Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Disini

HP 1 Jutaan RAM 6GB!!! Advan G9 Pro 4K Power for Gaming

 Suka main game mobile? Kalau iya pasti Sobat cari HP dengan kapasitas RAM yang besar. Advan G9 Pro 4K Power for Gaming sepertinya cocok untuk Sobat.

Sebelumnya brand lokal ini telah sukses dengan Advan G5, hingga mendapatkan penghargaan di ajang The 17Th Seluler Award 2020 sebagai HP Gaming Terbaik Harga 1 Jutaan. Apakah kesuksesan Advan G9 Pro ini bisa menyamai kakaknya?

Advan G9 Pro 4K Power for Gaming

Spesifikasi Advan G9 Pro 4K Power for Gaming

Advan G9 Pro hadir dengan tagline yang cukup menghebohkan sekaligus membuat orang bertanya - tanya, "4K Power fo Gaming".

Saat mendengar "4K" hal yang terlintas dipikaran tentunya tentang resolusi, smartphone ini punya layar 4K? atau bisa merekam video dengan kualitas 4K? Tapi kok for Gaming?

Sebelum bahas tagline, kita simak dulu spesifikasinya.

Spesifikasi Advan G9 Pro
Layar 6,6 Inchi HD+ 720x1600 IPS
Sistem Operasi Android 10
CPU UNISOC SC9863 (ARM) Octa-core A55
GPU ARMV8
RAM 6GB
ROM 64GB
Kamera Utama 16MP AF lensa utama
3 VGA depth sensor
Kamera Depan 8MP
Baterai 5.200 mAh

Dilihat dari tabel di atas, spesifikasi Advan G9 Pro ini memang cocok untuk game - game yang tidak terlalu berat. Apalagi di harga 1,5 jutaan Sobat tidak akan dapat smartphone dengan kapasitas RAM 6 GB.

Cocok dengan tagline nya, ada kata gaming. Tapi apa maksud 4K di tagline tersebut? Pada akun resmi sebuah sosial media Advan menjelaskan maksud dari 4K tersebut adalah 4 Kelebihan. Memang agak aneh sih, orang pada umumnya mengartikan 4K sebagai resolusi. Mungkin agar bisa menarik perhatian orang, jadi Advan membuat tagline yang sedikit nyeleneh.

Pengalaman Gaming Advan G9 Pro

Untuk game - game yang banyak dimainkan seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, LOL Mobile dan sejenisnya masih bisa dijalankan dengan cukup lancar pada Advan G9 Pro ini. Pada game PUBG Mobile Sobat bisa memainkan di settingan smooth HD.

Advan G9 Pro Gaming

Kebanyakan orang terutama gamer menganggap RAM adalah hal utama yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran main game di HP. Namun hal ini salah besar. Komponen lain seperti CPU dan GPU juga berpengaruh besar.

Spek Advan G9 Pro

Meskipun memiliki RAM 6GB, namun Advan G9 Pro ini memiliki processor yang tidak terlalu ngebut. Game HD seperti Genshin Impact tidak di rekomendasikan untuk dimainkan pada smartphone ini.

Genshin Impact menjadi barometer sebuah HP Gaming, karena memang game ini cukup berat dan membutuhkan spesifikasi tinggi. Apa bisa main di Advan G9 Pro? Tentu BISA, di download. Jika dimainkan game hanya akan berjalan di 10 - 15 FPS, tentunya sangat tidak nyaman main game di frame rate tersebut.

Baterai "badak" smartphone ini juga sangat mendukung untuk gaming. Dengan kapasitas 5.200 mAh, Sobat tidak perlu sering - sering mengisi baterai.

Baterai Advan G9 Pro

Desain Advan G9 Pro

Untuk desain, Advan G9 Pro ini bisa dibilang cukup bagus. Desain kekinian pada bagian depan full layar dengan sedikit poni untuk letak kamera depan, dan 4 kamera tersusun di bagian belakang.

Material body terbuat dari plastik, memang kita tidak bisa berharap banyak dengan smartphone spesifikasi lumayan kenceng harga 1 jutaan.

Tersedia 2 pilihan warna untuk smartphone ini, yakni Bright Blue dan Green.

Warna Advan G9 Pro

Kamera Advan G9 Pro

Sebagian orang menyebut arti dari tagline 4K di Advan G9 Pro ini adalah 4 Kamera. Memang HP Gaming Murah di Bawah 1 Juta ini memiliki 4 lensa pada kamera utama.

Kelebihan ini sekaligus menjadi kekurangan dari Advan G9 Pro. 3 Lensa tambahan ini memiliki resolusi 0,3 MP atau setara dengan VGA. Dan ketiganya sama, berperan sebagai depth sensor.

Kamera Advan G9 Pro

Meskipun memiliki 3 depth sensor, tapi kualitas hasil foto bokehnya tidak bisa dibilang bagus. Lalu untuk apa ada 3 lensa depth sensor? Mungkin agar terlihat kekinian aja.

Untuk kamera depan tidak ada masalah, hasil bisa dibilang lumayan. Advan G9 Pro ini sudah didukung dengan fitur face unlock, karena memang tidak ada fingerprint.

Kelebihan dan Kekurangan Advan G9 Pro

Setiap smartphone memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Sobat bisa mempertimbangkan apakah HP Gaming 1 Jutaan ini layak untuk dibeli?

Layar Advan G9 Pro

Kelebihan Advan G9 Pro

  • Kapasitas RAM 6GB dan Internal 64GB
  • Layar IPS 720x1600 HD+
  • 4 Lensa kamera
  • Baterai "badak" 5.200 mAh

Kekurangan Advan G9 Pro

  • Processor masih kurang powerfull
  • 3 Lensa depth sensor masih VGA
  • Kualitas gambar dan video biasa saja
  • Tidak ada fitur fingerprint

Harga Advan G9 Pro

  • Advan G9 Pro 6 / 64 GB Rp. 1.460.000
  • Advan G9 Pro 4 / 32 GB Rp. 1.299.000

Untuk Harga bisa berubah sewaktu - waktu.

Kesimpulan

Jadi menurut Sobat apakah Advan G9 Pro ini "whorty"?

Menurut Jagoan Gadget, Advan sepertinya memang mengutamakan kapasitas RAM dan Baterai yang besar. Karena memang target pasarnya adalah untuk gamer, sesuai taglinenya.

Jika Sobat cari HP Gaming di harga 1 Jutaan dengan RAM dan Baterai berkapasitas besar, Advan G9 Pro ini jawabannya. Harganya yang relatif murah ini membuat kekurangan Advan G9 masih bisa ditolerir.

Apalagi Advan adalah karya anak bangsa yang sedang kesulitan bersaing di rumahnya sendiri dengan brand lain seperti Xiaomi, Realme dan Vivo.

Nah, kalau Sobat sudah punya HP utama dan ingin cari HP lain terutama untuk kebutuhan gaming, tidak ada salahnya untuk mencoba Advan G9 Pro ini. Hitung - hitung membantu brand lokal agar bisa bersaing.

Semoga Advan bisa menjadi lebih bagus kedepannya. Dan bisa menjadi "tuan rumah" di "rumah" sendiri.

Posting Komentar untuk "HP 1 Jutaan RAM 6GB!!! Advan G9 Pro 4K Power for Gaming"