Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Suka Main HP? Hati - Hati!!! Akibat Terlalu Lama Main HP bagi Anak Balita

 Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, kini kita bisa melakukan berbagai aktifitas di HP kita. Mulai dari baca berita, cari informasi, hiburan, dan banyak hal yang bisa kita lakukan. Namun, ada juga loh dampak negatif dengan semakin "pintar"nya HP zaman sekarang.

Tidak sedikit anak balita yang secara tidak langsung sudah dibiasakan menggunakan smartphone. Sekarang, kebanyakan saat balita menangis, tidak sedikit orang tua yang memberikan tontonan berupa video dari smartphone. Memang cara ini mudah dan cukup efektif untuk membuat anak balita berhenti menangis. Tapi tahukah Sobat banyak akibat negatif yang bisa ditimbulkan untuk si anak?

Akibat Terlalu Lama Main HP Bagi Anak Balita

Akibat Terlalu Lama Main HP Bagi Anak

Ada dampak buruk yang terjadi bila anak balita terlalu sering main (diberikan) HP. Kita bisa mengkategorikannya menjadi 2, yakni secara psikis dan secara fisik.

Dampak Psikis Anak Main HP Terlalu Lama

1. Menghambat Perkembangan Komunikasi

Anak belajar berbicara dari interaksi dengan orang - orang sekitar, sering bermain HP tentunya mengurangi intensitas anak berinteraksi langsung dengan orang. Hal ini bisa menyebabkan anak terlambat bisa bicara.

Tontonan yang dilihat seorang anak juga bisa berpengaruh pada perkembangan komunikasi si anak itu sendiri.

2. Mengganggu Pertumbuhan Otak

Masa keemasan anak ada pada usia balita, dimana tumbuh kembang otak akan sangat dipengaruhi stimulus lingkungan hingga dewasa. Berlebihan menggunkan HP bisa mengganggu bahkan menghambat pertumbuhan kognitif (kecerdasan), belajar, tantrum, dan perilaku si anak.

3. Mempengaruhi Perilaku dan Sikap Anak

Anak cenderung akan menjadi tertutup dan kurang berinteraksi dengan orang lain. Hal ini disebabkan karena si anak lebih banyak main HP ketimbang berinteraksi, berkomunikasi, dan bersosialisasi dengan orang lain.

4. Menjadi Kecanduan Terhadap HP

Membiasakan anak dengan HP, bisa membuat si anak menjadi kecanduan. Saat menangis, anak biasa diberi HP agar diam, bisa - bisa si anak hanya akan diam jika diberi HP saat menangis. Hal ini bisa sangat bahaya, karena akan sulit mengatasi dampat negatif lainnya.

Dampak Psikis Anak Main HP Terlalu Lama

Tidak hanya berdampak negatif pada psikis atau psikologi anak, terlalu sering bermain HP juga mempengaruhi tumbuh kembang fisik si anak.

1. Menyebabkan Kerusakan Mata

Mata minus mungkin menjadi dampak negatif paling ringan untuk anak yang sering barmain HP. Radiasi sinar dari layar cukup berbahaya bagi mata jika terlalu lama menggunakan HP, tidak hanya untuk anak kecil saja. Tidak menutup kemungkinan, bermain HP terlalu lama menyebabkan kerusakan mata anak lebih parah dari sekedar minus.

2. Obesitas (Kelebihan Berat Badan)

Bermain HP tentunya mengurangi aktivitas tubuh. Hal ini juga bisa menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan  Mungkin banyak yang suka jika anaknya gemuk dan terlihat lucu. Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua anak yang gemuk itu sehat.

Kita juga harus memperhatikan aktivitas si anak, bisa jadi gemuk karena kurangnya aktivitas karena terlalu sering bermain HP.

Obesitas bisa memicu penyakit lainnya seperti diabetes, stroke, hingga serangan jantung di masa depan.

3. Kurang Tidur dan Istirahat

Jika sudah kecanduan, akan sulit menjauhkan si anak dari HP. Terlalu lama main HP juga membuat anak kurang tidur dan istirahat, mengganggu tumbuh kembang anak.

Anak Tidak Boleh Main HP?

Sebenarnya akan lebih baik jika anak menghabiskan banyak waktu berinteraksi dengan orang tua dan lingkungan sekitar, ini akan lebih baik untuk perkembangan si anak. Tapi mengenalkan teknologi sejak dini juga tidak ada salahnya.

Ada beberapa tips yang bisa coba Sobat terapkan untuk memberi HP pada anak.

1. Waktu yang Tepat

Kita bisa membuat jadwal dan durasi anak bermain HP. Selain bisa menghindari dampak negatif dari anak terlalu lama main HP, hal ini juga bisa melatih kedisiplinan si anak.

2. Tentukan Tontonan

Kita juga harus memberikan tontonan yang bisa mengedukasi si anak. Bukan sekedar memberi HP saja, kita bisa mengarahkan tontonan - tontonan yang mendidik anak sejak dini.

3. Dampingi saat Bermain HP

Jangan lupa dampingi anak saat bermain HP, kita bisa mengajak si anak berkomunikasi dan berinteraksi sambil menonton tontonan yang mendidik.

Kesimpulan

Banyak dampak negatif akibat terlalu lama main HP bagi anak. Namun akan sulit rasanya jika kita menjauhkan anak dari teknologi yang sehari - hari kita temui dan gunakan. Rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi akan membuat kita sulit melarang anak untuk tidak main HP sama sekali.

Solusinya kita tetap bisa membiarkan main HP namun tetap dalam pengawasan dan kita dampingi. Kita juga bisa mengajarkan sejak dini pada akan, bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.