Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki IC EMMC HP yang Rusak

 Halo Sobat Gadget yang setia menjenguk website ini untuk sekedar mencari informasi atau hanya iseng saja. Kali ini JagoanGadget.com Akan membahas sesuatu yang begitu dicari dan begitu penting saat ini, yakni tentang topik "Bagaimana Cara Memperbaiki IC EMMC Android yang rusak?" dan mimind akan sedikit berbagi pengalaman tentang "Cara memperbaiki IC EMMC dengan harga yang murah".

Apa itu IC EMMC?

Cara Memperbaiki IC EMMC yang Rusak

Sebelumnya, mimind akan sedikit menjelaskan apa itu IC EMMC pada smartphone, terutama Android. IC EMMC adalah sebuah komponen atau hardware (perangkat keras) yang terpasang di dalam mesin sebuah smartphone. Komponen ini berfungsi sebagai penyimpanan, mungkin hampir mirip dengan hardisk pada perangkat komputer.

IC EMMC merupakan komponen yang sangat penting, didalamnya tersimpan software (perangkat lunak) yang biasa kita sebut dengan sistem, nah sistem inilah yang dapat membuat HP Sobat nyala dan bisa dipakai.

Kalau terjadi kerusakan pada sistem (software), biasanya ada ditandai lemot, fitur tidak berfungsi, atau bug dalam pengoperasian sistem, berarti ada kerusakan pada sistem yang terinstal di dalam IC EMMC. Solusinya gampang, tinggal instal ulang atau yang sering dikenal dengan flashing.

Tidak hanya kerusakan sistem, indikasi yang disebutkan juga bisa diakibatkan karena rusaknya komponen IC EMMC, yang membuat sistem yang terinstal tidak bisa terbaca oleh processor. Sehingga smartphone atau HP tidak bisa menyala.

Untuk bisa membedakan mana yang disebabkan kerusakan software dan mana yang karena hardware, mimind akan menjelaskan secara detail keduanya dibawah.

IC EMMC Rusak Karena Kerusakan Software

Terjadinya kerusakan software bisa terjadi karena beberapa hal :

Kerusakan pada Software

  • Salah Install ROM
  • Gagal Root Android
  • Terdapat Virus / Malware
  • IC EMMC sudah soak

Flashing atau instal ulang HP adalah satu - satunya solusi terbaik untuk memperbaiki kerusakan EMMC pada software.

Tidak perlu keterampilan khusus bisa melakukan flash HP, banyak tutorial yang bisa Sobat temukan di Google. Misal, tinggal ketik "Cara Flash Semua Tipe HP Xiaomi". Jika smartphone belum sembuh setelah dilakukan flashing, bisa jadi kerusakan sistem yang lebih "akut" dan tidak bisa diperbaiki hanya dengan langkah flashing. Hal ini disebabkan karena sistem bawaan dari HP biasanya ada yang dikunci oleh produsen HP tersebut, demi alasan keamanan.

Untuk memperbaiki software rusak yang tidak bisa dengan flashing, ada "flashing lanjutan" yang harus dilakukan dengan keterampilan dan menggunakan beberapa alat khusus, seperti box untuk flashing, tools berbayar, dan lainnya. Untuk hal ini, sangat disarankan untuk menyerahkannya pada ahli. Bawa ke tempat servis HP atau service center lebih baik.

Kerusakan Hardware IC EMMC

Satu - satunya penyebab kerusakan komponen IC EMMC adalah faktor usia. Bisa juga dikarenakan cacat pabrik, namun hal ini tentunya pasti langsung terlihat saat pertama membeli HP.

Semua barang elektronik tentunya memiliki batas usia, meskipun dari sebuah brand yang terkenal memiliki kualitas sangat baik, suatu saat pasti akan terjadi kerusakan.

Untuk mengatasi kerusakan IC EMMC pada HP, cara satu - satunya ya dengan mengganti komponen IC EMMC.

Penggantian komponen IC EMMC dibutuhkan teknisi yang handal, berpengalaman, dan keterampilan khusus. Selain itu, dibutuhkan alat - alat khusus untuk reparasi komponen - komponen HP, belum lagi harus menginstal sistem langsung pada IC EMMC (tanpa HP, harus menggunakan alat dan software khusus) sebelum dipasang pada mesin HP.

Ya jadi satu - satunya solusi jika IC EMMC HP rusak, dibawa ke tukang servis HP atau service center.

Untuk mencari tukang atau tempat reparasi IC EMMC HP, cari yang benar - benar berpengalaman dan terpercaya. Zaman yang canggih seperti sekarang cukup mudah, Sobat bisa melihat ulasan sebuah tempat servis / reparasi HP dari Google Maps. Jika ulasan dan ratingnya baik, bisa Sobat gunakan.

Dari beberapa pengalaman rekan - rekan, service center biasanya terkesan "tidak mau ribet", terutama kerusakan komponen - komponen kecil seperti IC EMMC. Jika Sobat membawa HP ke service center untuk memperbaiki IC EMMC, kalau garansi masih ada mungkin akan mendapatkan replace untuk atau bisa juga ganti mesin HP. Tapi kalau tidak ada garansi, harganya relatif mahal.

Berapa sih Biaya Ganti IC EMMC? Untuk biaya tentunya bervariasi, tergantung dari HP apa, kapasitas ROM, dan kapasitas RAM. Untuk kisaran saja, biasanya 250 ribu hingga 800 ribu.

Sekedar memberi tips. Sobat bisa melihat harga komponen IC EMMC di e-commerce seperti bukalapak dan tokopedia. Jika harga IC EMMC (yang sesuai dengan seri HP) harganya 150 ribu, biasanya biaya pemasangan hingga selesai di tempat servis kurang lebih 2x lipat, jadi bisa 250 - 350 ribuan.

Tips tersebut bisa dipakai untuk pertimbangan saja ya, jangan terlalu terpatok dengan harga di e-commerce. Karena tingkat kesulitan pengerjaan setiap tipe HP juga berbeda. Apalagi jika harga murah tidak ada pelayanan yang baik seperti garansi. Ya mending sedikit lebih mahal tapi dapat hasil yang berkualitas dan dapat garansi.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki IC EMMC HP yang Rusak"