Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terlilit Hutang di Pinjol? Ini Solusi Terbaik Terlepas dari Jeratan Pinjol

 Hadirnya Pinjol merupakan sebuah inovasi di bidang keuangan, sekaligus menjadi tanda semakin majunya teknologi. Tentu kemajuan seharusnya bertujuan untuk membuat suatu hal lebih mudah dan membantu. Dengan pinjol, orang lebih mudah untuk mengajukan dan mendapatkan pinjaman dengan lebih mudah.

Solusi Terlepas Jeratan Pinjol

Namun, tidak banyak orang yang bukannya terbantu tetapi malah menambah masalah dengan kehadiran pinjaman online ini. Tidak sanggup membayar hutang dan terlilit hutang di Pinjol. Bahkan ada yang sampai "gali lubang, tutup lubang", sehingga hutang semakin banyak.

Alasan Terlilit Hutang di Pinjol

Mengajukan pinjaman tanpa tahu cara melunasinya menjadi alasan utama banyaknya orang terjerat dilingkaran pinjol hingga melakukan "gali lubang, tutup lubang".

Idealnya, ketika kita melakukan pinjaman untuk mengatasi permasalahan keuangan atau kebutuhan keuangan, kita harus tahu bagaimana nanti kita akan membayar hutang yang telah kita ambil. Atau setidaknya memikirkan kemungkinan terburuk, jika kita tidak bisa melunasi hutang saat jatuh tempo.

Kita tidak bisa menyalahkan orang yang "asal" pinjam di aplikasi Pinjol. Karena memang ketika seseorang sudah tidak menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah ekonominya, segala hal bisa dilakukan, termasuk pinjam di Pinjol.

Mudahnya mengajukan pinjaman di aplikasi Pinjol juga menjadi alasan banyaknnya orang terlilit hutang di Pinjol. Tinggal download aplikasi, mengajukan pinjaman, jika disetujui uang bisa langsung masuk ke rekening kita hanya dalam hitungan menit.

Persetujuan pinjaman di aplikasi Pinjol relatif lebih mudah dibandingkan pinjaman konvensional seperti pada Bank, Koperasi, dan lainnya. Tanpa ada proses survey apakah kita layak mendapatkan pinjaman dan sanggup untuk membayarnya.

Kita juga tidak bisa menyalahkan pihak aplikasi Pinjol, karena memang semua aplikasi Pinjol resmi sudah diatur oleh lembaga negara terkait, yakni OJK dalam aktivitasnya. Mulai dari proses pengajuan, persetujuan pinjaman, penerapan bunga, dan sebagainya sudah ada aturannya.

Bunga dan tenor yang ditawarkan tiap aplikasi Pinjol berbeda. Mungkin beberapa Pinjol menawarkan pinjaman dengan bunga yang "terlihat" ringan, namun jika melihat tenor pinjaman yang relatif singkat, meskipun bunga ringan pinjaman akan sulit untuk dilunasi apalagi untuk orang yang sedang mengalami kesulitan ekonomi.

Jadi bisa disimpulkan Alasan Terlilit Pinjol, antara lain :

  • Mengajukan pinjaman tanpa tahu cara melunasi
  • Pinjol mudah cair atau disetujui
  • Tenor pinjaman relatif lebih singkat
  • Bunga relatif tinggi

Untuk informasi, pembahasan kita kali ini tentang jeratan aplikasi Pinjol resmi. Untuk Sobat yang belum tahu, ada juga Pinjol ilegal, dimana bunganya yang mencekik. Cek di artikel : Terjerat Pinjol Ilegal? Tidak Usah Dibayar!

Solusi Terbaik untuk Terlepas dari Jeratan Pinjol

Di artikel kali ini, kita akan fokus membahas tentang Solusi Terbaik untuk Terlepas dari Jeratan Pinjol. Cara terbaik untuk terlepas dari lilitan hutang di aplikasi pinjaman online adalah menghadapi dan menyelesaikannya. Bagaimana caranya?

1. Rinci Hutang - Hutang di Pinjol yang Ada

Jika kita punya hutang di lebih dari 1 Pinjol, akan lebih mudah jika kita memiliki daftar atau rincian hutang - hutang kita. Dengan daftar yang ada, kita bisa memperkirakan berapa nominal yang harus terkumpul untuk melunasi semuanya.

Kalau bisa, buat rincian sedetail mungkin. Berapa nominal hutang, kapan jatuh temponya, dan berapa denda yang berlaku jika terlambat bisa juga ditambahkan di rincian hutang setiap aplikasi Pinjol. Dengan begitu kita bisa meminimalisir kerugian karena membayar denda keterlembatan, dengan menyelesaikan terlebih dahulu hutang yang dendanya besar.

2. Segera Lunasi Hutang

Jika Sobat memiliki kemampuan untuk melunasi hutang - hutang tersebut, segera lunasi dan jangan menunda - nunda. Mungkin hal ini akan sulit, karena orang yang meminjam di Pinjol pasti sedang kesulitan ekonomi dan akan sulit untuk melunasi hutang.

Jika tidak melunasi semua hutang di Pinjol, bisa selesaikan hutang di 1 aplikasi Pinjol terlebih dahulu. Agar beban berkurang, dan mengurangi kemungkinan harus membayar denda keterlambatan melunasi hutang.

3. Jangan Pernah Membayar Hutang dengan Hutang

Masih tidak bisa melunasi? Tetap tenang dan berusaha lunasi hutang. Jangan sekali - kali meminjam atau berhutang untuk melunasi hutang lainnya (gali lubang - tutup lubang), apalagi hutang di aplikasi Pinjol.

Membayar hutang dengan hutang bukanlah solusi, melainkan mendatangkan permasalahan baru. Mungkin Sobat akan tenang jika sudah melunasi hutang, meskipun dengan uang dari berhutang. Tapi ingat, akan ada hutang yang lebih besar menanti untuk dibayar.

4. Fokus Bekerja

Untuk melunasi hutang tentunya membutuhkan uang. Uang didapatkan dari hasil kerja kita, entah itu kerja sebagai karyawan atau wiraswasta (pengusaha, pedagang, dan sebagainya).

Punya hutang kadang membuat kita kepikiran dan mengganggu kita untuk fokus bekerja. Singkirkan gangguan - gangguan itu, akan lebih baik jika Sobat fokus bekerja untuk bisa melunasi hutang - hutang yang ada.

5. Hiraukan Penagihan yang Bersifat Meneror

Mungkin hal ini sangat jarang ditemu di aplikasi Pinjol resmi. Karena untuk proses penagihan juga diatur oleh OJK.

Tapi jika Sobat mengalami penagihan yang bersifat meneror atau sejenisnya, lebih baik hiraukan saja. Fokuslah untuk bekerja agar bisa melunasi hutang.

6. Hadapi DC yang Datang

Beberapa aplikasi Pinjol memang memiliki DC lapangan yang akan mengunjungi rumah nasabah perihal hutang yang ada, cek di DC Pinjol Apa Aja Sih yang Datang ke Rumah?

Jika memang ada DC Pinjol yang mendatangi rumah Sobat, hadapi. Sampaikan itikad Sobat yang memang ingin melunasi hutang, namung masih ada kendala sehingga tidak bisa melakukannya.

Bagi Sobat yang belum pernah didatangi DC Pinjol mungkin akan merasa takut, khawatir dan sebagainya. Sobat tidak perlu takut, karena penagihan Pinjol Resmi juga diawasi oleh lembaga negara terkait. Tidak akan ada penagihan yang kasar, pemaksaan, apalagi sampai menyita paksa aset Sobat.

7. Nego untuk Mencicil Hutang

Takut ada DC Pinjol datang ke rumah? Seharusnya Sobat malah berharap mereka datang. Karena jika ada DC Pinjol, akan lebih memudahkan Sobat melakukan negosiasi pencicilan untuk melunasi hutang.

Dengan mencicil hutang, akan lebih mudah kita menyelesaikan atau melunasi hutang tersebut.

Mintalah keringanan untuk mencicil hutang sesuai kemampuan yang ada. Dan ingat, pembayaran cicilan harus melalui aplikasi dan jangan ke DC, untuk menghindari adanya kecurangan.

Dan perlu diperhatikan juga, cicilan yang diberikan akan bisa melunasi hutang kita juga. Jangan sampai pihak Pinjol memberikan opsi cicilan namun dengan denda yang terus berjalan, sehingga bisa - bisa hutang tidak akan lunas meskipun di cicil.

Akhir Kata

Jadi itulah Solusi terbaik yang bisa diambil untuk terlepas dari jeratan hutang Pinjol. Usahakan untuk sebisa mungkin segera lunasi hutang di Pinjol. Tapi ingat, jangan membayar hutang dengan hutang, karena hal tersebut bukanlah solusi dan akan menambah masalah.

Punya hutang memang membuat kita resah, banyak pikiran, bahkan fokus bekerja. Tapi kita harus mengenyampikan itu semua, kita harus tetap tenang dan tetap fokus bekerja untuk bisa menyelesaikan pemasalahan hutang di aplikasi Pinjol.

Sekali lagi, pembahasan ini tentang aplikasi Pinjol Resmi. Jika terjerat hutang di aplikasi Pinjol Ilegal, mungkin solusi terbaiknya adalah dengan tidak membayarnya. Cek di : Cara Kabur dari Pinjol Ilegal.

Posting Komentar untuk "Terlilit Hutang di Pinjol? Ini Solusi Terbaik Terlepas dari Jeratan Pinjol"