Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Disini

Gini Cara Hadapi DC Pinjol yang Suka Nagih Hutang Orang

 Bunga dan tenor pinjaman yang diberikan tidak sesuai dengan aturan dari OJK, kesannya Pinjol ilegal ini mencari keuntungan sebanyak - banyaknya pada kebutuhan mendesak seseorang. Hal ini membuat tidak sedikit nasabah memutuskan untuk terpaksa atau juga sengaja galbay (gagal bayar).

Cara penagihan pinjol ilegal sangat meresahkan banyak orang. Tidak hanya menghubungi nasabah yang bersangkutan, DC dari pinjaman online terkadang juga menghubungi bahkan meneror kenalan, kerabat, saudara, dan keluarga dari nasabah.

Pernahkah Sobat ditagih Pinjol karena orang lain tidak melunasi hutangnya? Bagaimana Sobat menghadapinya? Mungkin berbagai reaksi bisa terjadi mulai dari marah, takut, khawatir, emosi, atau lainnya.

DC Pinjol Ilegal

Kenapa Saya yang Ditagih Pinjol?

Saat mengajukan pinjaman online, biasanya nasabah harus mengisi kontak darurat dengan kerabat, saudara, atau orang terdekat lainnya. Saat nasabah sulit dihubungi, pihak pinjol bisa menanyakan kepada orang - orang tersebut.

Namun, pada pinjol ilegal, tidak hanya kontak darurat saja yang dihubungi untuk menanyakan tentang nasabah. Saat awal menginstal aplikasi pinjol ilegal, akan ada permintaan untuk akses ke kontak yang ada di HP. Sehingga kontak yang ada di HP bisa "disadap" dan dihubungi oleh pihak pinjol. Bahkan tidak hanya bertanya, tapi juga menagih yang kesannya meneror.

Jadi jangan kaget jika Sobat tiba - tiba ditagih hutang orang yang tidak begitu Sobat kenal atau mungkin tidak kenal sama sekali. Kemungkinan nomer Sobat tersimpan di HP nasabah tersebut.

Pihak pinjol melakukan berbagai cara agar nasabah merasa diteror, terintimidasi, dan malu sehingga membayar hutangnya. Hingga menagih kepada kontak - kontak yang ada di HP tersebut.

Lalu bagaimana jika kita ditagih pinjol padahal kita tidak hutang?

Cara Menghadapi Pinjol yang Menagih Hutang Orang Lain pada Kita

1. Jangan Takut

Tidak ada yang perlu ditakutkan atau dikhawatirkan. Karena memang tidak ada hubungannya dengan permasalahan hutang tersebut.

Mungkin pihak penagih atau DC pinjol ilegal akan berdalih bahwa Sobat dijadikan kontak darurat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pihak pinjol bisa mengakses semua kontak di HP nasabah, jadi belum tentu Sobat dijadikan kontak darurat.

Toh, jika benar Sobat dijadikan kontak darurat, kenapa pihak pinjol sebelum pinjaman disetujuai Sobat tidak dikonfirmasi atau minta persetujuan dari Sobat dulu? 

2. Jangan Mau Jadi Tukang Tagih Pinjol

Pihak pinjol pasti akan mendesak Sobat agar membuat nasabah melunasi hutangnya. Bahkan ada beberapa kasus, DC pinjol meminta untuk melunasi hutang tersebut.

Jika hal tersebut terjadi, Sobat jangan mau terlibat dalam permasalahan hutang orang lain. Sampaikan saja informasi tentang nasabah yang berhutang tersebut jika Sobat mengenalnya. Jangan sampai Sobat terprovokasi atau terintimidasi DC pinjol ilegal.

Apalagi bahasa dari DC pinjol ilegal mengancam dan tidak membuat nyaman. DC pinjol ilegal terkesan tidak punya sopan santun dan tidak berpendidikan saat melakukan penagihan.

3. Laporkan

Jika pihak DC pinjol ilegal terus meneror, mendesak, dan membuat Sobat tidak nyaman, Sobat bisa melaporkannya kepada pihak terkait yaitu OJK melalui :

Sobat bisa melaporkan ke OJK melalui situs tersebut. Isi semua form, dan jangan lupa untuk memilih instansi terkait permasalahan Pinjol, yakni OJK.

Sobat juga bisa melaporkan pihak DC pinjol ilegal ke pihak polisi. Jangan lupa kumpulkan semua bukti ancaman dan teror seperti screenshot percakapan, rekaman telpon, dan sejenisnya. 

Kesimpulan

Intinya Sobat jangan takut dan jangan mau terlibat untuk menagih hutang orang, apalagi disuruh melunasinya.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, pinjol ilegal adalah fintech abal - abal yang tidak mempunyai izin. Jika Sobat dihubungi DC pinjol ilegal, gertak saja, tanyakan dimana kantornya dan minta masalah diselesaikan di kantornya. Pinjol ilegal tidak akan berani menampakan "batang hidungnya" apalagi memberi tahu lokasi kantornya.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "Gini Cara Hadapi DC Pinjol yang Suka Nagih Hutang Orang"