Kini Google Play Mampu Kenali Aplikasi Curang

Pihak Google sebagai salah satu perusahaan terbesar dalam bidang bisnis digital terus melakukan pembaharuan pada setiap produknya agar dapat memberi pelayanan terhadap masyarakat dengan lebih baik lagi. Tentu saja Google Play termasuk ke dalam layanan Google yang saat ini merupakan salah satu layanan paling populer mengingat Google Play merupakan portal aplikasi terbaik sekaligus terfavorit bagi para pengguna smartphone berbasis Android untuk mengunduh aplikasi baru ke dalam perangkat kesayangannya. Tentu saja jumlah kunjungan orang ke dalam aplikasi Google Play ini menjadikan lahan gurih bagi setiap pengembang aplikasi untuk mempromosikan permainan atau aplikasi buatan mereka. Namun sayangnya persaingan yang sangat padat membuat beberapa orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan cara curang agar aplikasi mereka berada di peringkat teratas dalam list aplikasi pada Google Play.  

Kini Google Play Mampu Kenali Aplikasi Curang

Cara curang tersebut dapat berupa komentar komentar palsu serta rating yang tidak jujur. Seperti yang Anda ketahui bahwa pada Google Play, banyaknya jumlah komentar serta rating yang diberikan oleh pengguna memegang peran penting dalam penghitungan apakah suatu aplikasi layak untuk tampil dan berada di peringkat teratas ataupun tidak. Sebenarnya pihak Google sendiri sudah memiliki beberapa system keamanan yang mampu melakukan tindakan preventif agar tidak ada aplikasi curang yang dapat berada di peringkat teratas dari Google Play. Namun kali ini Google play yakin bahwa system kemanan terbaru mereka merupakan sebuah system yang lebih kuat daripada sebelumnya.

Kini Google Play Mampu Kenali Aplikasi Curang

Dengan adanya system keamanan terbaru ini, Google akan memiliki kemampuan lebih dalam mendeteksi aplikasi yang menggunakan cara curang untuk melakukan promosi. Bahkan tidak sekedar itu, Google juga memiliki hak penuh untuk menghapus seluruh aplikasi yang diciptakan oleh developer tersebut, bahkan melakukan blacklist terhadap developer yang bersangkutan. Google sendiri beranggapan bahwa tindakan scam semacam itu jelas jelas melanggar google developer policy atau aturan kesepakatan antara Google dengan para Developer serta tindakan tidak jujur tersebut juga secara tidak langsung dapat merugikan masyarakat, dimana hal tersebut sangat bertentangan dengan tujuan utama google yaitu membantu orang banyak dalam mempermudah kegiatan mereka khususnya dalam bidang digital.

Kini Google Play Mampu Kenali Aplikasi Curang

Memang adanya system keamanan yang lebih baik merupakan hal yang sangat penting dalam kelanjutan Google Play. Hal tersebut dikarenakan bahwa dengan perilaku orang orang tidak bertanggung jawab tersebut membuat developer yang benar benar serius dan memiliki aplikasi dengan kualitas bagus harus menjadi korban. Tentunya kita tidak ingin kejadian seperti pada awal tahun 2016 lalu terulang kembali, dimana ada sekitar 200 aplikasi yang dikenadilakan oleh MoPub yang menggunakan ad fraud dan berhasil  mengeruk kurang lebih Rp.3,4 Milyar sebelum akhirnya dihapus oleh Google.

Sumber gambar: slashgear.welivesecurity