Sebelum Beli, Cek Dulu Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 4 F

Banyak brand smartphone ternama yang membuat versi "Lite" dari produk flagshipnya, salah satu contonya OPPO. Setelah merilis Reno 4, Oppo juga meluncurkan Oppo Reno 4 F yang memiliki harga lebih murah dengan spesifikasi dan fitur yang sedikit dikurangi. Mungkin hal ini dilakukan untuk menjangkau lebih banyak peminat dan mampu bersaing di pasar smartphone indonesia.
Oppo Reno 4 F

Dengan diluncurkannya Oppo Reno 4 F dengan harga yang lebih murah tidak membuat versi "aslinya" yakni Oppo Reno 4 (tanpa huruf F) menjadi tidak layak untuk dibeli. Tentunya Oppo juga memiliki perhitungan sendiri agar produk smartphone sebelumnya tetap laku dipasaran.

Bagaimana sih Spesifikasi Oppo Reno 4 F? Apa saja fitur yang dikurangi dari smartphone ini? Sebelumnya kita bahas secara detail kemampuan flagship "murah" terbaru dari Oppo ini.

Spesifikasi Oppo Reno 4 F

Untuk sebuah produk smartphone andalan yang ditawarkan dengan harga murah, Oppo Reno 4 F memiliki dapur pacu yang cukup mumpuni. Chipset Mediatek Helio P95 dan GPU Power VR GM944 sudah mampu untuk menjalankan game - game yang cukup berat seperti PUBG Mobille, Free Fire, Mobile Legends dan sejenisnya. RAM berkapasitas 8GB juga sudah mendukung perangkat ini untuk melakukan multitasking, membuka beberapa aplikasi dan membuatnya tetap berjalan.
Gaming Oppo Reno 4 F

Sudah terlihat pada score Antutu Benchmark Oppo Reno 4 F ini yang mencapai 190 ribuan, sedangakan pada Oppo reno 4 score Antutu sudah mencapai 280 ribuan. Perbedaan pada dapur pacu memang agak jauh.
Score Antutu Benchmark Oppo Reno 4 F

Oppo memang terkenal dengan usahanya untuk memberikan kualitas kamera yang baik. Slogan "Selfie Expert" yang selalu disebut memang sangat cocok. Pada kamera depan Oppo Reno 4 F terdapat 2 lensa yang lensa utamanya memiliki resolusi 32 MP dan lensa depth sensor 2 MP untuk mengambil gambar dengan efek bokeh. Namun sayangnya kualitas video yang dihasilkan hanya sampai resolusi 1080 di frame rate 30 fps. Jika hanya untuk mengambil foto atau melakukan live streaming di sosial media, rasanya kualitas ini sudah cukup baik.

Sedangkan di kamera belakang, produk terbaru Oppo ini menggunakan 4 lensa dengan lensa utama dengan resolusi 48 MP, lensa ultrawide untuk pengambilan gambar yang lebih luas 8 MP dan 2 lensa depth sensor yang masing - masing beresolusi 2 MP. Gambar yang dihasilkan kamera utama Oppo Reno 4 F ini tentunya sudah sangat baik. Ditambah lagi dengan adanya fitur AI Color Potrait untu membuat efek monocrome pada gambar dan Night Flare Potrait yang membuat cahaya dibelakang objek menjadi bokeh. 2 Fitur ini menjadi daya tarik bagi pengguna yang ingin merasakan sensasi pengalaman baru fotografi dengan menggunakan smartphone. Untuk contoh hasil kamera klik Hasil Kamera Oppo Reno 4 F.
Kamera depan Oppo Reno 4 F

Kamera Belakang Oppo Reno 4 F

Di sektor baterai, kapasitas 4.000 mAh membuat Oppo Reno 4 F mampu bertahan seharian dalam penggunaan normal. Pengisian daya sudah mendukung fast charginf. Sayangnya charger yang di dapat hanya memilik daya 18 watt sedangnya untuk versi yang lebih tinggi sudah menggunakan 30 watt. Tapi pengisian smartphone terbaru dari Oppo ini sudah cukup cepat, butuh waktu 1,5 jam untuk mengisi penuh baterai.

Fitur Menarik Oppo Reno 4 F

  • Night Mode Charging
Salah satu fitur yang menarik dan sangat membantu adalah Night Charging Mode. Dimana fitur ini membantu pengguna untuk mengisi baterai sesuai kebiasaan. Misal setiap hari Anda melakukan pengisian daya baterai sebelum tidur pada jam 10 malam dan Anda akan mencabutnya ketika bangun jam 6 pagi. Maka sistem akan mengatur arus yang masuk sehingga baterai penuh dalam waktu 8 jam dengan mengurangi daya pengisian. Jadi jangan kaget jika saat "nge-charge" saat fitur ini aktif baterai terisi sangat lambat. Hal ini menurut Oppo dapat menjaga kualitas baterai agar lebih awet.
Fitur Baterai Oppo Reno 4F

  • Air Operation
Dengan fitur ini pengguna dapat mengoperasikan layar tanpa menyentuh. Fitur ini sangat membantu saat Anda ingin menggeser layar atau menerima panggilan saat tangan Anda kotor atau basah sehingga tidak dapat menyentuh layar
Fitur Air Operation Oppo Reno 4 F

Perbedaan Oppo Reno 4 F dengan Oppo Reno 4

Untuk memangkas Harga HP Oppo Reno 4 F ini, memang dilakukan pemangkasan di beberapa fitur. Salah satu yang sangat mencolok adalah pada Chipset dan GPU yang digunakan. Oppo Reno 4 menggunakan Snapdragon 720G dan Adreno 618 yang lebih unggul dari Reno 4 F. Meskipun bisa digunakan untuk bermain game, namun chipset Mediatek Helio P95 dan GPU PowerVR GM9446, pengalaman gaming di Oppo Reno 4 F ini dirasa kurang. Apalagi saat digunakan untuk bermain game HD yang "specification requirment" nya cukup tinggi seperti Genshin Impact, meskipun tetap bisa digunakan namun performa rendering berjalan seadanya.

Untuk perbedaan lain terdapat pada kapasitas baterai yang memiliki selisih hanya 15 mAh dan fitur fast charging dimana Oppo Reno 4 sudah menggunakan daya 30 mAh yang bisa mengisi penuh baterai hanya dalam 20 menit. Namun perbedaan - perbedaan ini rasanya masih bisa di tolerir, Harga Oppo Reno 4 F 2020 memang jauh lebih murah.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4 F

Yang menjadi kelebihan Smartphone Terbaru 2020 Oppo ini memang harganya yang murah dan spesifikasinya tidak kalah jauh dari Oppo Reno 4. Dengan adanya selisih harga yang lebih murah, Oppo Reno 4 F layak dipertimbangkan untuk dibeli.

Seperti yang sudah dibahas di atas. Oppo Reno 4 F ini memiliki kekurangan di sektor dapur pacu. Jika Anda mengutamakan spesifikasi untuk bermain game, sepertinya Anda harus mencari alternatif smartphone lain untuk dibeli.

Harga Oppo Reno 4 F

Untuk Harga HP Oppo Reno 4 F 2020 masih berkisar antara 4 jutaan. Di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shoppe banyak seller yang menjual dengan harga 4 juta hingga 4,3 juta. Selisih harga 800 ribuan dengan Oppo Reno 4, membuat smartphone ini lebih layak untuk dibeli jika Anda tidak begitu mementingkan kebutuhan gaming.

Jadi kesimpulannya Oppo Reno 4 F ini bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang mencari smartphone dengan performa dan kualitas yang baik. Fitur - fitur canggih yang sangat membantu juga bisa Anda dapatkan pada perangkat ini. Namun jika kebutuhan Anda yang utama adalah bermain game, Spesifikasi Oppo Reno 4 F tidak cukup baik untuk mendapatkan pengalaman bermain game HD pada smartphone dengan maksimal.
Spesifikasi Oppo Reno 4 F
Layar Super AMOLED
6,43 inci
Resolusi Layar 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
Proteksi Layar Corning Gorilla Glass 3
Sistem Operasi Android 10, ColorOS 7.2
Chipset Mediatek MT6779V Helio P95 Octa-Core
GPU PowerVR GM9446
RAM & ROM 8GB RAM
125GB ROM
Kamera Utama 48 MP(Wide)
8 MP (Ultrawide)
2 MP (Depth sensor)
2 MP (Depth sensor
Kualitas rekaman video :
4K@30fps, 1080p@30/120fps, gyro-EIS
Kamera Selfie 32 MP (Wide)
2 MP (Depth sensor)
Kualitas rekaman video :
1080p@30fps
Kapasitas Baterai 4.000 mAh
Fast Charging 18 W
Wireless Charging 11 W

Hasil Kamera Oppo 4F
Hasil Kamera Oppo 4 F

Hasil Kamera Oppo 4 F 1

Hasil Kamera Oppo 4 F 2

Hasil Kamera Oppo 4 F 3

Hasil Kamera Oppo 4 F 4

Hasil Kamera Oppo 4 F 5

Hasil Kamera Oppo 4 F 6

Hasil Kamera Oppo 4 F 6
Source : Youtube Channel Gadgetin


Demikian ulasan tentang Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 4 F. Mungkin ada penjelasan yang kurang dari kami mengenai fitur - fitur, kelebihan serta kekurangan dari Smartphone Terbaru Oppo 2020 ini. Mohon kritik dan saran di kolom komentar. Terima Kasih

Belum ada Komentar untuk "Sebelum Beli, Cek Dulu Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 4 F"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel