Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa iPhone 7 Masih Bagus? Masih Layak Dibeli di 2021?

 iPhone memang menjadi salah satu smartphone yang diidamkan kebanyakan orang Indonesia, terutama kaum milenial ya. Selain kualitas dan fitur - fitur canggihnya sudah terbukti, memiliki iPhone seakan - akan memiliki gengsi tersendiri.

Sebenarnya banyak smartphone lain selain iPhone yang keren, berkualitas, dan gak kalah canggih. Tapi memang iPhone sudah menjadi smartphone idaman milenial. Apa sih alasan Sobat memilih iPhone? Tulis di kolom komentar ya.

iPhone memang terkenal smartphone yang mahal, iPhone 12 yang terbaru saja harga tipe termurahnya 12 jutaan. Mungkin harga menjadi salah satu alasan ya, kenapa banyak orang ingin punya iPhone. Punya iPhone = Sultan.

Kalau Sobat ingin beli iPhone tapi budget masih dibawah 10 juta, atau bahkan dibawah 3 juta, tenang, Sobat masih bisa kok memiliki smartphone dari Apple ini.

iPhone Termurah di Tahun 2021

Apa iPhone 7 Masih Layak Dibeli.

Uang 3 juta dapat iPhone apa? iPhone HDC? Jelas tidak, jagoangadget.com sangat tidak merekomendasikan untuk beli iPhone HDC, bisa baca di artikel sebelumnnya "Alasan Kenapa Jangan Beli iPhone HDC". Dengan uang 3 jutaan, Sobat bisa memiliki iPhone 7.

Kalau soal harga, memang iPhone 7 ini bukan yang paling murah ya. Banyak iPhone seri dibawahnya yang harganya jauh lebih murah seperti iPhone 6, 5, dan lainnya. Tapi apakah iPhone ini masih layak dengan semakin canggihnya teknologi saat ini?

Jadi iPhone 7 ini adalah iPhone termurah dan terlayak yang bisa Sobat beli di tahun 2021 ini.

Alasan Kenapa iPhone 7  Masih Layak Dibeli

Ada beberapa hal yang membuat iPhone 7 masih sangat layak untuk dibeli dan digunakan di tahun 2021 ini.

1. Harga Terjangkau

Rata - rata daya beli smartphone orang Indonesia adalah smartphone di kisaran harga 2 sampai 3 juta. Sobat bisa melihat banyak brand - brand smartphone yang bersaing meluncurkan smartphone di range harga ini, karena permintaan memang kebanyakan di harga tersebut.

Untuk sebuah iPhone, harga 3 juta sanga terjangkau untuk dibeli. iPhone 7 dengan kapasitas 32 GB (terkecil) dibanderol dengan harga 2,3 jutaan. Tentunya dengan kondisi second (bekas) ya, karena iPhone 7 sudah tidak diproduksi (discontinue) lagi sehingga tidak ada unit yang dijual dengan kondisi baru.

Jika Sobat memiliki budget 3 juta, mungkin bisa membeli iPhone 7 dengan kapasitas internal yang lebih besar. Atau juga bisa beli iPhone 7 plus yang harganya mulai dari 3,3 jutaan saja. Untuk perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 plus kita bahas dibawah ya.

2. Performa iPhone 7 yang Masih Sangat Layak

iPhone 7 masih sangat nyaman digunakan di 2021. Spesifikasi iPhone 7 mungkin memang bukan yang terbaik, tapi untuk menjalankan aplikasi - aplikasi terbaru, sosial media, chatting, dan sebagainya masih sangat ok kok.

Mungkin kalau Sobat lihat spesifikasi yang tertera, RAM nya memang hanya 2 GB, jauh sangat kecil jika dibandingkan RAM HP android dikisaran harga 3 jutaan. Eits, sebelum meremehkan RAM iPhone yang kecil, Sobat bisa baca artikel "Kenapa Kapasitas RAM iPhone Kecil?". iPhone 12 yang terbaru saja kapasitas RAM nya 4 GB, jika Sobat membeli HP Android diharga yang setara Sobat akan mendapatkan kapasitas RAM 8 GB atau bahkan 12 GB.

RAM 2 GB sudah cukup besar untuk ukuran iPhone, mengingat seri sebelumnya, iPhone 6 kapasitas RAM nya hanya 1 GB. Sebenarnya iPhone 6S RAM nya 2 GB, tapi karena modelnya sama dengan iPhone 6, Sobat lebih baik beli iPhone 7.

Jadi intinya untuk performa iPhone 7 tidak perlu dikhawatirkan ya, masih sangat layak kok. Mungkin hingga 2 atau 3 tahun kedepan, iPhone ini masih nyaman digunakan.

3. Kualitas Kamera iPhone

Kamera menjadi unggulan produk - produk smartphone Apple. iPhone 7 memiliki kualitas kamera dan hasil yang cukup baik, mungkin bisa dibilang terbaik jika dibandingkan dengan HP Android di kisaran harga 3 jutaan.

iPhone 7 sudah mendukung fitur slow motion ya, dimana smartphone Android di range harganya belum ada yang mendukung fitur ini. Mungkin ada, tapi kualitasnya tidak sebaik iPhone 7.

Kalau Sobat ingin kamera yang lebih bagus, Sobat bisa memilih iPhone 7 plus yang kualitas kameranya lebih bagus. Ya, tapi memang Sobat harus menambahkan sedikit budgetnya.

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Karena selisih harganya yang tidak terlalu jauh, mungkin pilihan Sobat bisa beralih ke iPhone 7 Plus. Apa sih bedanya dengan iPhone 7?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup mencolok ya jika dilihat dari kualitas dan kemampuan kedua smartphone ini.

Yang sangat jelas terlihat adalah ukuran. iPhone 7 Plus memiliki ukuran yang lebih besar, jika Sobat suka menggunakan smartphone yang ukurannya besar, HP ini sangat cocok. Sebaliknya, jika Sobat lebih nyaman dengan yang kecil - kecil, iPhone 7 menjadi pilihan yang tepat.

Kapasitas baterai dari kedua iPhone ini juga berbeda. iPhone 7 plus yang memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan iPhone 7. iPhone memang dikenal memiliki kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan HP Android, jadi jika Sobat ingin punya iPhone yang bisa dipakai lebih lama, bisa pilih iPhone 7 Plus.

Diatas kertas, iPhone 7 Plus lebih unggul di sektor kamera. Namun, jika dilihat dari hasilnya, keduanya sama - sama bagus kok. Hasil kamera iPhone 7 tidak bisa dibilang jelek.

Kekurangan iPhone 7

Sebelum memutuskan untuk membeli iPhone 7, Sobat harus apa saja kekurangan dari smartphone ini.

1. Tidak Ada yang Gratis di iPhone

Jika Sobat belum pernah menggunakan iPhone sebelumnya, Sobat harus tau kalau tidak ada yang gratis - gratis di iPhone.

Misalnya lagu, tidak sedikit orang yang mendownload lagu - lagu bajakan dan memasukannya di HP, meskipun hal ini sebenarnya salah ya. Jika Sobat ingin mendengarkan lagu di iPhone, Sobat harus membeli lagu - lagu tersebut, atau minimal pakai Spotify / Youtube, tidak bisa memasukan lagu ke iPhone.

Begitu juga dengan film, atau aplikasi - aplikasi berbayar bajakan (MOD) yang biasanya bisa dipasang di Android.

Tapi tenang, untuk aplikasi gratis seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, dan yang memang bukan aplikasi berbayar lainnya tetap bisa Sobat unduh gratis di App Store.

2. Kapasitas Baterai Relatif Kecil

Jika dibandingkan dengan HP Android sekarang yang kapasitas baterainya bisa mencapai 5.000 mAh, iPhone 7 hanya memiliki kapasitas baterai 1.960 mAh saja, jauh lebih kecil.

Meskipun konsumsi baterai iPhone lebih hemat, namun kapasitas baterai yang kecil tersebut, iPhone 7 tidak akan bisa bertahan digunakan seharian, apalagi banyak aplikasi yang berjalan. Jadi Sobat harus siap untuk sering mengisi daya atau menyiapkan powerbank. Mau beli powerbank? Cek "5 Powerbank yang Bagus dan Awet"

3. Tidak ada Garansi

Seperti yang kita ketahui, iPhone 7 merupakan produk jadul dan sudah tidak diproduksi lagi. Dengan begitu, kita hanya membeli iPhone 7 dengan kondisi bekas. Tentunya garansinya sudah habis.

Jadi jika ada kerusakan, kita harus memperbaikinya sendiri dengan membawanya ke tukang reparasi HP. Tapi tenang, banyak kok counter atau tempat service yang bisa memperbaiki iPhone.

Apakah iPhone 7 Layak Dibeli?

Jawabannya sangat layak sekali. Dengan mengesampingkan segala kekurangnnya yang masih bisa ditolerir, iPhone 7 masih sangat layak untuk dibeli dan digunakan di tahun 2021 ini. Yang mungkin masih tetap layak di 2 atau 3 tahun kedepan.

iPhone 7 menjadi rekomendasi terbaik jika Sobat memang mencari iPhone di kisaran harga 3 jutaan. Jadi minat beli iPhone 7? Sebelum membeli, mungkin Sobat bisa baca artikel " Tips Beli iPhone Bekas".