Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Beli iPhone Bekas, Hal yang Perlu Diperhatikan saat Beli iPhone Second

 Tips Membeli iPhone Bekas - Siapa sih yang gak pengen punya iPhone? Ya, meskipun tidak sedikit juga pengguna smartphone yang lebih nyaman dengan Android. iPhone memang sangat erat dengan kesan mewah dan mahal. Mungkin karena hal itulah iPhone menjadi salah satu smartphone idaman, terutama di kalangan kaum melenial.

Untuk bisa memiliki iPhone terbaru, kita harus merogoh kocek yang cukup besar. Bahkan untuk memiliki iPhone seri sebelumnya, yakni iPhone X ataupun iPhone 11, kita harus memiliki budget sekitar 10 jutaan.

Solusi untuk kita yang memiliki budget minim, adalah dengan membeli iPhone bekas atau second. Emang berapa harga iPhone bekas? Yah untuk kisaran harga 2 -3 juta, sudah dapat iPhone 6s kok, bahkan iPhone 7. Range harga segitu tentunya masih reachable lah ya alias terjangkau, untuk kita yang ingin punya iPhone dengan budget minim.

Apa iPhone bekas masih bisa dan enak dipakai? Secara umum, untuk iPhone 6S dan iPhone 7 masih sangat layak untuk dibeli di tahun 2021 ini, cek artikel sebelumnya "Apakah iPhone 7 Masih Bagus dan Layak untuk Dibeli?".

Tapi, bagus tidaknya sebuah iPhone bekas atau second, tergatung dari kondisi barang itu sendiri ya. Nah, kali ini jagoangadget.com akan membagikan Tips Membeli iPhone bekas, agar Sobat bisa membeli iPhone bekas dengan kondisi yang masih bagus dan tidak tertipu.

Tips Membeli iPhone Bekas

Ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah iPhone bekas. Antara lain :

Tips Membeli iphone Bekas

1. Cek Harga Pasaran

Hal pertama yang harus perhatikan sebelum membeli iPhone bekas adalah pasaran harga, apalagi kalau Sobat tidak memiliki pengetahuan sama sekali pasaran iPhone bekas yang ingin Sobat beli.

Sobat bisa cek harga di e-commerce dan marketplaceseperti Tokopedia, Bukalapak, Market Place Facebook, ataupun OLX. Tinggal cari tipe iPhone yang akan dibeli, misal "iPhone 7 32GB", nah nanti akan muncul semua iPhone bekas tipe tersebut yang dijual.

Tapi ingat, harga yang ada tidak bisa menjadi patokan pasti. Sobat jangan melakukan pricing police alias membandingkan harga dengan barang dari penjual lain. Karena harga lebih murah bisa jadi dikarenakan faktor kualitas dan kondisi barang yang lebih buruk.

Tapi harga pasaran ini bisa menjadi pertimbangan Sobat, untuk menilai murah atau mahalnya sebuah iPhone bekas yang dijual.

2. Garansi iPhone

iPhone bekas dengan harga dibawah 10 juta, kebanyakan adalah iPhone seri keluaran lama. Tentunya sudah lebih dari 1 tahun dan garansinya juga sudah habis. Tapi garansi juka perlu diperhatikan sebelum Sobat membeli sebuah iPhone.

iPhone bekas garansi resmi seperti TAM atau Erafone, punya peluang lebih besar memiliki kualitas bagus dan sedikit kemungkinannya ada masalah dengan barang. Sedangkan iPhone garansi distributor, ada kemungkinan barang adalaha iPhone refurbish. Tapi bukan berarti semua iPhone bekas garansi distributor jelek ya. Hanya saja Sobat perlu lebih teliti memeriksa kondisi iPhone bekas garansi distributor, daripada iPhone bekas garansi resmi.

Ada juga iPhone Garansi Internasional. Untuk barang ini, lebih baik Sobat memeriksa IMEI nya ya. Karena untuk ponsel dari luar yang masuk Indonesia tanpa izin, jaringannya diblokir dan tidak bisa digunakan di Indonesia. Cek artikel terkait : "Cara Mendaftarkan IMEI iPhone Luar"

3. Pastikan Bukan Barang Curian

Bukan hanya iPhone saja, jika beli HP, pastikan barang tersebut bukanlah barang curian. Karena kalau Sobat membeli barang curian, dan pemilik sebelumnya menemui Sobat menggunakan barangnya, Sobat bisa mendapatkan masalah loh. Bisa - bisa Sobat dituduh sebagai penadah, meskipun tidak tahu apa - apa dan hanya membeli barang tersebut.

Untuk iPhone ada beberapa cara untuk memastikan bahwa sebuah iPhone bekas yang dijual bukanlah hasil curian.

Pertama, pastikan IMEI yang tertera di box sama dengan yang diperangkat. Akan lebih baik jika Sobat membeli iPhone bekas dengan kondisi fullset atau lengkap. Tapi ada juga yang memang beberapa kelengkapannya hilang dan tidak bisa disertakan dalam penjualan. Jadi Sobat harus menggunakan cara lainnya.

Yang kedua pastikan iCloud kosong. Atau jika memang masih terkait dengan sebuah akun iCloud, pastikan penjual tahu passwordnya dan bisa log out akun tersebut. Tapi ada kemungkinan juga sih, iPhone tanpa iCloud dicuri dan kemudian dijual.

Ketiga, Sobat bisa tanyakan langsung kepada penjualnya. Apakah barang aman? Bukan iPhone curian atau sejenisnya? Memang hal ini membutuhkan kejujuran si penjual ya.

Dan yang terakhir, jika Sobat melakukan pembelian iPhone bekas secara offline dengan penjual perorangan (bukan toko), Sobat bisa meminta identitas penjual. Jika memungkinkan, lakukan transaksi di rumah si penjual. Jadi, kalau memang terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, Sobat bisa menemui penjual tersebut. Kalau secara online akan lebih murah, karena akan ada rekam jejak yang bisa ditelusuri.

4. Kondisi iPhone Bekas

Hal yang tidak kalah penting adalah kondisi iPhone bekas yang akan dibeli. Pastikan barang masih berfungsi dengan baik, jika memang ada kekurangannya pastikan penjual menjelaskan apa saja yang menjadi kekurang iPhone bekas yang akan dijual.

Kondisi yang perlu dicek sebelum membeli iPhone bekas :

  • Kondisi fisik barang
  • Hardware (layar, tombol, port, speaker, mic, kamera, dsb) masih bekerja dengan baik
  • Fitur - fitur yang berfungsi
  • Jaringan masih oke
  • Kondisi baterai

Sebenarnya cara untuk memeriksa kondisi iPhone bekas cukup mudah, Sobat hanya perlu mencobanya. Jika Sobat bingung, akan kita bahas di artikel berikutnya, agar artikel kali ini tidak terlalu panjang dan bisa membahasnya dengan lengkap.

Kesimpulan untuk Tips Membeli iPhone Bekas

4 poin di atas merupakan hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli iPhone bekas. Jika sebuah iPhone bekas sudah sesuai dengan apa yang kita bahas di atas, Sobat bisa langsung membelinya.

Jika Sobat memiliki tips - tips lain untuk membeli iPhone bekas yang belum disebutkan, bisa share di kolom komentar ya. Atau mungkin ada kesalahan dalam informasi yang Jagoan Gadget sampaikan, kritik dan saran sangat kami nantikan.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca Tips Beli iPhone Bekas, semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Sobat Gadget.

Posting Komentar untuk "Tips Beli iPhone Bekas, Hal yang Perlu Diperhatikan saat Beli iPhone Second"