hampir 20jt...jdi hrs gimna min apa galbay saja ap gimana min mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya jangan pada bayar. Sdh ada intruksi dr menkopolhukam. Kenpa. Karena sangking banyaknya pinjol ilegal. Sulit utk memberantas dg cepat. Akhirnya klo kompak semua Meraka dengan sendiri akan bangkrut.
      Resiko sebar data abaikan saja. Toh ga akan selamanya .

      Hapus
  37. Min saya ada 4 apk ilegal. Dan sdh lewat jatuh tempo di cashcashnow tetapi tidak ada penagihan lewat wa atau SMS.
    Cuma bunga trs bertambah.
    Yg model begini gimana.
    Ada satu lagi dr Kantong Kas KSP. Dia malah minta pokoknya aza. Di balikin . Setelah saya minta nomer VA dia ga kasih. Apakah akan ada penagihan lagi kedepanya. Dan bagaimana bunga yg tetap berjalan? Mohon solusinya

    BalasHapus
  38. Klo kteditin sama Qdana lega app gk

    BalasHapus