Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Disini

Cara Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama

 Setelah Sobat mengetahui apa saja Penyebab Baterai HP Cepat Habis di artikel sebelumnya, mungkin Sobat sudah mempunyai cara untuk membuat baterai HP bisa bertahan lebih lama. Kalau belum, Jagoan Gadget bakal membagikan Cara Menghemat Baterai HP Agar Tahan lama dari masing - masing penyebabnya. Langsung aja simak pembahasan dibawah.

Cara Menghemat Baterai HP agar Tidak Cepat Habis

Cara MEnghemat Baterai HP Agar Tahan Lama

1. Kecerahan Layar Minimal

Atur kecerahan seminimal mungkin saat menggunakan smartphone. Biasanya, untuk beberapa tipe HP, layar agak sulit dilihat di bawah terik sinar matahari, harus menggunakan kecerahan layar yang tinggi untuk bisa melihat layar dengan baik. Jangan lupa menurunkan kecerahan layar jika memang tidak diperlukan agar bisa menghemat baterai HP.

HP dengan layar amoled akan lebih mudah dilihat walau di bawah terik sinar matahari, jadi bisa lebih menghemat baterai dengan tidak perlu menggunakan kecerahan layar yang tinggi. Tapi apa berarti HP dengan layar amoled lebih hemat baterai? Belum tentu, karena ada banyak sekali yang mempengaruhi konsumsi baterai HP.

2. Jaringan Internet yang Stabil

Usahakan gunakan provider jaringan internet yang bagus, karena hal ini juga mempengaruhi konsumsi daya baterai HP. Gunakan jaringan wifi jika ada, selain menghemat kuota internet, hal ini juga bisa membuat baterai lebih irit karena jaringan wifi lebih stabil loh.

3. Gunakan Fitur GPS Seperlunya

Saat ingin memakai navigasi dengan smartphone, pastinya layanan fitur GPS HP aktif. Jangan lupa setelah selesai menggunakan navigasi, matikan GPS agar bisa menghemat baterai HP. Beberapa aplikasi juga memerlukan GPS untuk fitur - fitur tertentu, misal share location dengan WA.

Nah, buat Sobat Ojol biasanya baterai HP yang boros menjadi masalah yang sering dialami. Namun solusi ini tidak bisa digunakan, karena driver ojol diharuskan selalu mengaktifkan GPS saat bekerja. Tapi tenang, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan agar bisa menghemat baterai HP meskipun GPS selalu aktif.

Tips Mengatasi Baterai Cepat Habis untuk Ojol

  • Matikan layar HP (kunci layar) saat tidak diperlukan
  • Gunakan HP dengan kapasitas baterai besar. Cek di Rekomendasi HP yang Cocok untuk Ojol Grab & Gojek
  • Siapkan Powerbank saat onbid
  • Gunakan layanan jaringan yang stabil

4. Perawatan Baterai

Kondisi baterai juga mempengaruhi boros tidaknya baterai HP itu sendiri, Sobat harus melakukan perawatan baterai agar baterai HP jadi hemat. Maksud dari perawatan baterai adalah dengan menjaga penggunaan HP agar kondisi baterai tetap bagus. Contohnya :

  • Hentikan pengisian daya baterai jika sudah penuh
  • Jangan sering menggunakan HP sambil dicharge (main game, streaming, dll)
  • Gunakan perangkat pengisi daya baterai yang baik

5. Segera Repair HP jika ada Kerusakan

Salah satu penyebab baterai boros, selain karena ada kerusakan dari baterai itu sendiri adalah kerusakan komponen lain pada HP. Jika Sobat merasakan HP Sobat boros baterai, dan tetap boros meskipun sudah ganti baterai, segera bawa ke service center atau jika Sobat punya teman teknisi HP bisa konsultasikan masalah tersebut.

6. Gunakan Charger dan Kabel Berkualitas

Pengisian daya yang baik juga mempengaruhi kondisi baterai HP. Gunakan charger dan kabel dengan kualitas baik agar bisa menjaga kondisi baterai. Jika ada yang original, gunakan charger dan kabel ori bawaan HP tersebut. Tapi jika tidak ada, mungkin hilang atau rusak, Sobat bisa membeli charger dan kabel dari brand ternama seperti Vivan, Robot, dan banyak lainnya. Jangan pakai yang KW ya.

7. Hapus atau Non Aktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jangan terlalu banyak memasang aplikasi di HP Sobat, karena hal ini bisa membuat baterai HP jadi boros. Mungkin ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak Sobat gunakan tapi tidak bisa dihapus. Solusinya tinggal non aktifkan saja. Untuk yang belum tau, cara menonaktifkan aplikasi bawaan HP cukup mudah, tinggal ke menu setelan, aplikasi terinstal, pilih aplikasi yang akan di nonaktifkan, dan tinggal pilih "nonaktifkan".

8. Gunakan UI Terbaru

Selalu update pembaruan sistem yang tersedia. Mungkin saja ada pembaruan untuk memaksimalkan kinerja HP termasuk menghemat konsumsi daya baterai HP,

Jadi mungkin itu saja Cara Menghemat Baterai HP agar Tahan Lama. Jika Sobat punya cara lain, kritik, ataupun saran, bisa tulis di kolom komentar ya. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama"