Hobi Menulis? Hasilkan Uang dengan Menulis di Internet - Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Hallo Sobat Gadget, kembali lagi sama mimind Jagoan Gadget. Di artikel kali ini mimind akan membagikan informasi tentang Bagaimana Cara Dapatkan Uang di Internet. Banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet mulai dari jual beli online, Menjadi Seorang Youtuber hingga membuat website atau blog. Nah, buat kamu yang hobi menulis membuat blog merupakan pilihan yang paling tepat untuk menghasilkan uang yang banyak di internet. Bagaimana bisa menulis di internet dapat uang?

Dengan menulis sebuah artikel kamu bisa mendatangkan pembaca di website atau blog kamu, hal ini menjadi peluang untuk mengkomersilkan blog kamu itu dengan cara memasang iklan. Jadi setiap pengunjung blog kamu berpeluang melihat dan mengklik iklan yang kamu pasang sehingga kamu bisa mendapatkan uang. Masih bingung? Nih mimind jelaskan secara lengkap Cara Menghasilkan Uang dari Blog buat Sobat Gadget tercinta.

Tentunya kamu harus punya blog dulu. Jangan berpikir untuk langsung mendapatkan hasil yang banyak dulu. Penghasilan yang akan didapat tegantung dari pengunjung dari blog. Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak kamu harus membuat blog yang baik dengan isi konten yang berkualitas. Butuh waktu yang relatif lama untuk melakukannya, mungkin langkah - langkah dibawah bisa membantu kamu untuk membuat blog yang memiliki banyak pengunjung sehingga menghasilkan uang banyak.

Tips Membuat Blog yang Dapat Menghasilkan Uang

  • Tentukan Tema Blog
Pertama kamu harus menentukan tema untuk blog dan isi artikel yang akan kamu buat. Bisa yang sesuai dengan minat dan hobi sehingga lebih mudah untuk menulis artikel dengan baik, atau juga bisa tentang hal - hal yang sudah kamu kuasai. Contoh tentang berita, teknologi, kesehatan, otomotif dan sebagainya.

Kamu bisa mengisi blog dengan artikel bermacam - macam tema, namun mimind lebih menyarankan untuk menggunakan 1 tema saja. Karena nantinya akan berpengaruh di peringkat mesin penelusur.

Mimind juga sarankan untuk memilih tema yang banya peminatnya sehingga blog kamu berpeluang untuk mendatangkan pengunjung lebih banyak. "Bagaimana kita tahu tema yang sering dicari?" Sebelum menentukan tema yang akan digunakan, lakukan riset kata kunci. Cari kata kunci yang paling banyak dan sering dicari.

Artikel terkait yang mungkin membantu :
- Cara Riset Keyword

  • Bangun Blog atau Website yang User Friendly
Langkah kedua yang harus kamu lakukan untuk Dapatkan Uang dari Internet melalui tulisan kamu adalah membuat website atau blog. Banyak platfrom web dan penyedia hosting yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk seorang pemula mimind sarankan untuk menggunakan yang simple dan gratis saja, Blogger bisa dipelajari dengan mudah dan gratis alias tanpa mengeluarkan biaya.


Buat tampilan blog dengan sebaik mungkin. Jadikan tampilan blog kamu mudah diakses pengunjung yang ingin membaca artikel - artikel yang kamu buat. Jangan lupa untuk menampilkan navigasi agar pengunjung juga bisa mencari artikel yang dicari.

Jangan membuat tampilan terlalu rumit, karena bisa membuat pengunjung kesulitan mengakses blog kamu. Terlalu banyak fitur yang dipasang di blog juga bisa membuat blog menjadi lemot untuk dibuka sehingga bisa membuat pengunjung malah meninggalkan blog kamu. Jadikan tampilan blog sesederhana mungkin.

Artikel terkait yang mungkin membantu :
- Cara Mengedit Tema Blogger
- Cara Mengganti Domain Blogger

  • Gunakan Custom Domain
Agar terlihat lebih profesional kamu bisa menggunakan domain sendiri. Misal kamu menggunakan Blogger, maka doman blog kamu adalah (namablog).blogspot.com. Agar blog kamu lebih terlihat profesional dan mudah diingat pengunjung, kamu bisa membeli domain dan menggunakannya di website kamu.

  • Buat Konten yang Berkualitas
Konten yang berkualitas berpengaruh pada peringkat blog kamu di search engine atau mesin pencari, dimana saat ini yang paling banyak digunakan adalah Google. Google memiliki algoritma tersendiri untuk menempatkan sebuah blog di pencarian teratas, salah satunya adalah kualitas konten. "Bagaimana Cara Membuat Konten yang Berkualitas?"

Sampaikan informasi yang jelas dan mendetail pada artikel kamu. Gunakan gambar atau ilustrasi untuk memperjelas informasi. Jangan melakukan Copy-Paste, karena hal ini sangat mudah dideteksi oleh Google. Jika kamu ingin menggunakan informasi dari artikel orang lain jangan lupa untuk sertakan sumbernya.

Selain berpengaruh pada pencarian di Google, artikel yang berkualitas akan membuat pembaca merasa puas dengan informasi yang kamu sampaikan di artikel tersebut. Kemungkinan besar pembaca tersebut akan mengunjungi blog kamu lagi untuk mencari informasi lain.

  • Rutin Update
Usahakan untuk terus memposting artikel secara berkala, lebih sering lebih baik. Hal ini juga berpengaruh pada penilaian Google terhadap blog kamu. Dengan seringnya update juga bisa membuat blog kamu memiliki banyak pengikut.

Monetasi Blog untuk Menghasilkan Uang Google Adsense

Setelah langkah - langkah tersebut sudah kamu lakukan dan pengunjung blog sudah banyak, kamu bisa menampilkan iklan untuk mendapatkan hasil dari kerja keras kamu. Banyak perusahaan Advertiser yang menyediakan kerja sama kepada pemilik blog untuk menayangkan iklan, salah satunya Google Adsense.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense sangat mudah, klik Google Adsense kemudian klik mulai dan isi form dengan data blog kamu. Sebelum diterima, Google akan melakukan review pada blog yang kamu daftarkan. Jika kamu mengikuti langkah - langkah di atas, mimind yakin blog kamu akan diterima.


Mimind juga sering mendengar banyak orang yang blognya ditolak adsense. Kemungkinan alasan sebuah blog ditolak Google Adsense :
  • Blog yang kurang berkualitas dan pengunjung sedikit
Terburu - buru ingin cepat Dapat Uang dari Internet bisa membuat kamu gagal mendaftarkan blog ke Google Adsense. Daftarkan blog jika memang sudah siap. Tidak ada syarat tertulis mengenai berapa banyak artikel dan pengunjung untuk sebuah blog dapat diterima Google Adsense. Yang pasti, daftarkan blog kamu jika sudah memiliki pengunjung yang stabil mungkin lebih dari 100 pengunjung perharinya.

  • Konten hasil copy-paste
Jika kamu ingin menjadikan sumber penghasilan tetap, jangan sesekali mengisi blog kamu dengan tulisan hasil copy-paste artikel lain. Hal ini bisa membuat blog kamu ditolak oleh Google Adsense. Meskipun diterima, suatu saat blog kamu bisa di ban oleh Google.

  • Konten yang tidak sesuai peraturan Google
Konten yang melanggar kebijakan Google Adsense seperti konten tentang kekerasan, pronografi, pelanggaran hak cipta dan konten sensitif lainnya


Intinya adalah buat blog yang berkualitas sehingga mendatangkan banyak pengunjung, semakin banyak pengunjung di blog kamu maka peluang untuk Menghasilkan Uang dari Internet juga semakin besar. Jangan terlalu terburu - buru untuk mendapatkan hasil. Bangun blog dengan sebaik mungkin dan isi dengan tulisan yang berkualitas.

Untuk Sobat Gadget yang memiliki pertanyaan atau tips dan trik lain agar bisa Dapatkan Uang di Internet melalui blog bisa komentar dibawah ya. Atau menurut Sobat ada yang salah dengan saran mimind diatas mohon di koreksi ya Sobat? Terima Kasih, semoga artikel ini membantu.

1 Komentar untuk "Hobi Menulis? Hasilkan Uang dengan Menulis di Internet - Cara Menghasilkan Uang dari Blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel