Cara dan Tips Menjadi YouTuber Pemula Hingga Sukses

Belakangan ini YouTuber memang menjadi profesi yang paling diminati semua kalangan mulai dari yang muda hingga tua. Banyak YouTuber ternama yang sudah membuktikan hasil dari kerja kerasnya menjadi seorang content creator di platfrom YouTube. Tidak sedikit orang yang awalnya hanya orang biasa menjadi orang kaya yang bisa membeli rumah, mobil dan barang mewah lainnya dari hasil menggeluti dunia YouTube. Karena hasilnya yang menjanjikan itulah yang membuat banyak orang ingin mencoba peruntungannya dengan menjadi seorang Youtuber.

Menjadi seorang YouTuber memang sepertinya menyenangkan. Apalagi kamu bisa membuat video sesuai dengan hobi atau hal yang kamu minati. Memiliki perkerjaan yang sesuai dengan hobi kita memang menyenangkan dan akan terasa asyik untuk mengerjakannya.

Kebanyakan orang menjadi seorang YouTuber itu gampang, cuma bikin video lalu mengunggahnya di YouTube saja sudah bisa menghasilkan uang. Eits tunggu dulu, tidak semudah itu jika kamu ingin menghasilkan uang dari YouTube dan menjadi YouTuber yang sukses. Perlu beberapa cara dan trik yang harus kamu lakukan agar konten atau video kamu bisa menghasilkan uang yang banyak dari YouTube. Disini mimind akan membagikan Cara dan Tips untuk Menjadi YouTuber Pemula hingga Sukses. Baca artikel ini sampai habis ya.


Apa itu YouTube?

Tentunya kamu harus tau apa dan bagaimana cara kerja YouTube sehingga kamu bisa menjadi Youtuber yang sukses. YouTube merupakan situs berbagi video dimana pengguna bisa mengunggah video dan melihat video dari pengguna lain untuk berbagai kebutuhan. Situs web ini dibuat pada tahun 2005 dan dibeli oleh Google dan terus berkembang hingga saat ini.

Bagaimana Menghasilkan Uang dari YouTube?

Seperti yang dijelaskan di atas, situs ini merupakan situs web berbagi video. Pengunggah video bisa menampilkan iklan di beberapa bagian video dan mendapatkan uang dari tayangnya iklan tersebut melalui cara monetasi. Iklan berasal dari perusahaan atau perorangan yang ingin mempromosikan produknya melalui Google Adsense. Kemudian penayang iklan atau pemilik video tersebut mendapatkan bagian hasil dari biaya yang dikeluarkan pengiklan kepada Google.

Cara Menjadi YouTuber Pemula

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki akun atau channel YouTube. Kalau belum punya klik Cara Buat Channel YouTube
  2. Kemudian tentukan tentukan tema channel yang akan kamu pilih. Misal kamu ingin membuat video - video tentang hobi kamu atau membagikan ilmu yang kamu kuasai.
  3. Kamu juga harus mempersiapkan peralatan untuk menjadi seorang YouTuber, minimal alat untuk merekam dan mengedit video. Smartphone bisa menjadi alat yang multifungsi, dengan HP Android atau iOS bisa menjadi alat perekam sekaligus editing. Butuh rekomendasi HP? klik 
  4. Jika sudah memiliki channel dengan video - video yang siap ditonton, kamu harus melakukan monetasi channel kamu. Monetasi adalah pengajuan kepada Google untuk menampilkan iklan. Cara Daftar Adsense Youtube.
  5. Setelah monetasi berhasil, yang kamu harus lakukan adalah menjaga penonton setia kamu terus mengikuti channel kamu. Upload video - video secara rutin.
Jika kamu sudah punya channel YouTube dan sudah dimonetasi namun belum menghasilkan uang, mungkin ada beberapa hal yang belum kamu maksimalkan. Coba kamu ikuti tips dan trik berikut.

Tips dan Trik Menjadi YouTuber Sukses

  • Pemilihan Tema Channel
    Tema atau topik yang kamu pilih akan berpengaruh besar pada jumlah subscriber, viewer hingga penghasilan yang kamu dapat. Saran mimind tema yang dipilih harus tema yang banyak diminati orang sehingga mudah untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak
  • Riset Keyword
    Kamu juga harus melakukan riset keyword, mencari tau kata kunci apa saja yang banyak dicari. Jika konten kamu merupakan kata kunci yang sering dicari maka kamu akan berpeluang besar untuk mendapatkan penonton lebih banyak. Belum tau caranya? Klik cara Riset Keyword.
  • Konten Berkualitas
    Jika 2 hal di atas sudah kamu lakukan, kamu harus membuat konten atau video kamu berkualitas agar penonton lebih memilih video kamu. Buat video kamu tidak membosankan untuk ditonton jika konten kamu tentang tutorial atau menjelaskan sesuatu, buat dengan detail sehingga penonton mendapat informasi yang lebih jelas dan lengkap.
  • Upload Video Rutin
    Mengunggah video secara rutin bisa membuat penonton mengikuti channel kamu, sehingga setiap kamu upload video penonton akan mendapat notif dan bisa membuat konten baru kamu selalu banyak views.

Jumlah tonton video sangat berpengaruh besar kepada penghasilan yang akan kamu dapat. dengan melakukan hal - hal di atas bisa membuat video yang kamu buat memiliki banyak penonton sehingga bisa menghasilkan uang yang banyak pula.


Banyak YouTuber Gaming, MotoVloger dan lainnya yang sukses berawal dari nol. Disini mimind mencoba untuk berbagi informasi untuk membantu teman - teman yang ingin menjadi YouTuber. Mimind juga tidak lupa untuk menyampaikan tetap semangat dan jangan mudah menyerah.

Demikian Cara dan Tips Menjadi YouTuber Pemula Hingga Sukses dari mimind. Mungkin teman - teman mempunyai tips lain atau pertanyaan bisa langsung komen ya? Semoga bermanfaat. :)

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Tips Menjadi YouTuber Pemula Hingga Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel