Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Jualan Online Agar Cepat Laku!! Tingkatkan Penjualan Online Produk Kamu

 Sebelumnya kita sudah membahas "Ide Jualan Online yang Laris". Setelah membaca artikel tersebut, mungkin Sobat sudah menentukan dan mulai berjualan online. Untuk pemula atau yang baru pertama kali mencoba jualan online, pasti mendapatkan berbagai kendala, salah satunya adalah jualan sepi order dan tidak laku. Nah, disini Jagoan Gadget akan membagikan Tips dan Trik Jualan Online Agar Cepat Laku.

Trik Jualan Online agar Cepat Laku

Tips dan Trik Jualan Online Agar Cepat Laku

  1. Lakukan Riset
  2. Kenali Produk
  3. Pemasaran yang Menarik
  4. Lakukan Pemasaran Online di Banyak Tempat
  5. Buat Website Toko Online
  6. Promosi di Sosial Media
  7. Promosi Secara Offline
  8. Gunakan Iklan Berbayar
  9. Buat Transaksi Seefisien dan Seefektif mungkin
  10. Kumpulkan Testi dari Pembeli

Nah, itu dia 10 langkah yang bisa Sobat lakukan sebagai Trik Agar Jualan Online Cepat Laku. Sekarang kita bahas satu per satu supaya lebih memahami dan bisa menerapkan pada Bisnis Online yang Sobat jalani.

1. Lakukan Riset Sebelum Jualan Online

Agar Jualan Online Cepat Laku dan laris manis, ada beberapa hal yang harus Sobat analisa sebelum berjualan online. Salah satunya Sobat bisa melakukan riset di Google Trend.

Buka situs https://trends.google.com/trends/explore lalu masukan kata kunci untuk "jual", "beli", "harga", "promo", dan kata kunci lainnya yang berhubungan dengan jualan online.

Contoh :

Riset Jualan Online Cepat Laku

Karena riset ini dilakukan menjelang tahun baru, maka hasil pencarian yang terbanyak adalah hal - hal yang berkaitan dengan barang yang sering dicari saat acara tahun baru, seperti :

  • Kembang api
  • Arang
  • Sosis
  • Daging slice
  • Kalender

Di atas hanya sebagai contoh. Sobat bisa meriset kata kunci apa yang banyak dicari sesuai dengan barang yang ingin dijual online. Caranya sesuaikan rentang waktu dan kategori dengan yang Sobat inginkan.

Selain melalui Google Trend, Sobat juga bisa melakukan riset sederhana di e-commerce dan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya.

Ada fitur "terlaris" dimana pada halaman akan ditampilkan barang - barang yang sering dibeli. Sobat bisa menjadikan salah satu barang tersebut menjadi Ide Jualan Online yang Laris. Dengan cara ini Sobat juga bisa mengetahui seberapa tinggi kompetisi jualan online suatu barang, karena Sobat bisa tahu pesaing - pesaing yang menjual barang yang sama.

Dengan melakukan riset, Sobat akan tahu barang apa banyak dicari sehingga Jualan Online bisa Cepat Laku.

2. Kenali Produk yang Dijual

Sobat harus mengenali produk yang Sobat jual. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Apa nilai jual dari barang tersebut? Jika Sobat mengenali produk atau barang dengan baik, Sobat lebih luasa mempromosikan barang dan menjawab pertanyaan dari peminat mengenai barang tersebut.

3. Buat Promosi dan Pemasaran yang Menarik

Salah satu tujuan mengenali produk adalah agar Sobat bisa memasarkan dan mempromosikan suatu barang dengan deskripsi yang jelas. Jangan lupa juga untuk membuat deskripsi yang menarik agar Sobat bisa mendapat peminat lebih banyak.

Deskripsikan juga mengenai nilai jual dari barang tersebut. Kenapa orang harus membeli barang tersebut di Sobat? Meskipun sama, apa nilai jual lebih barang yang Sobat Jual dari orang lain?

Contoh :

Misal Sobat menjual barang dengan ambil (kulakan) langsung dari pabrik, sehingga bisa menawarkan harga yang termurah.

Atau jika Sobat menjual barang yang Sobat produksi sendiri, makanan misalnya. Jelaskan tentang kehigeinisan dan keamanan bahan - bahan yang terjamin.

4. Gunakan Semua Media yang Bisa digunakan untuk Pemasaran

Sobat bisa menggunakan banyak media untuk melakukan pemasaran online. Mulai dari Sosial Media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Selain untuk pemasaran, akun Sosial Media juga bisa digunakan untuk upload testimoni dari pembeli sebelumnya, dimana testi - testi tersebut bisa meyakinkan calon pembeli untuk membeli barang Sobat.

Gunakan juga semua e-commerce dan marketplace untuk memasarkan produk Sobat agar bisa menjangkau banyak orang.

5. Buat Website Toko Online Sendiri

Punya toko online berupa website sendiri punya kelebihan. Selain bisa menambah kredibilitas toko online, Sobat juga bisa memasarkan, upload testimoni dari pelanggan, dan melakukan transaksi di website toko online.

Banyak layanan website gratis yang bisa Sobat manfaatkan seperti Blogger, Wordpress, Google Site, dan banyak lagi. Sobat bisa membuat sendiri website toko online Sobat.

Tapi, jika Sobat ingin lebih mudah, Sobat bisa menggunakan jasa pembuatan website. Harga yang ditawarkan bermacam - macam, mulai dari 500 ribu saja hingga jutaan.

Jika Sobat ingin membuat website toko online, tapi sangat awam bisa langsung klik Jasa Pembuatan Website Termurah. Sobat bisa membuat website mulai dari harga 50 ribu saja.

6. Promosi di Sosial Media

Jika Sobat sudah memiliki akun toko online, Sobat bisa memasarkan dan mengupdate jualan online Sobat di Sosisal Media. Di zaman seperti sekarang, kebanyakan orang tidak bisa lepas dengan smartphone dan sering membuka Sosial Medisa, jadi jika Sobat sering update di sosmed kesempatan mendapat peminat dan pembeli lebih besar.

7. Promosi secara Offline

Sobat juga bisa melakukan promosi secara offline, contohnya dengan membuat brosur dan membagikannya. Dengan begitu, toko online Sobat bisa mendapatkan pengunjung dari orang - orang yang melihat dan tertarik dengan brosur yang dibagikan.

8. Promosikan Bisnis Online dengan Iklan Berbayar

Banyak layanan iklan online yang bisa Sobat gunakan untuk meningkatkan penjualan Sobat. Beberapa yang Jagoan Gadget sarankan adalah Google Adwords dan Facebook Ads. Biaya iklan bisa disesuaikan dengan kata kunci yang diinginkan, jumlah orang yang dijangkau, dan jumlah klik pada iklan tersebut.

Biasanya e-commerce atau marketplace menyediakan fitur layanan berbayar agar dagangan Sobat bisa dilihat lebih banyak orang. Sobat juga bisa menggunakannya untuk Jualan Online agar Cepat Laku.

9. Mudahkan Pembeli untuk Bertransaksi

Tidak sedikit orang yang tidak jadi membeli barang secara online karena merasa kesulitan untuk melakukan transaksi. Sediakan berbagai metode transaksi agar pembeli bisa memilih metode yang diinginkan.

Gunakan semua e-commerce dan marketplace

Jika memungkinkan, buat rekening di beberapa bank ternama dan buat akun e-wallet

Dengan begitu, pembeli bisa memilih tempat transaksi dan metode pembayaran jika melakukan pembelian secara langsung (tanpa e-commerce).

10. Testimoni dari Pelanggan

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, karena jika pelanggan merasa puas, pasti akan memberikan ulasan dan testimoni yang bagus. Testimoni ini bisa membuat calon pelanggan baru yakin terhadap toko online dan produk yang Sobat jual. Jangan lupa menyimpan percakapan (screenshot) dari pelanggan yang puas dan upload di toko online website maupun sosmed Sobat. Jika paada e-commerce sudah ada fitur ulasan.

Nah, mungkin itu saja Tips dan Trik Jualan Online Agar Cepat Laku yang bisa Jagoan Gadget bagikan untuk Sobat semua.

Jika ada kritik dan saran ataupun pertanyaan sepuatar pembahasan ini, bisa tulis di kolom komentar ya.

Semoga Bisnis Online Sobat semakin berkembang dan jualan online jadi semakin laris manis.

Baca juga Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun dan Cara Dropship Jualan Online tanpa Stok dan Modal

Posting Komentar untuk "Trik Jualan Online Agar Cepat Laku!! Tingkatkan Penjualan Online Produk Kamu"