Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

 Tidak bisa dipungkiri, uang menjadi hal yang sangat penting untuk mencukupi segala kebutuhan kita. Di masa pandemi seperti sekarang, membuat banyak orang mengalami kesulitan ekonomi sehingga memutuskan untuk melakukan pinjaman pada aplikasi Pinjol.

Tapi, terkadang orang mengajukan pinjaman di aplikasi Pinjol tanpa tahu bagaimana cara membayar hutang tersebut. Memang disaat pikiran kalut karena kebutuhan dana yang mendesak, berbagai cara kita lakukan untuk mendapatkan solusi. Salah satunya pinjam uang di aplikasi Pinjol, tanpa memikirkan cara untuk mengembalikannya.

Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

Saat seseorang terjebak Jeratan Pinjaman Onlinejalan keluarnya hanya ada 2. Kalau ada uang, tinggal lunasi hutang dan masalahpun selesai. Lalu bagaimana jika tidak punya uang untuk melunasi? 

Jika seseorang meminjam uang pada aplikasi Pinjol Legal yang memiliki izin dari OJK, akan lebih mudah. Kenapa? Karena semua proses dan prosedur layanan Pinjol Legal diawasi dan harus sesuai dengan aturan dari OJK.

Untuk masalah denda keterlambatan misalnya, aturan dari OJK untuk denda keterlambatan yang boleh diterapkan adalah sebesar 0,8% dari pinjaman pokok. Dan dendanya pun ada batas maksimal, 100% dari pinjaman pokok. Jadi jika kita punya hutang Rp. 1.000.000 dan tidak bisa membayarnya tepat waktu, maka kita akan dikenakan denda sebesar 80 ribu per hari. Total tagihan akan bertambah terus karena denda yang dikenakan, dan akan berhenti di nominal Rp.2.000.000. Sehingga masih memungkinkan untuk menyelesaikan hutang di aplikasi Pinjol Legal tanpa harus kabur.

Hal lain seperti prosedur penagihan Pinjol Legal juga harus mengikuti aturan OJK, sehingga negoisasi untuk penyelesaian hutang masih mungkin kita lakukan.

Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

Jalan keluar lain ketika kita belum bisa melunasi hutang di aplikasi Pinjol adalah dengan kabur. Apalagi kalau kita terlilit di Pinjol Ilegal, banyak alasan yang membuat kabur menjadi satu-satunya solusi untuk menyelesaikan permasalah hutang di aplikasi Pinjol Ilegal.

Bagaimana Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal?

1. Kondisikan Orang yang Ada di Kontak HP

Kemungkinan besar DC Pinjol Ilegal akan menghubungi orang-orang yang ada di kontak HP kita untuk menagih hutang. Hal ini bisa terjadi karena memang aplikasi Pinjol Ilegal menyadap HP kita saat pengajuan pinjaman.

Untuk itu, lebih baik kita kondisikan dulu orang-orang yang ada dikontak kita tersebut. Dengan cara memberi tahu mereka bahwa kita sedang ada tunggakan Pinjol Ilegal dan tidak bisa melunasi karena bunga yang sangat tinggi.

Ada beberapa orang yang mungkin gengsi sehingga menggunakan alasan, seperti data kita dibajak/dihack sehingga disalahgunakan oknum tidak bertanggungjawab. Cara ini mungkin bisa SObat gunakan untuk mengondisikan teman atau kerabat yang berpotensi dihubungi DC Pinjol.

Sekedar informasi tambahan, untuk mengondisikan orang-orang tersebut Sobat tidak perlu menghubunginya satu per satu, karena hal tersebut cukup merepotkan. Sobat bisa membuat status atau story di Sosial Media yang Sobat miliki untuk memberitahukan hal tersebut.

2. Ganti Nomer HP

Teror penagihan DC Pinjol Ilegal tentunya akan cukup intens, terutama setelah hari jatuh tempo pinjaman. DC akan terus menghubungi nomer Sobat, baik lewat telepon, SMS, WA, dan Chat lainnya. Tentunya hal ini akan membuat kita risih.

Solusinya adalah kita mengganti nomer HP kita. Jika Sobat tidak memungkinkan untuk mengganti nomer HP Sobat, Sobat bisa menggantinya sementara saja. Hanya untuk menghindari penagihan yang membuat risih.

Menurut beberapa pengalaman dari Sobat Gadget, penagihan Pinjol Ilegal akan mulai berhenti atau minimal berkurang setelah 1 atau 2 bulan

3. Kuatkan Mental

Cara pengagihan pihak Pinjol Ilegal cenderung meneror, memang bertujuan membuat kita tertekan dan malu sehingga memaksa kita harus membayar tagihan bagaimanapun caranya.

Banyak berita yang mungkin Sobat kejadian bunuh diri akibat terjerat Pinjaman Online. Mungkin para korban tersebut sudah sangat tertekan namun masih belum bisa melunasi hutangnya.

Jangan sampai Sobat seperti itu ya, kuatkan mental kita. Kita tidak berniat untuk tidak membayar hutang, tapi karena memang bunga dan denda yang tidak masuk akal (tidak sesuai aturan OJK) membuat kita sulit untuk melunasinya.

4. Jangan Takut Ancaman

Untuk menakuti dan memaksa nasabah untuk membayar hutang, biasanya pihak DC Pinjol akan melakukan ancaman membawa permasalahan ke jalur hukum. Tapi Sobat jangan takut, karena masalah hutang - piutang tidak bisa memenjarakan seseorang.

Pasal 19 ayat 2 Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, berbunyi: Tidak seorang pun atas putusan pengadilan boleh dipidana penjara atau kurungan berdasarkan atas alasan ketidakmampuan untuk memenuhi suatu kewajiban dalam perjanjian utang piutang.”

Bahkan Kominfo pun pernah membuat statment menghimbau masyarakat untuk meminjam di Pinjol Ilegal dan tidak usah dibayar. Bisa Sobat cari beritanya di Google.

Jika DC mengancam dengan kasar dan bilang akan ke rumah, jangan dihiraukan. Bisa dipastikan bahwa DC Pinjol tidak akan datang ke rumah, karena memang perusahaan ilegal, alamat kantornya pun tidak jelas. Baca: DC Pinjol Apa Saja sih yang Datang ke Rumah?

5. Laporkan Pencemaran Nama Baik

Jika Sobat merasa terganggu dengan cara penagihan DC Pinjol Ilegal apalagi sampai menghubungi orang yang ada di kontak HP, sebenarnya Sobat bisa melaporkannya pada pihak yang berwenang atas dasar pencemaran nama baik.

Namun hal ini akan sulit, karena tidak ada informasi yang jelas mengenai identitas perusahaan dan alamat kantornya.

Alasan Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

Kenapa harus kabur dari Pinjaman Online Ilegal? Banyak hal yang ada dalam Ciri-Ciri Pinjol Ilegal, yang mungkin menjadi alasan utama kenapa harus kabur dari Pinjaman Online Ilegal.

  • Tidak memiliki izin resmi dari OJK
  • Tidak ada identitas dan alamat kantor yang jelas
  • Pinjaman cenderung lebih mudah disetujui
  • Informasi bunga, denda keterlambatan, dan biaya lainnya tidak jelas
  • Bunga dan denda keterlambatan tidak ada batas
  • Total pinjaman akan terus bertambah (jika terlambat)
  • Penagihan tidak ada batas waktu
  • Mengakses ponsel kita tanpa izin
  • Penagihan bersifat meneror, hingga menghubungi orang lain di kontak kita
  • Tidak ada layanan pengaduan

Dari ciri-ciri tersebut sudah terlihat bahwa Pinjol ilegal memang cenderung merugikan nasabahnya. Dan hal tersebut juga yang menjadi alasan kenapa harus atau terpaksa kabur dari Pinjaman Online Ilegal.

1. Bunga yang sangat mencekik

Semua proses pinjaman di aplikasi Pinjaman Online Ilegal tidak diawasi oleh OJK, karena itu banyak hal yang tidak sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya adalah bunga yang sangat tinggi.

Selain itu, Pinjol Ilegal juga tidak transparan untuk informasi biaya pinjaman yang diterapkan (bunga, denda, dan biaya administrasi). Maka dari itu, tidak sedikit orang yang terjebak dalam jeratan Pinjaman Online Ilegal karena tidak ada informasi mengenai biaya yang jelas di awal.

Bunga yang diterapkan bisa mencapat 1% hingga 5% per harinya, tidak ada informasi yang jelas di awal perjanjian pinjaman di awal. Tentunya bunga seperti ini tidak sesuai dengan aturan yang OJK dimana maksimal bunga harusnya 0,8%, dan ini juga sangat mencekik dan akan sulit untuk dilunasi.

2. Potongan biaya administrasi tinggi

Tidak hanya bunganya yang mencekik, Pinjaman Online Ilegal juga akan memotong uang yang diterima saat pencairan pinjaman dengan alasan uang administrasi. Potongannya pun tidak sedikit, bisa mencapai 10% dari pinjaman pokok, sekali lagi tidak ada kejelasan di awal perjanjuan.

Jadi, selain terkena bunga, pinjaman yang akan diterima masih akan terpotong biaya Administrasi. Jika dibandingkan uang pinjaman yang akan dicairkan dengan total tagihan yang harus dibayar, selisihnya bisa 100% alias 2 kali lipat.

3. Denda keterlambatan tanpa batas

Tidak sampai disitu, jika nasabah sampai telat membayar tagihan maka akan dikenakan denda keterlambatan. Selain dendanya yang tinggi, denda juga akan terus berjalan setiap harinya tanpa adanya batas.

Hal ini tentunya juga tidak sesuai aturan OJK. Denda keterlambatan harus berhenti ketika sudah mencapai 100% dari nominal pinjaman pokok.

Tidak bisa baya dan mau mencicil hutang di Pinjaman Online Ilegal? Bukannya berkurang, hutang malah akan terus bertambah setiap harinya karena adanya denda keterlambatan tanpa batas. Jadi kabur dari Pinjaman Online Ilegal adalah solusi yang terbarik.

4. Cara Penagihan Pinjaman Online Ilegal

Penagihan dari pihak Pinjaman Online Ilegal terkesan meneror. Aplikasi Pinjol Ilegal menyadap HP penggunanya untuk mencuri berbagai informasi seperti kontak, gambar, dan lainnya. Hal ini digunakan DC Pinjol Ilegal untuk meneror nasabah yang tidak membayar hutang, agar merasa tertekan dan dipaksa untuk melunasi hutang.

Tidak jarang DC Pinjol melakukan penagihan kepada orang lain dengan kata-kata yang kasar, untuk mempermalukan dan mencemarkan nama baik nasabah.

Tidak sedikit juga orang yang berfikir, lebih baik Gak Usah Bayar Pinjol Ilegal toh nama sudah dicemarkan dipermalukan. Hal ini juga menjadi alasan beberapa orang untuk kabur dari Pinjaman Online Ilegal.

Baca juga: Resiko Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

Kesimpulan Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

Sebenarnya, satu-satunya cara menyelesaikan hutang adalah dengan melunasinya, bukan malah kabur. Tapi pengecualian untuk hutang di aplikasi Pinjol Ilegal.

Bagaimana mau melunasi hutang jika bunga bisa mencapai 100% dari nominal uang yang diterima, apalagi jika sudah terlambat denda yang tinggi akan terus berjalan tanpa henti, membuat hutang mustahil dilunasi.

Dari sini saja banyak hal yang tidak sesuai dengan aturang OJK, sebagai lembaga negara yang menjadi regulator jasa keuangan.

Jadi, menggunakan Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal adalah solusi yang paling tepat. Bagaimana menurut Sobat?

Jika Sobat memiliki masalah keuangan dan ingin menyelesaikannya dengan memulai usaha, mungkin Sobat bisa mampir dan baca - baca di artikel "Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun" dan "10 Ide Jualan Online yang Laris", siapa tahu bisa menjadi inspirasi.

Atau jika tetap tidak menemukan jalan untuk solusi kebutuhan dan tetap ingin mengajukan pinjaman di aplikasi Pinjol. Sangat disarankan untuk meminjam di aplikasi Pinjol Resmi. Cek di: Daftar Pinjol Legal OJK 2021

Baca Juga:

55 komentar untuk "Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal"

  1. Saya sudah terlanjur terlilit pinjol. Bagaimana solusinya karena saya sudahbtidak sanggup bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinjol resmi atau ilegal?

      Hapus
    2. Apa semua kontak ya yg dihubungi??

      Hapus
    3. Kalau pinjol resmi hannya kontak darurat saja

      Hapus
  2. Saya sudah terlanjur terlilit pinjol ilegal. Bagaimana solusinya karena saya sudah tidak sanggup bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak saat ini aku sedang terlilit jga , tapi aku ikutin saran2 temen aku untuk tidak dibayar

      Hapus
  3. Saya jg ka, hampir 20jt. 😰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba join group Facebook "Solusi Bebas Riba", mungkin bisa membantu.

      Hapus
  4. Saya baru terlilit Pinjol ilegal, uang ga seberapa malu nya luar biasa, di bilang perampok uang kantor, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang bilang DC Pinjol, hiraukan saja... Untuk pinjol resmi, usahakan lunasi, nego dengan DC nya, dicicil perlahan.

      Hapus
  5. kalo dikejar kejar pinjol sampai ganggu telpon kantor bgmn ya


    BalasHapus
  6. Saya pernah di telpon orang dan orang tersebut menyuruh untuk masuk ke aplikasi kredit pintar,dan saya di suruh mengisi data2 yg ada,,termasuk saya fotokan KTP dan selfi dgn KTP itu,,ternyata itu adalah pinjaman uang,,sudah selesai semua saya isi dan data pribadi sukses dikirim.
    Dari situ saya stop dan kluar dari aplikasi tersebut,dan saya hapus aplikasinya tidak melanjutkan untuk meminjam uangnya itu,apakah saya sudah termasuk meminjam uang???
    Atau apa orang yg nelpon saya meminjam uang dengan mengatasnamakan saya??
    Gimana itu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah mengisi nomer rekening juga?

      Hapus
  7. Saya juga saat ini terlilit hutang bagaimana solusinya awalnya cuman 1 aplikasi terus 2 dan selalu nambah gali lobang tutup lobang dan sekarang mah menumpuk hampir 18jt an bagaimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stop gali lubang. Hadapi tagihan pinjol resmi, negosiasi untuk mencicil. Mungkin gabung di grup Facebook "Solusi Bebas Riba" bisa membantu.

      Hapus
  8. Mohon bantuan nya cara menghentikan teror pinjol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara ganti nomer dan email. Kondisikan orang - orang sekitar.

      Hapus
  9. Apakah dc pinjol akan mendatangi kami pak?? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung Pinjol apa gan, kalau pinjol resmi kebanyakan ada DC lapangan. Tapi DC pinjol resmi baik dan sopan. Saran saya hadapi saja, nego untuk mencicil agar bisa melunasi hutang sesuai kemampuan.

      Hapus
  10. Saya terlilit hutang di aplikasi pinjol yg terdaftar di OJK. Saya sudah minta restrukturisasi penjadwalan ulang pembayaran. Tapi mereka tidak bisa menyediakan restrukturisasi. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tau, aplikasi pinjol apa ya? Mungkin kalau ada FB, bisa join di group Solusi Bebas Riba. Link : https://www.facebook.com/groups/778579592566650
      Intinya jangan sampai melunasi hutang dengan hutang, usahakan selesaikan hutang yang ada sesuai dengan kemampuan kita.

      Hapus
  11. bagaimana solusi kalo kita gagal bayar pada pinjol yg lebih dr ?
    bisakah data kita dijual oleh aplikasi ke aplikasi lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pinjol legal, resikonya kita akan di blacklist BI Cheking. Untuk masalah jual-beli data, bisa atau tidaknya yang jelas hal tersebut melanggar hukum. Jadi kalau memang merasa data diri disalahgunakan, bisa melaporkan ke pihak yang berwajib.

      Hapus
  12. Kalo pinjol seperti yg 7hr itu jika gagal bayar apakah DC akan datang kermh ?lalu bagaimn kita menanggapinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu pinjol ilegal. 100% dijamin tidak akan datang ke rumah.

      Hapus
  13. Kalau gak pernah minjam terus dibtfransfer tapi kita gatau, tau" suruh bayar gimana ?

    BalasHapus
  14. Saya tiba" dapat transferan dana yang saya gak pernah minjam, katanya dari danakehidupan dan saya suruh balikkin, padahal saya gak pernah minjam dan saya tanya aplikasinya apa mereka kasih link pas saya buka saya suruh nginstal aplikasi mominjam dan saya sama sekali belum pernah terdaftar di aplikasi tersebut. Saya tanya lagi aplikasinya apa dan mereka bilang danakehidupan. Yang saya bibgubg kenapa di kasihnya link aplks mominjam . Tolong solusinya dong. Dan parahnya lagi karna saya panik jadi saya setujuin aja mereka akses kontak dan sebagainya. Terus aku sadar aku uninstal aplikasinya tapi aku belum sempat daftar sih baru selelai instal aplikasinya aja pas mau buka aku mau liat emang aku terdaftartar atau enggak tapi aplikasinya idah minta akses data dihp di awal kalau tidak diizinkan aplikasinya gak bisa kebuka. Itu gimana ya , aoakah data di hp kita sudah terakses dan di copy oleh mereka ? Saya takut mereka menghubungi nomor" di kontak saya. Dan anehnya lagi mereka punya data saya

    BalasHapus
  15. Mbak tolong solusiny dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiraukan saja, jika memang ingin dana dikembalikan minta untuk nominal tagihan dirubah menjadi uang yang kita terima. Dan jika membayar lakukan hanya lewat aplikasi, jangan mau jika diminta transfer langsung ke rekening perorangan.

      Hapus
    2. Kak berapa lama teror Pujol??

      Hapus
  16. Sy sdh habis 200 jt lebih nutup pinjol biar tidak di sebar data saya ,sdh sy lunasi semua tp tiba2 sy dpt pencairan lagi tanpa sy melakukan proses pengajuan.bagaimana sebaiknya langkah yg hrs sy ambil,sy sdh habis habisan buat nutup pinjol,sdh tidak tau lagi hrs bagaimana.apa mgkn Krn menurut mereka sy bonafit lalu sy terus dikai pencairan dana lagi.enak di mereka sy yg yg menderita.tlg beri pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pinjol ilegal bisa dihiraukan saja, tapi mungkin akan ada teror selama beberapa bulan. Solusinya cuekin atau ganti nomer HP. Kalau pinjol ilegal, bisa nego untuk meringankan penyelesaian hutang misal minta dicicil atau bayar pokoknya saja.

      Hapus
  17. Tlg beri saya pencerahan dan solusi terbaik..uang sy sdh habis sy kasih ke pinjol..bahkan hutang sy di luar sdh banyak sekali untuk nutup pinjol demi tidak di sebar data saya.sy hrs bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya lebih memilih untuk disebar data, daripada harus membayar bunga yang sangat tinggi.

      Hapus
  18. Gak Usah Bayar Utang yang lewat PINJOL Non OJK. Cuekin aja mereka gak bisa apa2x.

    BalasHapus
  19. Yg dihubungi pinjol apakah no hp yg sama setiap hari atau ganti ganti ? Ada 12 an pinjol ilegal yg tenor 7 hari tapi nagih dan ancam di hari ke 5 yg Galbay. Dah gak kuat nyarikan dana lagi dan gak ada yg bisa di jual untuk nutup pinjol ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nomor DC biasanya memiliki awalan yang sama hanya belakangnya saja yang beda. Keputusan sudah tepat, lebih baik galbay saja jika pinjol ilegal. Tinggal hadapi ancamannya dan kuatkan mental.

      Hapus
  20. Kalo kabur apa dia gak akan datang ke rumah kita??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pinjol ilegal bisa dipastikan tidak akan datang ke rumah

      Hapus
  21. Mau tanya saya juga terlili pinjol ini apakah termasuk ojk?

    1.Dompet pintar ( ksp butik ajaib, ksp bintang misteri, pribadi cash, dompet kami, lancar uang, cash lancar)
    2. Kreditku (tunai butuh, tunai solus)
    3. Dana bull ( cash hut)

    Termasuk ojk kah?

    BalasHapus
  22. Mau tanya kak apa pinjol dana pro, kreditku dan dompet pintar trmsuk resmi? Soalnya belum pnya dana buat byarnya jatuh tempo 23, 24 dan 26 juni,mohon solusinya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk legalitas Pinjol bisa cek di https://www.jagoangadget.com/2021/05/daftar-fintech-legal-ojk-2021-cek.html

      Hapus
  23. Saya salah pencet pinjol ,pas blm di klik,jatuh temponya 1bln tp pas udh cair cuma 7hari ,apa itu pinjol ilegal?apa legal ya?saya pikir ga disetujuin ada 7pinjol yang di setujuin ternyata,tapi bunganya gede bgt minjem 800 bayarnya 1,2 apa itu pinjol ilegal?apa dia akan menghubungin nmr kontak yg kita pnya ?

    BalasHapus
  24. Maaf kak sya juga sm pinjam di 4 aplikasih ilegal,tdnya saya pinjam 1 aplikaaih tp buat byar saya cb ambil pinjol lg dan smpek 4 aplikasih,dan saya br tau klu gen uang dan kredituang danaQ sm dana bull adalah aplikasih ilegal saya tdk sngup byar lg krna bunganya sngat besar bs 150rb perhari,tolong dong kak gmn solusinya apa hrus dibyar,saya audah tdk sngup lg byar

    BalasHapus
  25. Saya juga kak terlilit pinjol,saya tdk tau apliksih yg saya pinjam trenyata ilegal sperti get uang kredituang dan dana bull trus danaQ,saya pinjam 4 apliksih saya gali lobang ttp lobang,dan skrang saya tsk sangup byar krna saya skrang sdang skit tolong dong kak solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi terbaiknya tidak usah dibayar

      Hapus
  26. Mohon saran dan pndptnya..sy tiap hri di teror terus menerus lwt SMS tlpn wa dikatain maling anjing binatng trus ad sbagian yg neror nmr contk hp sy..ini baru trlmbat 1 hari..bahkan ad yg blm JTUH tempo kurang 2hr ini harus bgamna ya..yg sangat para itu ad nmanya dana cept..terus waktu pengajuan di apk nya 91 hri trnyata stelh di setujui cm 7hr..jadi sy terjebak.dan potongan awal hmpir 50% sy ngambil pnjmn 1,5 yg cair cm 8000 bahkan ad yg 700. Mohn solusi untuk keluar dr mslh ini sy hars bgmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi terbaik hiraukan saja, kuatkan mental, dan kondisikan orang-orang yang ikut dihubungi. Jangan dibayar karena tentu tagihan akan terus bertambah. Sabar saja, teror mungkin hanya 2-3 bulan.

      Hapus
  27. Pa mnta solusiny saya UD cape dengan pinjol hi juta pinjemny 1 JT bungangany 750rb tenorny 10 hari saja,2 x sya byr lebihny saja sudah 1,5 JT,saya sdh ganti nomer hp sama hpus aplikasiny,

    BalasHapus
  28. KK gimana ini q melilit ponjol ilegal YG TENOR7 hari......q harus gimn KK sudah ku ganti no hp hp sudah ku reset ke aturan pabrik.....DC bkln kerumah ga KK...q takut ...q pengen bgt tapi blm ada uangnya ... Gimn y KK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pinjol ilegal tidak akan datang ke rumah, tenang saja.

      Hapus
  29. Klo kita memilih untuk tidak angkat telpon nya,, kira" Gimn kak?

    BalasHapus