Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Online Tanpa Modal di Bulan Puasa Ramadhan

 Ide Bisnis Online Tanpa Modal - Bulan Ramadhan, memang menjadi berkah untuk semua umat muslim, terutama bagi pembisnis yang ingin mencari rejeki di bulan ini.

Saat bulan Ramadhan, kebanyakan orang menjadi lebih konsumtif. Orang - orang akan menghabiskan uangnya untuk merayakan hari raya umat Muslim yang setaun sekali ini. Mulai dari beli baju, makanan, bingkisan untuk dibagikan, dan banyak lagi.

Nah, ini bisa buat kesempatan untuk Sobat untuk meningkatkan bisnis atau mungkin memulai sebuah bisnis mulai dari nol.

Ide Bisnis Online Tanpa Modal di Bulan Ramadhan

Memulai bisnis memang akan lebih mudah jika kita sudah memiliki modal. Tapi Sobat juga bisa loh memulai sebuah usaha atau bisnis mulai dari nol, tanpa modal. Asal ada niat untuk memulai dan yang terpenting ide. Apa saja ide bisnis online tanpa modal di bulan Ramadhan?

Ide Bisnis Online Tanpa Modal Bulan Ramadhan

Dropship Jualan Baju Online

Baju merupakan salah satu barang terlaris yang dicari dan dibeli saat mendekati lebaran. Bahkan saat awal Ramadhan banyak mall dan pertokoan yang membuat "discount Ramadhan" untuk menarik minat pembeli.

Jika Sobat ingin memulai bisnis online jualan baju tapi tidak punya modal, jangan khawatir, ada cara mudah untuk memulai bisnis jualan baju online tanpa modal. Dropship, bisa menjadi solusinya.

Untuk Sobat yang belum paham mengenai Dropship, bisa baca artikel sebelumnya di "Cara Dropship, Jualan Online Tanpa Modal dan Stock Barang". Tapi akan kita bahas sedikit cara Dropship jualan baju online.

1. Cari Supplier Baju

Banyak cara mencari supplier baju untuk dijual kembali. Paling mudah jika Sobat mempunyai kenalan, rekan, atau saudara yang berjualan baju. Sobat bisa memasarkan dan menjualkan barang mereka secara dropship.

Sobat juga bisa mencari supplier baju di e-commerce, marketplace ataupun di sosial media. Tentunya Sobat harus mencari supplier yang terpercaya. Untuk melihat seorang seller trusted atau tidak, Sobat bisa melihat ulasan dari pembeli sebelumnya dan banyaknya transaksi yang sudah dilakukan seller tersebut.

Setelah menemukan seller yang akan dijadikan supplier, Sobat bisa konfirmasi untuk menjualkan produk - produknya. Selalu minta update tentang stock produk yang dijual agar memudahkan pemasaran produk tersebut.

2. Memasarkan Produk

Sobat bisa langsung memasarkan produk - produk yang dijual secara online. Bisa melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Buat postingan dengan gambar yang menarik dan deskripsi yang lengkap.

Sebenarnya bisa juga memasarkan baju secara online melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan sejenisnya. Namun hal ini membutuhkan modal, ketika ada pesanan masuk Sobat harus membeli barang yang dipesan terlebih dahulu di supplier. Tapi jika Sobat bisa mengakali hal ini, misal supplier adalah saudara atau orang yang percaya dengan Sobat, bisa memasarkan produk Dropship di e-commerce.

Jangan lupa untuk markup harga untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan barang secara Dropship.

3. Penjualan Sistem Dropship

Ketika ada pesanan masuk, pembeli akan memesan dan melakukan pembayaran. Setelah pembayaran Sobat terima, Sobat bisa langsung meneruskan pesanan (membeli barang di supplier) dan mengirimkannya langsung ke pembeli.

Sebelum supplier mengirim pesanan, Sobat bisa minta untuk mengganti nama pengirim dengan nama Sobat atau nama toko online Sobat.

Jualan Kue Kering Online

Memang jika ingin bisnis kue kering harus memiliki modal terlebih dahulu. Tapi Sobat bisa mengakali hal ini agar bisa memulai jualan kue kering tanpa modal.

Sobat bisa menggunakan sistem Pre Order, dimana pemesan membayarkan penuh harga pesanan, kemudian baru Sobat membuatkan pesanan tersebut.

Memang, kebanyakan orang ingin membeli barang secara langsung, ada uang ada barang. Namun Sobat bisa melakukan beberapa hal agar orang mau PO atau membayar terlebih dahulu. Misalnya dengan membuat kue yang enak, menarik, dan unik. Harga yang bersaing juga bisa membuat orang mau memesan dan membayar terlebih dahulu.

Dengan begitu, jika ada pemesan dan membayar lunas pesanan. Sobat bisa langsung membuatkan pesanan tanpa harus punya modal terlebih dahulu.

Pemasaran bisa Sobat lakukan melalui media online ya. Seperti sosial media, broadcast di Whatsapp, dan sebagainya.

Jualan Takjil Tanpa Modal

Jika Sobat memiliki tempat yang cukup strategis untuk jualan takjil, misal rumah di pinggir jalan, Sobat bisa berjualan takjil tanpa harus keluar modal loh. Bagaimana caranya?

Saat bulan puasa, Sobat pasti sering menemukan orang - orang berjualan berbagai makanan dipinggir jalan. Apakah orang tersebut membuat makanan itu semua sendiri? Tidak, makanan tersebut adalah titipan dari orang yang membuatnya dan si penjual tinggal menjajahkannya.

Sobat bisa bertanya kepada orang - orang sekitar apakah ada yang ingin menitip jualkan makanannya kepada Sobat, atau juga bisa mencari orang yang membuat takjil untuk dititipkan kepada Sobat di sosial media.

Tips Agar Jualan Takjil Laris

Usahakan makanan yang dititipkan ke Sobat bisa terjual banyak atau habis ya. Karena pembuat makanan juga ingin jualannya habis. Meskipun Sobat tidak rugi jika dagangan tidak habis, tapi pembuat tentunya yang akan rugi.

Pertama Sobat harus memilih dan memilah, makanan apa saja yang bisa terjual banyak. Jangan asal menerima titipan dagangan ya, karena kalau tidak laku kasian juga pembuatnya.

Jangan terlalu banyak cari untung. Dengan harga yang murah, bisa membuat orang lebih tertarik membeli barang yang sobat jual. Misal Sobat mengambil untung 500 rupiah per barang, jika Sobat bisa menjual 100 pcs saja Sobat bisa mengantongi untuk 50 ribu rupiah tanpa harus mengeluarkan modal.

Sobat juga bisa mempromosikan takjil atau makanan yang Sobat jual di sosial media. Jika memungkinkan, buat layanan Delivery Order, dengan mengantarkan pesanan langsung ke pembeli. Tentunya cara ini bisa menjaring pembeli yang tidak bisa datang langsung ke tempat Sobat.

Akhir Kata

Banyak sekali ide bisnis online tanpa modal di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan. 3 yang jagoangadget.com jelaskan di atas bisa Sobat coba untuk memulai sebuah bisnis.

Sebenarnya bisnis atau usaha ini sudah biasa dan banyak orang yang melakukan. Tapi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi kita bisa mengembangkan dan berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari usaha - usaha tersebut.

Jika Sobat sudah memulai usaha ini dan ternyata berhasil, Sobat bisa meneruskannya meskipun bulan Ramadhan sudah lewat. Jangan lupa untuk tetap menyimpan kontak pelanggan - pelanggan Sobat ya, karena mereka merupakan "aset bisnis".

Jika mungkin Sobat suatu saat memiliki usaha baru, Sobat bisa menawarkan kepada mereka. Apalagi kalau pelanggan - pelanggan tersebut sudah percaya dengan Sobat, maka akan lebih mudah Sobat menawarkan produk atau usaha baru kepada mereka.