Pilih Mana? Perbedaan Samsung Galaxy M10 dan A10

Hallo Sobat Gadget, kali ini Jagoan Gadget akan membahas tentang perbandingan Samsung Galaxy A10 VS M10. Perbedaan kedua smartphone ini memang sangat sedikit yang pasti membuat kalian bingung mau pilih yang mana di antara kedua hp Samsung kisaran harga 1 jutaan terbaru ini. Karena itulah Jagoan akan mengulas lengkap perbedaan mulai dari segi spesifikasi, performa, kamera hingga harga agar kalian memiliki pertimbangan untuk pilih yang mana.

Samsung Galaxy A10 VS M10

Perbedaan Samsung Galaxy A10 dan M10

Perbandingan Samsung Galaxy A10 dan M10

Di awal tahun 2019 Samsung meluncurkan banyak smartphone mulai dari level flagship hingga low-end. Beberapa smartphone yang mencuri perhatian banyak orang adalah Samsung Galaxy A10 dan M10. Selama ini smartphone Samsung memang dikenal dengan kualitasnya yang sangat baik dan tentunya dibarengi dengan banderol harga yang bisa dibilang tinggi. Namun, kali ini Samsung meluncurkan 2 smartphone ini dengan harga yang tergolong sangat murah dengan kualitas yang masih baik. Bagaimana spesifikasi Samsung Galaxy A10 dan M10?

Spesifikasi Samsung Galaxy A10 dan M10

Perbedaan Fisik Samsung Galaxy A10 dan M10

Dari segi fisik kedua smartphone ini tidak ada perbedaan yang mencolok. Lebar layar 6.22 inchi dengan desain full view atau yang biasa disebut Infinity V Display. Dengan poni kekinian yang berbentuk tetesan air untuk letak kamera depan smartphone. Panel TFT dan resolusi 720x1520 pixel atau 270 dpi dirasa sudah sangat cukup. Namun dengan layar 6.22 inchi dengan resolusi HD+ membuat kita tidak bisa berharap banyak pada tampilan layar smartphone ini. Yah, namanya juga hp samsung harga 1 jutaan. Tidak jelek, namun Samsung terkenal dengan kualitas layar smartphonenya.

Pada bagian bawah smartphone terdapat port micro usb, jack audio 3.5 dan mic. Port jack audio ini merupakan satu kelebihan, karena banyak smartphone baru sudah menghilangkannya. Bagian atas hanya ada mic tambahan, kiri tombol power dan volume, sedangkan kanan terdapat sim tray.





Perbedaan Spesifikasi dan Performa Samsung Galaxy A10 dan M10

Pada spesifikasi Samsung Galaxy A10 dan M10 memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Terutama di sektor dapur pacunya. Meskipun sama - sama mengusung processor Octa-core dengan clockspeed 1.6 GHz namun ada beberapa perbedaan yang membuat performa kedua hp ini berbeda. Meskipun sama - sama memiliki kapasitas RAM 2GB, namun A10 memiliki kapasitas memori internal lebih besar yakni 32GB sedangkan M10 hanya 16GB.

Samsung Galaxy M10 menggunakan processor Exynos 7870 dan GPU Mali-T830 MP1, sedangkan Samsung Galaxy A10 menggunakan processor Exynos 7884 dan GPU Mali-G71 MP2. Dalam hal ini A10 lebih unggul karena menggunakan processor dan GPU dengan versi yang lebih tinggi.

Saat kita test menggunakan aplikasi benchmark, Samsung Galaxy A10 memang meniliki jumlah score yang lebih tinggi. Namun Samsung Galaxy M10 memiki score yang lebih tinggi di sektor CPU, yang membuat jumlah score A10 lebih unggul adalah perbedaan score di sektor GPU yang cukup signifikan.


Mungkin yang membuat score CPU Samsung Galaxy M10 lebih tinggi adalah sistem operasi yang masih menggunakan Android 8.1 atau Oreo (sampai artikel ini ditulis M10 belum mendapat pembaruan sistem) dan masih menggunakan UI lama Samsung yakni Samsung Experience sehingga lebih ringan. Sedangkan Samsung Galaxy A10 sudah menggunakan Android 9 Pie dan UI terbaru ONE UI. Jadi A10 memiliki fitur yang lebih lengkap seperti folder aman, mode malam dan lainnya karena menggunakan OS dan UI dengan versi lebih tinggi.


Jadi bisa diambil kesimpulan, Samsung Galaxy A10 lebih unggul dibandingkan Samsung Galaxy M10 dalam sektor dapur pacu dan performa. Apalagi di sector GPU A10 jauh lebih unggul dan lebih direkomendasikan untuk gaming.

Perbedaan Kamera Samsung Galaxy A10 dan M10

Untuk kamera depan, kedua hp ini sama - sama menggunakan kamera beresolusi 5 MP. Yang membedakan di sektor ini adalah Samsung Galaxy A10 memiliki kamera belakang 13 MP dengan flash sedangkan Samsung Galaxy M10 memiliki dual kamera 13MP + 5MP.

Kamera Samsung Galaxy A10 dan M10

Samsung M10 memiliki lensa wide beresolusi 5MP sehingga kamu bisa menggambil gambar dengan mode ultra wide, sedangkan A10 tidak. Untuk fitur lainnya kamu juga bisa menggambil foto dengan fitur fokus live atau bokeh dengan kamera depan maupun belakang.

Hasil Kamera Samsung Galaxy A10 VS Samsung Galaxy M10

Hasil kamera Samsung Galaxy A10 dan M10

Hasil Kamera Belakang Samsung Galaxy A10 dan M10




Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy A10 dan M10

So, kalau kamu membutuhkan smartphone untuk gaming Samsung Galaxy A10 lebih direkomendasikan karena memiliki keunggulan di performa dan dapur pacu. Sebaliknya kalau kebutuhan kamu untuk selfie dan foto, Samsung Galaxy M10 lebih cocok buat kamu. Untuk harga, terakhir dibulan Mei 2019 kedua smartphone ini dibanderol dengan harga
Samsung Galaxy A10 Rp. 1.699.000
Samsung Galaxy M10 Rp. 1.599.000
Sebagai tambahan, kamu tidak mendapatkan headset untuk pembelian Samsung Galaxy A10.
Jadi kamu pilih yang mana?

Buat sobat gadget yang memiliki masukan atau pengalaman menggunakan kedua smartphone ini bisa tulis komentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "Pilih Mana? Perbedaan Samsung Galaxy M10 dan A10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel