Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Disini

Kenali Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Masih inget di era HP Nokia, Motorola, Ericsson, dan teman - temannya tahun 2000an? Sekali charge HP, baterai bisa bertahan berhari - hari. Padahal kapasitas baterainya cuma ratusan mAh saja, sangat kecil jika dibandingkan dengan HP zaman sekarang yang baterainya sampai 6.000 mAh. Tapi baterai HP sekarang jika bertahan seharian atau 24 jam saja sudah bagus.

Kecanggihan memang menjadi alasan utama kenapa baterai dengan kapasitas besar tidak bisa bertahan "lama". Banyaknya fitur menjadikan pengguna sering mengoperasikan smartphone yang dimilikinya, mulai dari browsing, main game, nyetel musik, nonton video, dan lain sebagainya sehingga konsumsi baterai menjadi banyak. Baterai HP bisa bertahan cuma sehari saja sekarang sudah bisa dibilang wajar.

Tapi pernah gak Sobat merasa baterai HP Sobat cepat habis? Lebih cepat dari ketahanan baterai smartphone pada umumnya. Mungkin cuma bertahan setengah hari? atau mungkin beberapa jam saja? Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai HP cepat habis yang perlu Sobat ketahui. Berikut Penyebab Baterai HP Cepat Habis.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

1. Kecerahan Layar

Salah satu komponen HP atau smartphone yang paling banyak mengonsumsi baterai adalah layar. Kecerahan layar sangat mempengaruhi ketahanan baterai, apalagi kalau Sobat sering mengoperasikan smartphone. Semakin tinggi Sobat mengatur kecerahan layar HP, maka semakin cepat baterai HP habis.

2. Jaringan Internet

Kestabilan jaringan internet juga mempengaruhi cepat habisnya baterai. Jaringan yang tidak stabil akan membuat smartphone bekerja lebih keras untuk mendapatkan jaringan. Mungkin Sobat pernah merasakan HP terasa agak panas saat digunakan main game online, download file, dan browsing dengan jaringan yang kurang stabil? Nah, itu HP sedang bekerja lebih untuk bisa mendapatkan jaringan.

3. Penggunaan GPS

Zaman sekarang sangat jarang ditemui orang menanyakan alamat atau orang kesasar. GPS memang memudahkan kita untuk navigasi yang bisa kita akses melalui smartphone. Tapi taukah Sobat, jika dengan menggunakan GPS, konsumsi baterai menjadi lebih besar dan membuat Baterai HP jadi Cepat Habis?

4. Kerusakan atau Umur Baterai

Kondisi baterai pastinya juga berpengaruh pada daya tahan HP. Baterai yang rusak atau mungkin sudah lama dan waktunya untuk diganti, pasti akan cepat habis jika dipakai. Kerusakan bisa diakibatkan cacat dari pabrik ataupun penggunaan yang kurang baik seperti, terlalu sering charge HP ditinggal tidur sehingga tetap mengisi walau sudah penuh.

5. Kerusakan Komponen Lain

Jika Sobat sudah coba ganti baterai, tapi tetap cepat habis, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada komponen smartphone lainnya. Pada kasus ini Sobat harus memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak. Baterai HP akan tetap Cepat Habis meskipun sudah diganti berkali - kali.

6. Kualitas Charger dan Kabel

Charger dan kabel dengan kualitas buruk juga bisa menjadi Penyebab Baterai HP Cepat Habis loh. Charger dan kabel kualitas buruk mengisi baterai kurang maksimal, selain menyebabkan cepat habis, juga membuat baterai jadi kurang awet dan cepat rusak.

7. Aplikasi Berjalan

Aplikasi yang sedang berjalan juga mengonsumsi baterai loh, jadi semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka baterai juga akan cepat habis. Contoh aplikasi yang berjalan meski sudah ditutup adalah Sosmed dan Messanger seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Line, dan lainnya. Meskipun aplikasi sudah ditutup, namun aplikasi - aplikasi yang dicontohkan akan tetap berjalan untuk bisa online dan memberikan notifikasi.

8. Custome ROM

Buat Sobat yang suka ngoprek "daleman" smartphone mungkin sudah tahu, kalau sistem operasi custom bisa membuat baterai jadi lebih boros. Memang tidak semua membuat lebih boros baterai, beberapa bahkan bisa membuat baterai jadi lebih irit. Buat Sobat yang belum tahu, Custom ROM adalah tampilan sistem operasi Android yang sudah edit sedemikian rupa dengan tujuan tertentu. Misal HP Xiaomi yang pake Custom ROM Sony, sehingga tampilannya mirip HP Xperia.

Nah, itu dia Penyebab Baterai HP Cepat Habis. Jika sudah tahu yang jadi penyebabnya, mungkin Sobat bisa mengatasi HP yang boros baterai dari penyebabnya. Kalau mau lebih jelas, bisa baca di Cara Menghemat Baterai agar Tahan Lama. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Kenali Penyebab Baterai HP Cepat Habis"