Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Harga HP Tecno Spark 6 Go, Brand Baru Lagi?

 Pernah dengar HP dengan merk Tecno? Mungkin kebanyakan dari Sobat belum pernah dengar, atau mungkin baru dengar dan penasaran dengan brand baru ini. Ya, di akhir tahun 2020 kemarin, tepatnya bulan Desember, untuk pertama kali Tecno merilis Smartphone di Indonesia. HP Tecno Spark 6 Go, siap bersaing di pasar smartphone Indonesia.

Brand HP Tecno Dari Mana?

Sekedar untuk informasi, sebelum membahas Spesifikasi dan Harga HP Tecno Spark 6 Go, kita bahas dulu mengenai asal usul dari brand ini.

Karena baru terdengar, pasti banyak yang mengira Tecno Mobile ini merupakan brand smartphone baru. Padahal Tecno Mobile adalah brand smartphone dari produsen seluler asal Tiongkok, Transsion Holdings, yang di dalamnya ada Infinix dan iTel. Mungkin "Infinix" sudah akrab di telinga Sobat.

Apakah Tecno brand baru? Brand ini sudah berdiri sejak tahun 2006, jadi sangat tidak bisa dibilang baru. Untuk kualitasnya? Tentu kita belum bisa meragukan kualitasnya, karena brand ini sudah berdiri cukup lama.

Salah satu produk smartphone dari Tecno Mobile ini adalah Tecno Spark 6 Go. Yuk langsung kita bahas tentang spesifikasi dan harganya.

Spesifikasi HP Tecno Spark 6 Go


Spesifikasi HP Tecno Spark 6 Go
Tipe Layar IPS LCD
Lebar Layar 6.52 Inchi
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
Proteksi Layar Corning Gorilla Glass 3
Sistem Operasi Android 10 (Go edition), HIOS 6.2
Chipset Mediatek Helio A20 (RAM 2 GB dan 3 GB)
Mediatek Helio A25 (RAM 4 GB)
GPU PowerVR GE8320
RAM 2 GB, 3 GB, dan 4 GB
ROM 32 GB dan 64 GB
Kamera Depan 8 MP
Kamera Utama Dual Kamera :
13 MP (lensa utama)
Dept sensor
Baterai 5.000 mAh
Port Micro USB
Jack audio 3.5

Body dan Desain HP Tecno Spark 6 Go

Untuk masalah model dan desain, mungkin selera setiap orang berbeda. HP Tecno Spark 6 Go ini menurut Jagoan Gadget biasa saja, tidak ada yang istimewa namun juga tidak buruk. Yang menjadi kelebihan di desain Tecno Spark 6 Go ini adalah desainnya yang tidak mainstream. HP ini masih bisa dikenali, dimana kebanyakan smartphone sekarang banyak yang desainnya hampir mirip dan sulit dibedakan.

Tecno Spark 6 Go Depan

Tecno Spark 6 Go Belakang

Yang menarik di bagian model, HP ini tidak menggunakan SIM Card Tray. Terus gimana kalau mau pasang SIM Card atau memory eksternal? Bagian belakang HP bisa dibuka, dan di samping atas ada slot untuk memasukan SIM Card dan memory eksternal. Jadi seperti HP - HP jadul.

Slot SIM Card dan Memory Tecno Spark 6 Go

Spesifikasi yang bisa dibilang lumayan gahar dengan harga yang murah, smartphone bermaterial plastik rasanya sangat wajar dan bisa diterima.

Kembali lagi, untuk desain dan model tergantung selera masing - masing. Apakah model dan desain HP Tecno Spark 6 Go ini cocok dengan Sobat?

Performa Spek HP Tekno Spark 6 Go

Ada beberapa varian kapasitas RAM untuk HP Tecno Spark Go ini, yakni 2 GB dan 3 GB yang menggunakan SoC atau processor Mediatek Helio A20 dan varian RAM 4 GB menggunakan Mediatek Helio A25 yang tentunya memiliki performa lebih baik.

Harga yang dibawah 1,5 juta, rasanya sudah lebih dari cukup mendapatkan smartphone dengan spesifikasi seperti tabel di atas.

Pengalaman Gaming Tecno Spark 6 Go

Game dengan kebutuhan spesifikasi menengah kebawah seperti Mobile Legend, LOL Wild Rift, Free Fire, dan sejenisnya pastinya tidak ada masalah dimainkan di HP ini. Bahkan PUBG masih bisa dimainkan pada HP ini, yah meskipun dengan settingan "rata kiri" alias low, mungkin mentok bisa di medium.

Game HD seperti Genshin Impact dan sebangsanya? Mungkin Sobat harus cari HP Gaming lain yang agak mahalan dikit kalau mau main game itu.

Tapi untuk bermain game, HP ini sangat cocok karena sudah didukung baterai yang berkapasitas sangat besar yakni 5.000 mAh.

Kamera HP Tecno Spark 6 Go

HP ini memiliki 1 kamera depan beresolusi 8 MP dan dual kamera utama beresolusi 13 MP plus dept sensor, untuk resolusi lensa ke dua tidak diberitahukan karena mungkin hanya untuk sensor pengambilan gambar ala -ala bokeh.

Kualitas hasil kameranya bisa dibilang oke, tapi memang tidak ada yang spesial dibagian sektor kamera. Namun, yang menarik, ada lampu LED flash dibagian kamera depan.

Flash depan kamera Tecno Spark 6 Go

Fitur HP Tecno Spark 6 Go

Salah satu yang mungkin menjadi kekurangan paling terasa adalah ada beberapa sensor yang dihilangkan. Sobat tidak bisa menggunakan HP ini untuk kompas dan virtual reality karena tidak ada sensor gyroscope dan magnetic. Dan ada beberapa sensor lain yang juga hilang, namun memang sensor tersebut jarang digunakan.

Sensor Tecno Spark 6 Go

Fingerprint memang menjadi teknologi yang sudah sering kita temui di smartphone, salah satu fungsinya untuk membuka kunci layar agar lebih mudah dan praktis. Sobat juga bisa menggunakan face unlock untuk buka kunci layar.

Kekurangan dan Kelebihan HP Tecno Spark 6 Go

Kelebihan Tecno Spark 6 Go

  • Harga murah
  • Spesifikasi lumayan
  • Bonus kuota (bundle paket pembelian)
  • Kapasitas baterai besar

Kekurangan Tecno Spark 6 Go

  • Bard baru di Indonesia
  • Body plastik
  • Beberapa sensor dihilangkan

Harga HP Tecno Spark 6 Go

Sobat bisa menemukan HP ini di beberapa e-commerce dengan kisaran harga

  • Tecno Spark 6 Go 2 / 32 GB harga Rp. 1.200.000
  • Tecno Spark 6 Go 4 / 64 GB harga Rp. 1.500.000

Untuk budle pembelian Sobat mendapatkan kartu IM3 dengan bonus kuota 36 GB selama 1 tahun.

Jadi bagaimana? Sobat tertarik untuk membeli HP Tecno Spark 6 Go?