Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Harga iPhone 12 Pro Max HDC

 Akhir tahun 2020, Apple merilis smartphone terbarunya yakni iPhone 12. HDC Mobile sepertinya tidak mau ketinggalan, bahkan sebelum produk Apple yang original dirilis, iPhone 12 Pro Max HDC sudah banyak beredar dipasaran. Sayangnya, HDC Mobile "ditipu" oleh Apple. Sebelum rilis, banyak bocoran tentang desain iPhone 12 Pro Max, salah satunya dengan 4 kamera belakang. Karena HDC meluncurkan smartphone replika sebelum yang asli diluncurkan, sehingga HDC salah membuat desain.

Tapi, setelah produk aslinya muncul, HDC Mobile langsung membenahi desain dari iPhone 12 Pro Max HDC, menjadi sama persis dengan aslinya.

Spesifikasi iPhone 12 Pro Max HDC

  • Layar HD Gorilla Glass Full U-Screen 6.5 inchi
  • Chipset MT6580
  • Jaringan 3G / HSDPA / H+
  • RAM 2 GB (1GB + 1 GB Swap RAM)
  • ROM 16 GB
  • Kamera Depan 5 MP
  • Kamera Belakang 13 MP
  • Real 3D Touch

Apakah layak smartphone dengan spesifikasi di atas dibanderol dengan harga 2 jutaan? Menurut mimind sangat tidak layak. Kenapa? Karena banyak smartphone original dari brand seperti Xiaomi, Asus, Oppo, Bahkan Samsung yang memiliki spesifikasi lebih baik di harga 2 jutaan

Mungkin karena memang HDC Mobile lebih fokus kepada desain produknya yang sangat mirip dengan aslinya, dan target pasarnya adalah untuk orang - orang yang ingin bergaya menggunakan smartphone premium dengan harga murah.

Pengalaman Gaming iPhone 12 Pro Max HDC

iPhone HDC bisa buat main game? Tergantung, game apa. Mungkin untuk game sekelas Mobile Legend, Free Fire, dan sejenisnya masih bisa dimainkan. Tapi dengan spesifikasi yang dimiliki, mungkin tidak akan terasa nyaman bermain game di iPhone 12 Pro Max HDC.

Apalagi build quality dan kualitasnya yang meragukan, mungkin Sobat lebih baik cari smartphone original jika ingin menggunakannya bermain game.

Desain iPhone 12 Pro Max HDC

Seperti yang dibahas di atas, HDC sempat tertipu dengan desain iPhone 12 Pro Max yang akan diluncurkan. Tapi HDC sudah membenahi desain produknya yang beredar sekarang.

iPhone 12 Pro Max HDC 4 Kamera
Contoh iPhone 12 Pro Max HDC 4 Kamera

Dilihat sekilas, tidak ada perbedaan pada iPhone 12 Pro Max HDC dengan yang asli, sulit untuk dibedakan. Mulai dari bentuk, desain, hingga OS yang tampilannya iOS 14 (sebenarnya menggunakan android) yang merupakan versi terbaru dari Apple.

Meskipun mirip, namun perbedaan dari build quality produk HDC dengan yang asli sangat terasa. Mungkin jika Sobat menggenggam keduanya secara bersamaan langsung akan tahu mana yang asli dan yang HDC. Bahkan mungkin dengan memegang iPhone 12 HDC Pro Max HDC saja Sobat bisa merasakan betapa buruknya kualitas HP palsu.

Yang aneh, pada bagian bawah tombol power ada antena 5G, dimana produk iPhone 12 di pasar luar Asia memang memilikinya. iPhone 12 Pro Max asli yang beredar di Indonesia tidak memiliki antena ini, mungkin karena regulasi untuk smartphone yang masuk ke Indonesia belum mengizinkan untuk iPhone 12 memiliki jaringan 5G. Namun tetap saja untuk produk HDC hanya bisa H+ (4G hanya tampilan saja). 

Antena 5G Perbedaan iPhone 12 Pro Max HDC dengan yang asli

Perbedaan iPhone 12 Pro Max HDC dengan Original

Tidak seperti iPhone 6S HDC, iPhone 7 HDC, iPhone 11 Pro Max HDC, dan produk iPhone HDC sebelumnya yang memiliki desain nyaris 100% mirip dengan iPhone originalnya, iPhone 12 Pro Max HDC memiliki beberapa perbedaan yang bisa dilihat dengan jelas.

Bagian bazzel iPhone 12 Pro Max HDC lebih melengkung, dimana yang asli desainnya lebih tajam atau berbetuk kotak.

Perbedaan iPhone 12 Pro Max HDC dengan yang original

Font atau huruf yang digunakan sangat jelas berbeda, angka pada jam tampilan lock screen iPhone 12 Pro Max HDC lebih renggang dibandingkan dengan yang asli.

Notch atau poni iPhone 12 Pro Max HDC lebih kecil, mungkin untuk sebagian orang terlihat lebih simpel dan bagus. Tapi ada alasan kenapa poni untuk HP yang asli lebih lebar. Sensor infra merah membuat iPhone 12 Pro Max asli harus memiliki poni yang lebih lebar, untuk bisa menggunakan fitur seperti IR scanner.

Kamera iPhone 12 Pro Max HDC

Kamera smartphone HDC sebenarnya tidak bisa dibilang buruk, hasil kameranya lumayan bagus. Tapi masih banyak smartphone original yang memiliki kualitas kamera lebih baik dengan harga yang sama, bahkan lebih murah.

Beberapa fitur seperti slow motion, potrait, dan lainnya memang ada di menu tampilan kamera iPhone 12 Pro Max HDC, namun semuanya tidak berfungsi.

Meskipun iPhone 12 Pro Max HDC terlihat memiliki 3 kamera belakang, namun yang berfungsi dan bisa digunakan hanya 1. Yang lainnya hanya hiasan agar terlihat mirip dengan aslinya.

Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max HDC

Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max HDC

Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max HDC 1

Kelebihan iPhone 12 Pro Max HDC

  • Desain mirip asli
  • Harga jauh lebih murah

Sayangnya mimind tidak bisa menyebutkan kelebihan lain selain 2 di atas, karena memang tidak ada alasan lain yang membuat mimind merekomendasikan iPhone 12 Pro Max HDC ini. Smartphone ini memang benar - benar butuh HP untuk gaya - gayaan saja.

Kekurangan iPhone 12 Pro Max HDC

  • Spesifikasi apa adanya
  • Build quality buruk
  • Ada sedikit perbedaan dibagian desain
  • Kualitas kurang baik
  • iOS palsu, hanya tampilan saja

Baca artikel "Alasan Kenapa Tidak Membeli HP HDC". Pada artikel tersebut mimind membahas tentang kekurangan pada smartphone dari HDC mobile dan sangat tidak merekomendasikan HP HDC untuk dibeli

Harga iPhone 12 Pro Max HDC

Rp. 2.000.000

Untuk harga, Sobat bisa cek langsung di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Mungkin Sobat akan menemukan banyak tawaran dengan harga yang berbeda mulai dari harga yang termurah 1,8 juta hingga yang paling mahal. Setiap seller memiliki alasan dengan harga yang ditawarkan, mungkin kualitas yang lebih bagus, spesifikasi yang lebih tinggi, atau yang lainnya sehingga menawarkan harga yang lebih tinggi. Namun mimind tetap tidak merekomendasikan untuk membeli smartphone HDC meskipun katanya kualitasnya lebih bagus

Jadi bagaiman menurut Sobat? Apakah iPhone 12 Pro Max HDC layak dibeli?

Posting Komentar untuk "Spesifikasi dan Harga iPhone 12 Pro Max HDC"