Solusi mengatasi iPhone Atau iPad Yang Lemot

iPhone ataupun iPad adalah beberapa contoh dari perangkat iDevices yang dibuat dengan teknologi paling mutakhir. Namun seperti layaknya perangkat elektronik, khususnya smartphone, ada kalanya iPhone atau iPad Anda mengalami kejadian Hang, atau performa yang berkurang dan tidak lagi prima seperti saat pertama kali digunakan. Hal hal tersebut merupakan pertanda bahwa ada yang salah dengan perangkat iPhone atau iPad Anda. Jika Anda telah mengalami hal hal tersebut, maka tidak perlu terburu buru untuk membawa perangkat iDevice Anda ke tempat servis, karena ada beberapa langkah perbaikan sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri. Berikut adalah solusi mengatasi iPhone atau iPad yang sering lemot atau hang yang bisa Anda lakukan di rumah.

Solusi mengatasi iPhone Atau iPad Yang Lemot

Tutup Aplikasi Yang Berjalan

Pada dasarnya smartphone dan PC memiliki cara kerja yang sama, yaitu semakin banyak aplikasi yang terbuka, maka semakin besar pula kekuatan yang dibutuhkan serta kapasitas RAM yang diperlukan. Ketika iPhone Anda terlihat lebih lambat dari biasanya, maka bisa jadi saat itu perangkat smartphone kesayangan Anda tersebut sedang mengalami “kelebihan muatan”, dengan kata lain ada banyak aplikasi yang berjalan dalam waktu yang sama. Maka solusi paling tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah “membuang” aplikasi aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan, tidak hanya meminimizenya karena hal tersebut akan membuat aplikasi tetap berjalan walaupun di dalam background. Untuk melakukan hal tersebut, Anda cukup melakukan swipe pada layar app switcher yang dapat Anda munculkan dengan menekan tombol home sebanyak dua kali.

Solusi mengatasi iPhone Atau iPad Yang Lemot

Restart Perangkat iPhone atau iPad Anda

Jika langkah pertama tersebut belum membuahkan hasil, maka sebaiknya Anda melakukan restart pada perangkat iDevice tersebut. Bayangkan manusia yang kelelahan, sekedar mengurangi jumlah kegiatan masih belum cukup untuk menghilangkan rasa lelah tersebut, dibutuhkan istirahat seperti tidur sehingga kondisi tubuh dapat kembali pulih seperti sedia kala. Untungnya dalam perangkat elektronik seperti Smartphone, hal tersebut dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik, yaitu melalui restart perangkat. Jika setelah restart perangkat Anda masih lemot dan sering hang,  maka dapat dipastikan bahwa ada yang salah dengan perangkat Ada tersebut, selayaknya tubuh manusia yang tengah terserang penyakit.

Atur Aplikasi Dan Update Sistem Operasi

Manajemen aplikasi yang baik akan berpengaruh langsung terhadap performa iPhone ata iPad Anda. Pengguna yang bijaksana akan mengerti bagaimana mengatur aplikasi yang terpasang di perangkat iDevicenya, selalu hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Lalu saat akan memasang aplikasi baru, pastikan bahwa ada cukup space pada memori yang tersisa bahkan ketika aplikasi tersebut telah selesai terpasang. Setiap system operasi baik Android maupun iOS menyediakan fitur update yang berisi hal hal tambahan yang bermanfaat bagi perangkat smartphone yang bersangkutan, karena itu jangan lupa untuk selalu menjaga agar perangkat Anda tetap up-to-date.

Solusi mengatasi iPhone Atau iPad Yang Lemot

Beberapa hal diatas adalah perbaikan sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri ketika iPhone atau iPad Anda lemot atau sering hang. Jika beberapa cara diatas tidak berhasil maka coba lakukan hard reset pada iDevice Anda, jika masih tidak berhasil dan perangkat masih bermasalah, maka sepertinya Anda perlu membawanya ke tempat perbaikan resmi.

Sumber gambar: neurogadget,itpro